Bukit Pergasingan Lombok, Solusi Alternatif Gunung Rinjani

Bukit Pergasingan Lombok, Solusi Alternatif Gunung Rinjani

Wisata Lombok Camping di Bukit Pergasingan
Camping di Bukit Pergasingan

Kemanakah agenda liburan Anda kali ini? Jika belum ada agenda pasti, maka berlibur ke pulau Lombok tentu menarik untuk dilakukan. Sebab di pulau yang mayoritas dihuni oleh suku Sasak ini Anda bisa mengunjungi berbagai macam objek wisata eksotis. Seperti gunung Rinjani dan Tambora, Gili Trawangan, pantai Senggigi maupun Tangsi hingga Bukit Pergasingan Lombok.

Bukit Pergasingan merupakan objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika datang ke Lombok. Bukit ini bisa dijadikan sebagai destinasi alternatif ketika jalur ke gunung rinjani sedang ditutup.

Bukit ini letaknya tidak jauh dari lokasi gunung rinjani. Jadi ketika sudah sampai di puncak bukitnya anda bisa melihat bagaimana kokohnya sang gunung rinjani lombok. Selain itu anda juga akan disuguhkan pemandangan yang indah, salah satunya adalah panorama desa sembalun.

Harga tiket masuk ke bukit Pergasingan

Dikarenakan selain panorama alamnya yang memanjakan mata, destinasi wisata ini terbilang cukup terjangkau. Ya, pihak pengelola memang hanya memberlakukan tarif retribusi sebesar Rp 15.000,00 per kunjungan wisatawan.

Sementara itu, untuk jam operasionalnya objek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 02.00 WITA. Uniknya lagi, uang hasil penjualan tiket retribusi ini tidak sepenuhnya masuk ke kantong pengelola. Sebab beberapa persen uang tersebut akan digunakan untuk menjaga konservasi serta memperbaiki fasilitas penunjang wisatawan di bukit Pergasingan.

Lokasi dan rute menuju objek wisata

Objek wisata bukit Pergasingan ini berada di desa Sembalun Lombok yang termasuk ke dalam wilayah administratif kecamatan Lawang dan kabupaten Lombok Timur. Anda bisa menuju ke lokasi ini dari kota Mataram dengan menggunakan moda transportasi berupa motor maupun mobil. Waktu tempuh yang Anda butuhkan untuk sampai kesini kurang lebih 3 jam perjalanan.

Sementara itu, kondisi rute untuk menuju ke lokasi ini sudah dikelola dengan cukup baik. Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati dan selalu berkonsentrasi saat berkendara. Dikarenakan menjelang desa Sembalun jalan yang akan Anda lalui cenderung menanjak.

Namun jika anda kebingungan dalam memilih transportasinya, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil lombok yang ada disana. Anda pasti akan diantarkan ke lokasi wisatanya. Dan anda juga bisa bertanya-tanta terkait hal yang lainnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Pergasingan Lombok

Berikut kami sajikan beberapa ulasan mengenai aktivitas yang bisa anda lakukan ketika berada di bukit Pergasingan Lomnbok.

Paralayang

Wisata Lombok Paralayang Bukit Pergasingan
Paralayang Bukit Pergasingan. src: IG @vidyartin20

Terdapat beragam kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu liburan di bukit Pergasingan. Salah satunya adalah melakukan aktivitas olahraga paralayang dengan terjun bebas dari ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut.

Saat mengudara, Anda bisa menyaksikan pemandangan seluruh desa sembalun dari atas, selain itu anda juga akan dibawa keliling bukit Pergasingan untuk melihat keindahan desa semballun dari berbagai sisi. Anda juga bisa uniknya persawahan desa sembalun yang memiliki berbagai jenis warna sekaligus melihat kegiatan bertani warga desa sembalun. Melihat kemegahan gunung Rinjani juga jangan anda lupakan, karena pemandangannya akan berbeda ketika anda sedang terbang dengan paralayang.

Downhill

Wisata Lombok Downhill Bukit Pergasingan
Downhill Bukit Pergasingan. src: IG @loq_rinjani

Selain mengudara melalui aktivitas paralayang, Anda bisa juga menguji adrenalin dengan melakukan downhill menuruni perbukitan Pergasingan. Kontur trek bersepeda gunung disini memang cukup menantang dengan kemiringan 60-70 derajat. Jadi, pastikan kondisi fisik serta peralatan sepeda gunung Anda prima. Selain itu, Anda juga sebaiknya mempunyai skill downhill yang mumpuni.

Trekking dan camping

Wisata Lombok Camping di Bukit Pergasingan
Camping di Bukit Pergasingan

Jika di Jawa Tengah terdapat gunung Andong, maka Lombok juga mempunyai Bukit Pergasingan yang bersahabat untuk pendaki pemula. Dari segi ketinggian, bukit ini memang hanya memiliki tinggi sekitar 1.670 Mdpl tentu berbeda jauh dengan gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 Mdpl. Oleh sebab itu, tidak heran apabila objek wisata ini sering dikunjungi oleh para pendaki pemula.

Kegiatan trekking menuju puncak bukit Pergasingan sendiri bisa dilakukan dalam waktu 1 sampai 2 hari. Meskipun statusnya hanyalah sebuah bukit, Anda tetap harus membawa peralatan pokok untuk aktivitas trekking maupun pendakian. Semisal baju hangat, jaket tebal, sepatu atau sandal trekking, logistik, tenda dsb.

Dari puncak bukit Pergasingan Lombok, Anda bisa menyaksikan kenampakan alam yang beragam. Apabila cuaca disini cerah, maka kokohnya gunung Rinjani akan terlihat dengan jelas. Disamping itu, Anda juga bisa menyaksikan lahan persawahan warga sembalun yang berbentuk unik. Tidak lupa, pada pagi dan sore hari Anda bisa mengabadikan momen sunrise maupun sunset yang eksotis.

Berkunjung ke desa Sembalun

Wisata Lombok Desa Sembalun Lombok
Desa Sembalun Lombok. src: Google Maps

Eksotisme desa Sembalun memang tidak terbantahkan lagi karena alamnya yang masih asri. Bahkan beberapa orang menyebut panorama alam disini layak disejajarkan dengan keindahan pegunungan di benua Eropa. Disini, Anda bisa menyaksikan dari dekat aktivitas warga Sembalun yang sebagian besar berprofesi sebagai operator trekking dan petani.

Tidak hanya itu, pada waktu tertentu Anda juga bisa menyaksikan keanekaragaman budaya warga desa Sembalun. Seperti upacara adat Ngayu-ayu dan beragam rumah adatnya yang bersejarah. Meliputi rumah adat Beleq, Ketapahan dan Montong Mentagi.

Demikian ulasan kami tentang bukit sembalun dan aktivitas yang bisa anda lakukan disana. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda, terlebih lagi bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membaca artikel PagiTrans kami yang lainnya. Terima kasih.

Leave a Comment