Menikmati Keindahan Sunrise di Bukit Sembalun Lombok

Menikmati Keindahan Sunrise di Bukit Sembalun Lombok

Hamparan Gardu Pandang Bukit Sembalun
Hamparan Gardu Pandang Bukit Sembalun. Source: IG @garybhaztara

Menikmati Keindahan Sunrise di Bukit Sembalun Lombok

Pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu wisata di Kota Lombok yang sedang hangat menjadi bahan pembicaraan adalah Bukit Sembalun Lombok atau warga sekita menyebutnya bukit monjet. Meskipun namanya bukit monjet, bukan berarti bukit ini ditempati oleh binatang monyet dalam jumlah yang banyak. Namun tempat wisata ini berbasis gardu pandang dan tentunya menawarkan keindahan alam yang cukup eksotik.

Berbeda dengan tempat wisata yang bertema gardu pandang lainnya. Bukit ini menawarkan background hamparan sawah yang cukup luas. Tentu saja tempat ini menjadi salah satu spot tempat wisata favorit di kota Lombok. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari. Tidak sedikit wisatawan yang berburu sunrise, karena keindahannya tidak akan Anda temukan di tempat wisata lain.

Lokasi Bukit Sembalun Lombok

Bukit Sembalun terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Karena tempat wisata ini bertema gardu pandang, bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 1.150 di atas permukaan air laut, maka tidak heran jika udara di bukit ini sangat sejuk, bahkan terkadang sangat dingin sekali yang mengharuskan para wisatawan yang berkunjung harus mengenakan jaket tebal.

Untuk bisa tiba di Bukit Sembalun Lombok, Anda harus melakukan perjalanan kurang lebih 2 jam dan dapat di akses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Rute menuju ke bukit ini sebenarnya tidak sulit, karena Anda dapat menggunakan maps pada smartphone atau mengikuti rute untuk pendakian menuju Gunung Rinjani.

Kebetulan tempat wisata ini berada di Pos Sembalun yang merupakan jalur menuju Gunung Rinjani, dari pos tersebut menuju Bukit Sembalun Anda cukup berjalan kaki sekitar 20 menit. Harga tiket yang ditawarkan sebesar Rp. 5000,- per orang. Namun Anda masih akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan yang Anda bawa.

Aktivitas Menyenangkan di Bukit Sembalun Lombok

Ada beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan ketika berada di Bukit Sembalun, karena bukit Sembalun tidak hanya terkenal dengan spot foto yang bagus saja. Nah untuk lebih lengkapnya mari kita lihat ulasan berikut :

Memiliki view landscape yang indah

Hamparan Gardu Pandang Bukit Sembalun
Hamparan Gardu Pandang Bukit Sembalun. Source: IG @garybhaztara

Bukit Sembalun Lombok ini merupakan salah satu tempat wisata dengan tema gardu pandang yang memiliki view landscape yang sangat indah dengan background hamparan sawah yang luas, perkebunan milik warga yang menambah keindahan di tempat tersebut. Pemandangan tersebut akan semakin spektakuler jika Anda datang dengan cuaca yang mendukung. Cuaca yang mendukung ini adalah cuacanya cerah, karena jika cuacanya mendung atau hujan maka ppastinya anda tidak bisa melihat keindahan view landscape yang indah.

Spot Terbaik untuk Diabadikan

Berfoto di Bukit Sembalun Lombok
Berfoto di Bukit Sembalun Lombok. Source: IG @elkeyzandstra

Berwisata ke Bukit Sembalun Lombok akan terasa kurang lengkap jika Anda tidak mengabadikan dengan foto di bukit tersbut. Karena tempat ini merupakan spot terbaik untuk mengabadikan setiap moment keindahan di Bukit Sembalun. Dengan mendapatkan moment terbaik, maka dokumentasi hasil jepretan dapat Anda share di sosial media tentang keindahan alam Indonesia.

Dengan indahnya backgound di Bukit sembalum anda bisa mengabadikan dengan berbagai macam. Di bukit Sembalun juga sudah disiapkan panggung spot untuk berfoto. Panggung ini ada berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk tangan, bentuk hati, dan ada juga dengan bentuk bintang, tinggal anda pilih saja panggung yang anda jadikan untuk mengabadikan momen di bukit Sembalun.

Melihat Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani. Sumber: nyero.id

Tidak berhenti sampai di situ saja, ketika Anda berwisata ke Bukit Sembalun maka Anda akan melihat keindahan Gunung Rinjani dari bukit tersebut yang terlihat sangat jelas. Gunung tersebut terlihat sangat kokoh dan memecah angkasa. Keindahan Gunung Rinjani berada di ketinggian 1.670 atau sekitar 673 dari daratan Sembalun.

Tempat Camping Terbaik

Camping di Bukit Sembalun
Camping di Bukit Sembalun. Source: dutawisata.co.id

Bagi Anda yang memiliki hobi camping, Bukit Sembalun Lombok ini sangat cocok Anda jadikan wisata camping terbaik. Karena di Bukit Sembalun Lombok ini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang cukup eksotik. Ketika Anda berlibur pada saat cuaca yang mendukung, maka Anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset di bukit tersebut.

Menikmati Sunrise

Sunrise di Bukit Sembalun
Sunrise di Bukit Sembalun. Source: IG @iiistiii

Keindahan sunrise dan sunset di Bukit sembalun terlihat sangat indah. Dengan Anda bermalam di Bukit Sembalun, maka Anda akan mendapatkan spot terbaik, salah satunya panorama sunrise yang menajubkan ketika matahari muncul di balik Gunung Rinjani.

Demikianlah ulasan kami tentang bukit sembalun lombok yang punya keindahan landscape yang ditak biasa di Indonesia. Jangan lupa untuk menentukan perjalanan anda di Lombok karena dengan menjadwalkan terlebih dulu akan memudahkan perjalanan. Jangan lupan juga untuk membaca artikel pagitrans.com menarik lainnya yang pastinya bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment