Air Terjun Benang Kelambu, Berburu Kesegaran Mata Air Pegunungan

Air Terjun Benang Kelambu, Berburu Kesegaran Mata Air Pegunungan

Pesona alam pulau Lombok tidak hanya populer dengan deretan pantai beserta gilinya yang masih alami. Sebab keasrian alam pegunungan pulau berjuluk “negeri seribu Masjid” juga telah dikenal luas oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Masjid banyak tersebar di Pulau Lomok termasuk masjid kuno Bilk Petung peninggalan jaman dahulu. Salah satu objek wisata alam yang selalu dikunjungi oleh turis saat musim liburan tiba adalah air terjun Benang Kelambu. 

Harga tiket masuk objek wisata 

Air terjun benang kelambu
Air terjun bertingkat Benang Kelambu. Sumber IG @johari.putrama

Berkunjung ke air terjun Benang Kelambu merupakan pilihan tepat bagi Anda yang merindukan suasana asri dan sejuknya udara khas alam pegunungan. Ketika berada disini, sepanjang mata memandang Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang eksotis. Disamping air terjun sebagai view utama, disini Anda juga bisa menyaksikan perbukitan hijau dan hutan yang rimbun. 

Dikarenakan keindahan alamnya yang begitu sempurna, maka tidak mengherankan apabila banyak turis menyempatkan diri untuk berkunjung kesini. Selain populer karena panorama alamnya, Benang Kelambu waterfall ini juga dikenal sebagai salah satu objek wisata murah Lombok Tengah. Ya, pihak pengelola memang hanya mewajibkan wisatawan membayar Rp 10.000,00 sebagai biaya retribusi.

Lokasi dan rute menuju Benang Kelambu waterfall 

Air terjun Benang Kelambu merupakan objek wisata yang terletak di kabupaten Lombok Tengah. Lokasi tepatnya berada di dusun Pemotong, desa Aik Berik, kecamatan Batu Keliang Utara. Akses menuju air terjun ini dapat Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan beroda dua maupun empat. Anda bisa juga menyewa kendaraan di jasa sewa mobil Lombok di Kota Mataram. Sementara itu, untuk rutenya bisa melalui Lombok bagian barat maupun tengah. 

  • Rute Lombok Barat 

Jika Anda memutuskan untuk berangkat dari pusat kota Mataram, maka jarak ke Benang Kelambu waterfall adalah sekitar 32 km. Apabila dikonversikan ke dalam satuan waktu, maka Anda akan melalui perjalanan selama 1,5 jam. Rute menuju objek wisata yang akan Anda lalui dari Lombok Barat ini sebenarnya cukup mudah. 

Dari kota Mataram segera arahkan kendaraan Anda menuju Taman Narmada. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga menemui pertigaan Batu Keliang. Sesampainya disini, belokan kendaraan Anda ke arah kiri menuju desa Aik Berik. Ketika sudah sampai di desa ini, maka pintu masuk ke air terjun Benang Kelambu akan dengan mudah Anda temukan. 

  • Rute Lombok Tengah 

Selain dari kota Mataram, Anda juga bisa mengakses air terjun ini dengan titik awal Praya atau Bandara Internasional Lombok. Dari lokasi ini berkendaralah menuju Mantang dengan melalui jalan Raya Praya-Mantang. Sesampainya di desa Selubung, belokan kendaraan Anda ke arah kiri untuk menuju ke Montong Dao. 

air terjun benang kelambu
Sumber mata air yang alami. Sumber IG @benangkelambu

Setelah menempuh perjalanan beberapa kilometer, silakan ambil kanan hingga Anda menemui pasar Teratak, Batu Keliang Utara. Jika sudah sampai di pasar, Anda hanya tinggal mengambil arah kiri dan ikuti saja jalan menuju air terjun Benang Stokel. Air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu  memang berada di lokasi yang berdekatan sehingga memiliki rute akses yang sama. 

Aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun Benang Kelambu 

1. Berendam 

Air terjun Benang Kelambu adalah salah satu air terjun yang unik. Selain karena namanya, sumber utama air terjun ini juga bukan berasal dari sungai melainkan mata air. Dengan demikian, ketika berendam di kolamnya Anda akan merasakan sensasi lebih segar. Bukan hanya sekedar segar, warga sekitar percaya bahwa air disini bisa menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda. 

2. Mengeksplor tiga tingkatan air terjun 

Keberadaan air terjun ini sebenarnya cukup tinggi. Akan tetapi, karena terbagi menjadi tiga tingkat seolah membuatnya terlihat lebih pendek. Pada tingkat pertama, ketinggian air terjunnya berada di angka sekitar 30 meter. Semantara itu, tingkat kedua dari air terjun ini berketinggian kurang lebih 10 meter. Terakhir, ada juga tingkat ketiga yang hanya memiliki tinggi 5 meter saja. 

Jika kurang berminat dengan aktivitas berenang, maka mengeksplor ketiga tingkat Benang Kelambu juga tidak kalah menariknya. Sebab, bentuk air terjun yang menyerupai tirai dengan air mengalir di sela-sela tebing pasti membuat Anda lebih nyaman. Alhasil, Anda pun akan betah berlama-lama berada di objek wisata ini. 

3. Berwisata ke air terjun Benang Stokel 

Ada satu lagi destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi ketika berada di desa Air Berik. Destinasi wisata alam yang dimaksud adalah air terjun Benang Stokel. Apabila dibandingkan dengan Benang Kelambu waterfall, air terjun yang satu ini juga menawarkan suasana asri dan udara sejuk dataran pegunungan. Jadi, lokasi ini pun sangat pas bagi Anda yang ingin relaksasi sejenak. 

air terjun Benang kelambu
Pemandangan alam air terjun Benang Kelambu. Sumber IG @exploring_lombok

4. Hunting foto 

Kamera merupakan peralatan yang tak pernah absen dari setiap agenda liburan Anda. Keberadaan peralatan yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk mengabadikan momen liburan Anda agar menjadi lebih berkesan. Saat berkunjung ke Benang Kelambu waterfall, Anda bisa mengeksplor sesuka hati untuk menemukan spot foto menarik dan juga instagramable. 

Itulah ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai air terjun Benang Kelambu. Jangan lewatkan artikel lainnya tentang wisata Gunung Tunak di website resmi PagiTrans ini. Jika artikel ini bermanfaat boleh sekiranya untuk di bagikan di mesia sodial anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.