Mengenal Keindahan Air Terjun Sendang Gile Lombok Utara

Mengenal Keindahan Air Terjun Sendang Gile Lombok Utara

Pulau Lombok yang merupakan pulau wisata memberikan berbagai destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya berupa pantai seperti pantai senggigi Lombok, atau wisata tengah laut seperti Gili Trawangan tetapi di Lombok terdapat air terjun yang tidak kalah menarik dengan wisata pantai yaitu air terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile Lombok Utara merupakan air terjun di Lombok yang mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabut memenuhi di sekitar lembah dengan keindahan air terjun yang airnya jatuh dari tebing yang bertingkat menambah tempat tersebut terlihat lebih eksotik. Maka jangan lewatkan momen untuk swafoto ketika berkunjung ke destinasi wisata ini.

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile yang alirannya bertingkat terlihat indah. Sumber Flickr

Untuk bisa ke air terjun tersebut, Anda harus menyusuri hutan dengan aliran sungai yang cukup sejuk, melewati goa dan juga jembatan yang unik di atas tebing. Hal itu yang membuat jiwa petualangan  menjadi lebih tertantang. Air terjun ini lokasinya di bawah kaki Gunung Rinjani, gunung yang menjadi idola bagi pendaki pemula maupun professional. Air terjun ini menawarkan berbagai hal yang mempesona ketika dikunjungi dengan cara soft trekking.

Lokasi dan Rute Air Terjun Sendang Gile Lombok Utara

Air terjun Sendang Gile Lombok yaitu salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika melakukan perjalanan ke daerah Lombok. Air terjun Sendang Gile tepatnya berada di wilayah Kecamatan Bayan, jika dilihat secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini sangat sejuk dan dingin karena airnya berasal dari mata kaki Gunung Rinjani sehingga kondisi air terjun terjamin kebersihannya. 

Ketinggian air terjun Sendang Gile mencapai 30 meter. Untuk menuju ke air terjun yang cukup eksotis ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menyewa mobil ditempuh dari pusat Kota Mataram. Jarak air terjun Sendang Gile lumayan jauh yaitu 60 km dari pusat Kota Mataram. 

Jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum, maka dari pusat Kota Mataram hanya sampai wilayah Bayan karena fasilitas kendaran umum belum mencakup ke seluruh wilayah Lombok. Dari Bayan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek ke daerah Senaru. Setelah itu, Anda memasuki ratusan anak tangga untuk mencapai hingga air terjun. Tiket masuk ke air terjun Sendang Gile cukup murah yaitu sebesar Rp.5000 per orang.

Air terjun Sendang Gile memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut. Aliran air terjun ini jatuh dari atas tebing yang tinggi dan jatuh langsung ke sungai yang ada di bawahnya. Bagi para pengunjung tidak dilarang untuk berenang atau bermain air di lokasi air terjun yang sejuk dan dingin tersebut. 

Fasilitas yang Ditawarkan di Lokasi Air Terjun Sendang Gile Lombok Utara

Di lokasi air terjun Sendang Gile terdapat beberapa fasilitas yang ditawarkan untuk para pengunjung, meskipun sederhana namun terkesan sangat menyatu dengan alam sekitar. Berikut ini beberapa fasilitas di lokasi air terjun Sendang Gile Lombok:

Penginapan

Pada umumnya wisatawan yang berkunjung ke air terjun Sendang Gile mencari penginapan di daerah Kota Mataram. Di kawasan tersebut telah berdiri beberapa hotel berbintang seperti Grand Legi Mataram Hotel, Lombok Plaza Hotel, Hotel Santika Mataram dan lain-lain.

Namun jika Anda ingin menginap di daerah senaru yang letaknya tidak jauh dari tempat wisata tersebut, maka disana sudah terdapat beberapa homestay  yang tarifnya bisa lebih murah dari hotel yaitu dengan tarif sekitar 200 ribu per malam. 

Tempat parkir kendaraan 

Di lokasi sekitar air terjun juga telah disediakan tempat parkir kendaraan yang luas baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan tempat parkir yang nyaman dan aman, maka Anda dapat menikmati wisata air terjun Sendang Gile tanpa harus khawatir dengan kendaraan anda. 

Banyak warung yang menjual makanan

Ketika Anda berkunjung ke air terjun Sendang Gile Lombok, maka Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi perut akan kelaparan. Karena di dekat lokasi air terjun sudah terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Selain itu juga di sediakan berbagai macam jenis makanan ringan. 

Tersedia pondok dan toilet umum

Anda juga dapat menikmati waktu istirahat di pondok yang telah disediakan untuk sejenak melepas lelah. Di dekat lokasi juga tersedia toilet umum dan kamar mandi yang dapat digunakan untuk mandi setelah Anda bermain air di air terjun Sendang Gile.

Air Terjun Sendang gile
Keindahan air terjun Sendang Gile Lombok Utara. Sumber Flickr

Itulah ulasan mengenai air terjun Sendang Gile Lombok Utara yang menjadi tujuan wisata para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dengan menyewa kendaraan di jasa sewa mobil Lombok anda bisa berwisata bersama keluarga.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp