Air Terjun Tiu Kelep Keindahan di Kaki Rinjani

Air Terjun Tiu Kelep Keindahan di Kaki Rinjani

Beberapa waktu lalu, suasana di pulau Lombok memang sangat mencekam pasca gempa berskala 5,8 SR. Atas dasar alasan keamanan dan keselamatan, pemerintah setempat pun memutuskan untuk menutup sementara beberapa objek wisata. Salah satu objek wisata yang ditutup adalah air terjun Tiu Kelep dikarenakan mengalami bencana longsor. 

Seiring berjalannya waktu, pemerintah setempat bersama warga pun perlahan mulai bangkit kembali. Berbagai upaya mereka lakukan untuk mengembalikan keadaan lombok seperti sebelum terjadinya gempa. Termasuk membuka kembali objek wisata alam air terjun Tiu Kelep yang tadinya ditutup. Dengan kembali dibukanya objek wisata ini, maka Anda bisa mengagendakan pergi berlibur kesini.

Keindahan air terjun Tiu Kelep. Sumber IG @lombokmantap

Harga tiket masuk Air Terjun Tiu Kelep

Destinasi wisata alam Tiu Kelep memang cocok untuk Anda yang ingin menepi sejenak dari hiruk pikuknya suasana perkotaan. Sebab kondisi alam di sekitar lokasi masih sangat sepi dan juga asri karena terletak tepat di kaki Gunung Rinjani. Disamping populer karena pesona alamnya, tarif retribusi yang diberlakukan oleh pihak pengelola juga cukup terjangkau. 

Ya, untuk mengunjungi air terjun yang berlokasi di wilayah desa Senaru ini Anda hanya diharuskan membayar Rp 5.000,00. Biaya ini juga sudah termasuk tiket retribusi untuk memasuki kawasan air terjun lainnya yaitu air terjun Sendang Gile. Kemudian, jika Anda memerlukan jasa guide, maka warga sekitar bersedia mengantar menuju lokasi dengan tarif Rp 50.000,00 pulang pergi. 

Lokasi dan rute menuju air terjun Tiu Kelep 

Air Terjun Tiu Kelep berada satu kompleks dengan air terjun Sendang Gile. Keduanya berlokasi di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Bagi Anda yang penasaran dengan pesona air terjun ini maka untuk datang kesini bisa menempuh beberapa opsi rute. Rute pertama adalah lewat jalan pesisir barat melalui objek wisata pantai Senggigi dan bukit Malimbu. 

Waktu berkendara yang Anda butuhkan untuk mencapai Tiu Kelep waterfall melalui jalur pesisir barat adalah 2 jam perjalanan. Sedangkan selain jalur ini, Anda juga bisa melewati rute kedua dengan berkendara menyusuri jalan Lendang Bajur Gunung Sari dan hutan Pusuk Sembalun. Apabila Anda memilih jalur ini, maka waktu tempuh menuju lokasi adalah kurang lebih 2,5 jam perjalanan. 

air terjun Tiu kelep
Alam asri menambah keindahan air terjun Tiu Kelep. Sumber IG @fendoedwin

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di objek wisata 

Berenang 

Saat berkunjung ke objek wisata air terjun Tiu Kelep, kegiatan utama yang bisa Anda lakukan disini adalah berenang. Berenang di salah satu kolam air terjun yang terletak pada ketinggian 45 meter ini memang sangat baik untuk proses relaksasi tubuh. Selain itu, menurut kepercayaan warga setempat berendam di air terjun ini juga bermanfaat mengobati berbagai penyakit dan membuat awet muda. 

Khasiat tersebut tidak terlepas dari kondisi air yang masih sangat bersih dan jernih. Ini dikarenakan sumber airnya berasal langsung dari danau segara anakan yang berada di gunung Rinjani. Berenang di kolam Tiu Kelep waterfall memang relatif aman bagi Anda karena hanya memiliki kedalaman sepinggang orang dewasa. Namun, Anda mesti tetap berhati-hati karena bebatuan disini amat licin. 

Berwisata ke air terjun Sendang Gile 

Ibarat peribahasa sambil menyelam minum air, ketika berwisata ke air terjun Tiu Kelep maka Anda bisa sekaligus mengunjungi Sendang Gile waterfall. Kedua objek wisata yang memiliki panorama alam eksotis ini memang terletak di dalam satu area. Jadi, Anda hanya perlu membayar retribusi sekali saja untuk mengunjungi kedua air terjun ini. 

Keindahan yang disajikan oleh air terjun Sendang Gile pun tidak kalah memanjakan mata. Tak hanya sedap dipandang, Anda juga bisa merasakan sensasi terpaan kesegaran air yang jatuh dari curug berketinggian 30 meter. Sama seperti Tiu Kelep waterfall, masyarakat Senaru mempercayai bahwa khasiat air disini dapat menyembuhkan beragam penyakit. 

Mendaki gunung Rinjani 

Air terjun Tiu Kelep memang berada dalam satu lokasi dengan trek pendakian menuju puncak Rinjani yaitu desa Senaru. Dikarenakan lokasinya berdekatan, maka sebelum melakukan perjalanan berat mendaki Rinjani Anda bisa terlebih dulu berkunjung kesini. Disini, Anda bisa berenang sepuasnya sekaligus melakukan relaksasi setelah menempuh perjalanan melelahkan menuju Senaru. 

air terjun Tiu Kelep
Tinggi air terjun mencapai 45 meter, pemandangan yang indah. Sumber IG @lullulestarii

Hunting foto 

Kurang berkesan rasanya apabila berkunjung ke tempat wisata tanpa mengabadikan momen lewat foto. Ketika berwisata ke air terjun Tiu Kelep Anda bisa mengeksplor hobi fotografi karena terdapat banyak spot foto yang eksotis. Tak hanya sekedar eksotis, beberapa titik di lokasi air terjun ini juga sangat instagramable untuk nantinya diposting ke dalam Instagram.  

Demikianlah uraian singkat mengenai destinasi wisata alam di Lombok yaitu air terjun Tiu Kelep. Banyak sekali tempat wisata di Lombok yang bisa dijelajahi. Dengan memakai mobil sewaan anda bisa berkeliling sampai puas ke berbagai tempat wisata di Lombok. untuk jasa sewa mobil Lombok yang sudah berpengalaman bisa ke PagiTrans.

Leave a Comment