Pesona Keindahan Air Terjun Mangku Sakti Lombok Yang Tersembunyi

Pesona Keindahan Air Terjun Mangku Sakti Lombok Yang Tersembunyi

Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti. Source: pandratour.blogspot.com

Berbicara soal keindahan alam lombok tentu tidak akan pernah ada habisnya. Kemana pun Anda menjejakkan kaki ke penjuru pulau ini pasti akan menemui bentang alam yang indah. Entah itu berupa pegunungan, pantai, danau, lembah hingga air terjun. Pada artikel kali ini akan dibahas salah satu objek wisata yang wajib Anda jadikan list teratas itenerary agenda liburan ke Lombok, yaitu air terjun Mangku Sakti.

Air Terjun Mangku Sakti merupakan air terjun yang anti-maintream dengan air yang tak jernih melainkan berwarna hijau toska. Hal tersebut karena campuran belerang pada air terjun. Aliran air terjun Mangku Sakti berasal dari Kokoq Puteq yang airnya langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Air terjun ini pasti bisa membuatmu betah mandi, bermain air ataupun sekedar menjelajah alam disekitarnya.

Harga tiket masuk ke lokasi
Meningkatnya popularitas wisata di Lombok bukan hanya karena alam pantai dan pegunungannya. Lebih dari itu, kenampakan alam berupa air terjun di pulau ini juga turut ambil bagian karena kerap dikunjungi oleh turis domestik maupun asing. Salah satu air terjun yang tidak pernah sepi pengunjung terutama saat liburan adalah Mangku Sakti waterfall.

Meningkatnya popularitas wisata di Lombok bukan hanya karena alam pantai dan pegunungannya. Lebih dari itu, kenampakan alam berupa air terjun di pulau ini juga turut ambil bagian karena kerap dikunjungi oleh turis domestik maupun asing. Salah satu air terjun yang tidak pernah sepi pengunjung terutama saat liburan adalah Mangku Sakti waterfall.

Objek wisata air terjun di kaki gunung Rinjani ini memang cocok bagi Anda yang ingin mengeksplor sisi lain dari bentang alam pulau Lombok. Selain panorama alamnya yang mempesona, Mangku Sakti waterfall juga termasuk ke dalam kategori destinasi wisata berharga terjangkau. Ya, pihak pengelola memang hanya membanderol biaya retribusi sebesar Rp 10.000,00-Rp 15.000,00.

Lokasi dan rute menuju objek wisata
Mangku Sakti waterfall berlokasi di desa Sajang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Aksesbilitas menuju lokasi objek wisata sudah dapat Anda tempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Jaraknya adalah berkisar 175 km bila titik keberangkatan awal Anda adalah kota Mataram. Jika dikonversikan ke dalam satuan waktu, maka Anda butuh 4 jam perjalanan untuk kesini.

Dikarenakan lokasi Mangku Sakti Waterfall berdekatan dengan air terjun Mayung Putek, maka rute menuju kedua tempat wisata ini searah. Rute kendaraan yang bisa Anda tempuh untuk menjangkau lokasi air terjun ini ada dua, yaitu melalui Lombok Timur dan Utara. Berikut ini adalah deskripsi mengenai kedua rute tersebut.

Rute Lombok Timur
Arahkan kendaraan Anda dari kota Mataram menuju Taman Narmda – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Aikmel – Swela – Sapit – Lemor – Sembalun Bumbung – Sembalun Lawang – Sajang.

Rute Lombok Utara
Selain melalui Lombok Timur, untuk menuju ke Mangku Sakti waterfall Anda juga bisa menempuh jalur Lombok Utara. Jadi, lajukan kendaraan Anda dari Senggigi – Bangsal – Tanjung – Gondang – Selengan – Batu Gembung – Bayan – Senaru – Dasan Gerisak – Desa Sambiq Elen – Sajang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun Mangku Sakti

Berenang

Kegiatan utama yang Anda lakukan ketika berkunjung ke air terjun tentu saja adalah berenang. Nah, disini Anda bisa melakukan aktivitas tersebut karena Mangku Sakti waterfall memiliki kolam alami berair biru bercampur sulfur. Sementara itu, untuk luas kolamnya sendiri adalah 15 meter dan kedalamannya sekitar 2-4 meter.

Berenang atau berendam disini memang membuat tubuh Anda menjadi lebih segar. Sebab air disini masih terbilang alami karena belum terkontaminasi oleh senyawa kimia maupun sampah. Bagi Anda yang suka menguji adrenalin, disini juga terdapat titik loncat untuk menceburkan diri Anda. Ketinggian titik loncat ini adalah sekitar 5 meter dari atas kolam Mangku Sakti waterfall.

Mendaki gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani. Sumber: nyero.id

Objek wisata Mangku Sakti waterfall ini berlokasi di kecamatan Sembalun. Artinya lokasi air terjun ini masih dalam satu kecamatan dengan objek wisata populer Lombok lainnya yaitu gunung Rinjani. Bagi Anda pegiat aktivitas alam, mengagendakan beberapa hari untuk mendaki gunung berketinggian 3.726 Mdpl ini tentu sangat menarik.

Nantinya, setelah melalui pendakian Rinjani yang melelahkan dan turun ke Sembalun, Anda bisa mampir ke Mangku Sari waterfall. Disini, Anda bisa melakukan relaksasi guna mengobati lelahnya fisik dan mental akibat perjalanan panjang yang menguras energi.

Berkunjung ke tiga air terjun lainnya

Selain Mangku Sakti, di Sembalun juga masih terdapat tiga air terjun lainnya. Ketiga air terjun yang dimaksud benama Mayung Putek, Mangku Kodek dan Sembrani. Apabila Anda bosan berada di air terjun Mangku Sakti maka berkunjung ke tiga air terjun lainnya bisa menjadi solusi. Eksotisme ketiga air terjun ini juga tidak kalah dibandingkan Mangku Sakti waterfall. Jadi, Anda tentu tak akan kecewa.

Air Terjun Mayung Putih
Air Terjun Mayung Putih. Source: backpackerjakarta.com
Air Terjun Mangku Kodek
Air Terjun Mangku Kodek Lombok. Source: sportourism.id
Air Terjun Kedung Sembrani
Air Terjun Kedung Sembrani. Source: superadventure.co.id

Hunting Foto

Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti. Source: pandratour.blogspot.com

Tidak afdal rasanya apabila liburan Anda tidak terdokumentasikan dengan baik. Oleh karena itu, pastikan baterai kamera Anda terisi penuh saat mengunjungi Mangku Sakti waterfall. Disini, Anda bisa mengabadikan berbagai momen seperti waktu berendam maupun melompat dari ketinggian.
Selain itu, curug disini juga membentuk kenampakan geologis yang cukup unik dan instagramable.

Demikian ulasan kami tentang Air Terjun Mangku Sakti yang ada di Lombok. Karena tempat ini ada di kaki gunung pastikan perlengkapan dan barang bawaan anda sesuai kebutuhan. Terimakasih atas kunjungannya. Selamat bersenang-senang. Jangan lupa baca artikel lainnya di PagiTrans, banyak info menarik lainnya loh.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp