Aik Kalak, Sumber Air Panas Tersembunyi di Kaki Rinjani

Aik Kalak, Sumber Air Panas Tersembunyi di Kaki Rinjani

Sumber Air Panas Aik Kalak
Sumber Air Panas Aik Kalak. Source: fliggy.com

Aik Kalak, Sumber Air Panas Tersembunyi di Kaki Rinjani

Jika Anda sedang mendaki maupun sekedar berkunjung di wilayah gunung rinjani, tidak ada salahnya untuk memapir sekaligus di wisata air panas. Destinasi tersebut sering disebut dengan Sumber Air Panas Aik Kalak atau disebut juga dengan sauna alami. Sebagaimana namanya, telaga ini berisi air yang cukup panas dan mengandung belerang, sehingga warnanya juga keruh.

Namun, hal itu tidak menyusutkan niat para pengunjung untuk sekedar memapir atau mencoba menceburkan diri ke air tersebut. Beberapa orang juga percaya bahwa sumber air tersebut bisa menyembuhkan penyakit tertentu, seperti gatal-gatal atau semacamnya. Tidak heran jika destinasi wisata tersebut tidak kalah ramainya dengan wisata bahari atau gunung.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati pemandian air panas air ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja Anda akan dikenakan biaya parkir di kendaraan yang lokasinya cukup jauh dengan pemandian. Beda halnya jika Anda juga akan mengunjungi atau mendaki Gunung Rinjani, tentunya akan dikenakan biaya masuk dan sebagainya.

Lokasi dan Rute Menuju Sumber Air Panas Aik Kalak

Telaga air panas ini berada tidak jauh dari Gunung Rinjani, tepatnya di kaki gunung tersebut. Jadi, untuk sampai ke sana jalur yang harus Anda lalui tidak jauh berbeda dengan jalur menuju Gunung Rinjani. Jika Anda berangkat dari termina Mandalika Mataram, maka bisa berjalan menggunakan elf atau semacamnya menuju pasar Aikmel.

Setelah itu, lanjutka perjalanan hingga sampai pada Desa Sembalun, dimana Anda sudah cukup dekat dengan Gunung Rinjani. Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan mobil pick up maupun elf karena memang jaraknya yang masih cukup jauh dari pusat desa.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Kegiatan yang bisa bisa kita lakukan di objek wisata ini antaralain sebagai berikut:

Mandi dan berendam air panas

Mandi Sumber Air Panas Aik Kalak
Mandi Sumber Air Panas Aik Kalak. Source: trekkingrinjani.com

Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba mandi dan berendam di sumber air panas Aik Kalak. Anda bisa memilih salah satu dari empat titik lokasi pemandian, dimana masing-masing mempunyai tingkat suhu yang berbeda-beda. Bagian bawah sendiri mempunyai suhu yang tidak begitu panas dan semakin ke atas akan semakin panas suhunya.

Terlebih banyak masyarakat yang percaya bahwa dengan mandi di telaga air panas tersebut, bisa menyembuhkan penyakit tertentu seperti nyeri tulang maupun pegal-pegal. Hal itu cocok bagi Anda yang teah melakukan pendakian di Gunung Rinjani selama dua hari. Mungkin saja bisa membuat badan anda kembali menjadi segar setelah berendam di telaga air ini.

Mengadakan camping

Camping Sumber Air Panas Aik Kalak
Camping Sumber Air Panas Aik Kalak. Source: lombokonline.co.id

Di sekitar tempat pemandian terdapat lokasi yang bisa digunakan untuk berkemah atau camping. Meskipun tempatnya nampak cukup ekstrem, namun tetap aman untuk mendirikan tenda di tempat tersebut. Hal itu disebabkan datarannya yang baik dan tidak curam sebagaimana tempat pemandian.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya orang yang mendirikan tenda dan berkemah di sekitar lokasi pemandian setelah mencoba air panas. Selain itu juga banyak pendaki yang mendirikan tenda di sekitar situ untuk sekedar istirahat. Bagian kanan kiri lokasi berkemah terdapat tebing yang bisa melindungi Anda dari hempasan angin yang keras dan dingin.

Ini menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat setelah lelahnya menuruni ataupun mendaki gunung rinjani. Memang jarang sekali ada spot camping yang bisa mendirikan tenda dan berendam seperti ini, sebisa mungkin jangan lewatkan untuk mampir di spot ini.

Berfoto-foto

Sumber Air Panas Aik Kalak
Sumber Air Panas Aik Kalak. Source: fliggy.com

Pamandangan di pemandian air panas ini tidak kalah indah dengan danau dan gunung Rinjani. Bagian kanan kiri pemandian terdapat tebing yang menambah pesona pemandian air panas ini. Karena itu, Anda akan tetap bisa berfoto-foto saat berada di sana dengan backround yang sangat alami.

Berjalan-jalan melihat pemandangan sekitar telaga air panas

Pemandangan Gunung Rinjani
Pemandangan Gunung Rinjani. Source: dolandolen.com

Ada beberapa lokasi wisata lain yang berdekatan dengan pemandian aik kalak, seperti danau, tebing, gua, dan sebagainya. Anda bisa sekedar jalan-jalan melihat pemandangan sekitar yang tampak masih sangat alami dan menyegarkan. Jadi, Anda bisa menjelajah lebih banyak lagi mengenai destinasi wisata yang ada di sekitar pemandian.

Demikian lah ulasan kami tentang sumber air panas aik kalak yang ada di lombok. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel Pagitrans.com lainnya.

Leave a Comment