7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Harus Dibeli

By | May 10, 2017

Selain wisata alam dan wisata kuliner, bila Anda berkesempatan untuk berlibur ke Pulau Lombok, jangan sampai melupakan wisata belanja. Satu hal yang berkaitan dengan wisata belanja tentu saja apa lagi bila bukan oleh-oleh. Saat kita tengah mengunjungi suatu tempat yang jauh atau berwisata ke suatu tempat, tentu ingin sekali membawakan buah tangan bagi teman, kerabat, atau kolega baik berupa makanan atau barang-barang kerajinan khas daerah tersebut. Nah, inilah 7 oleh-oleh khas wisata Lombok yang tak boleh Anda lewatkan.

7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Harus Dibeli

 Terasi

Bagi Anda yang gemar membubuhkan terasi ke dalam masakan atau senang sekali menyantap hidangan dengan ditemani sambal terasi, maka saat ke Lombok Anda tak boleh melewatkan untuk membawa buah tangan terasi Lombok. Perbedaannya dengan terasi biasa yang sering Anda gunakan sehari-hari adalah citarasanya yang sangat gurih dan lezat bahkan bisa dimakan begitu saja sebagai teman nasi.

Terasi ini konon yang menjadi rahasia mengapa hidangan seperti Plecing Kangkung, Ayam Taliwang, Plecing ayam, Nasi Rarang, Bebek Sekarbela, Nasi Puyung, serta Nasi Belum mempunyai citarasa khas yang sulit ditemukan di luar destinasi wisata ini. Harga terasi ini di pasaran sangat bervariasi, yaitu mulai dari 50 ribu rupiah per kilonya hingga 90 ribu rupiah.

Telur asin Lombok

Selain terasi, telur asin Lombok juga bisa menjadi buah tangan yang cukup unik dan berbeda karena dibuat dengan cara alami serta tradisional serta tanpa bahan tambahan kimia seperti pengawet, penyedap rasa, serta pewarna. Metode pengawetan yang diterapkan pada produksi telur asin adalah penggunaan abu gosok dan garam kemudian dilakukan pembekaman selama sekitar 12 hari. Anda bisa memilih jenis telur asin biasa, telur asin panggang, hingga telur asin beraneka rasa.

Gerabah Lombok

Di wilayah Banyumulek Kediri Lombok Barat Anda akan menemukan beragam jenis barang kerajinan gerabah khas Lombok. Di sentra kerajinan ini gerabah dibuat dari bahan tanah liat, dibentuk sesuai dengan keinginan, kemudian dikeraskan dengan cara dibakar. Pengunjung bisa memilih kerajinan gerabah berbentuk piring, gelas, asbak, hiasan meja, hingga yang berukuran besar seperti tempayan alias gentong.

Kain Songket

Sebagai salah satu produk hasil budaya suku Sasak, songket adalah buah tangan yang sangat ideal menjadi oleh-oleh bagi orang tercinta. Kain daerah ini telah menjadi icon hasil kerajinan khas Lombok yang banyak diminati wisatawan, karena ciri khas coraknya yang unik dan tak mengalami terlalu banyak modifikasi dari corak aslinya karena pembuatan kain ini hanya boleh dilakukan oleh para wanita suku sasak asli. Kabarnya dahulu hanya keluarga kerajaan yang diperbolehkan mengenakan kain daerah ini.

Dodol rumput laut

Produk makanan yang cocok sebagai oleh-oleh bagi orang-orang terdekat Anda adalah dodol rumput laut yang tak hanya lezat tetapi juga sehat karena mengandung banyak serat. Mengonsumsi dodol rumput laut ini akan membantu memperlancar pencernakan Anda. Selain itu Anda juga bisa membeli rumput laut kering yang masih mentah dan mencoba membuat olahannya sendiri di rumah.

Mutiara Lombok

Untuk jenis buah tangan yang satu ini tentu akan sangat digemari oleh para wanita dan selain itu mutiara Lombok dikenal berkualitas unggul tak kalah dengan mutiara produksi luar negeri. Jenis mutiara Lombok mempunyai keistimewaan bentuknya besar-besar dan kilaunya yang sangat indah. Gelang, kalung, cincin, atau bros, silakan pilih perhiasan mutiara favorit Anda.

7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Harus Dibeli

Kaos

Hampir sama seperti obyek wisata lain di tanah air, di pulau Lombok pun Anda bisa berbelanja oleh-oleh berupa kaos dengan gambar-gambar khas yang melukiskan keindahan destinasi wisata tersebut atau tulisan-tulisan khas obyek wisata tertentu di pulau cantik tersebut. Anda bisa memperoleh kaos cindera mata ini di hampir semua toko oleh-oleh di pulau Lombok.

Selain ketujuh jenis oleh-oleh sebagaimana yang telah diulas di atas, produk buah tangan khas Lombok lainnya seperti madu asli, Sumbawa, Kopi khas Lombok, krupuk kulit sapi atau kerbau, serta krupuk ceker juga bisa menjadi alternatif pilihan Anda saat berkunjung ke pulau ini.

Selamat berbelanja dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *