Inilah Destinasi Wisata Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Inilah Destinasi Wisata Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Indonesia merupakan negeri yang kaya. Sumber daya alamnya termasuk beberapa diantara sumber daya alam terbesar di dunia. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki potensi wisata yang amat besar. Negerinya secara geografis merupakan negeri kepulauan yang memiliki banyak obyek-obyek wisata yang eksotis. Selain itu, letaknya yang berada pada garis khatulistiwa membuat Indonesia menjadi negara yang tidak memiliki perubahan musim kecuali hanya musim kemarau dan musim hujan. Dengan kondisi cuaca yang ada, daerah-daerah destinasi wisata Indonesia banyak didatangi oleh wisatawan asing terutama yang berasal dari negara-negara yang bercuaca dingin ekstrim. Selain itu, keberadaan banyak suku yang semuanya tergabung menjadi sebuah bangsa menjadikan Indonesia memiliki beberapa keunikan dari sisi budaya dan peradaban.

Berbicara daya tarik pariwisata, Indonesia merupakan salah satu dari banyak yang memiliki pariwisata yang unik. Keberadaan obyek-obyek wisata alam dan kebudayaan yang khas memberikan rasa penasaran kepada para turis sehingga mereka menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisatanya. Lebih dari itu, sektor wisata lainnya seperti kuliner dan produk-produk kerajinan indonesiapun tidak jarang menjadi magnet yang membuat para turis mengunjungi Indonesia untuk memperolehnya. Nah, seluruh daya tarik pariwisata ini tersebar di daerah-daerah di seluruh Indonesia yang sangat luas terbentang dari ujung barat dan timur.

Daerah Destinasi Wisata Indonesia

Sebenarnya, hampir semua daerah di Indonesia memiliki daya tarik pariwisata. Sehingga banyak sekali terdapat obyek-obyek wisata mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Namun terdapat beberapa daerah yang unggul dan dikenal hingga ke mancanegara. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa informasi terkait daerah-daerah destinasi wisata Indonesia.

Obyek Wisata Gili Kondo Lombok, sumber ig genpilomboksumbawa
Obyek Wisata Gili Kondo Lombok, sumber ig genpilomboksumbawa

1. Lombok

Lombok merupakan sebuah kepulauan yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya berdampingan dengan Bali sehingga terdapat kemiripan antara keduanya dari sisi kebudayaan, peradaban dan bahasa. Dibandingkan Bali yang didominasi pemeluk agama hindu, Lombok didominasi pemeluk agama Islam.

Untuk daya tarik wisatanya, Lombok terkenal memiliki pantai-pantai yang indah. Selain itu terdapat pulau gili (pulau kecil) yang unik sehingga memperlihatkan pulau yang hijau dengan tumbuhan, putih dengan pasir putihnya dan biru karena dikelilingin laut. Tersedia fasilitas-fasilitas wisata yang memadai sehingga seluruh obyek wisata yang ada bisa dikunjungi oleh turis dari daerah manapun. Selain pantai dan pulau kecilnya, terdapat pulau gunung, air terjun, kegiatan adat tradisional, kuliner dan lain-lain yang juga menjadi bagian dari pariwisata Pulau Lombok yang bisa dinikmati oleh para turis.

2. Bali

Bali merupakan daerah yang paling terkenal di kancah internasional dibandingkan daerah pariwisata lainnya di Indonesia. Sehingga banyak sekali turis mancanegara yang berwisata dan bahkan menjadi penduduk Bali. Bali merupakan salah satu dari banyak pulau di Indonesia yang luasnya tidak begitu besar namun menjadi provinsi tersendiri. Secara geografis, pulau yang merupakan provinsi ini dikelilingi oleh lautan dan pulau-pulau besar dan sangat terlihat kesan eksotisme di sini. Sehingga kehidupan di Bali pun sangat menyesuaikan dengan kondisi geografisnya yang dikelilingi pantai. Selain itu, di Bali juga berdiri beberapa tempat ibadah umat hindu yang juga terkesan unik dan khas karena masyarakatnya yang sebagian besar merupakan pemeluk umat hindu.

3. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan kota yang merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagaimana Lombok dan Bali, daerah ini memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Di sini terdapat Pulau Komodo yang menjadi salah satu situs warisan dunia dengan reservasi Komodo, hewan yang diyakini telah berumur ratusan tahun. Pantai-pantai yang ada di sini sangat unik dengan pasir putih yang kontras dengan birunya lautan. Pantai-pantai ini masih relatif belum terjamah sama sekali sehingga masih terlihat keasliannya. Inilah yang bisa dikatakan menjadi daya tarik terbesarnnya.

Destinasi Wisata Raja Ampat Indonesia, sumber ig @pilbara_dive_and_tours
Destinasi Wisata Raja Ampat Indonesia, sumber ig @pilbara_dive_and_tours

4. Jogjakarta

Sekarang kita beralih ke bagian Barat Indonesia yaitu Jogjakarta. Jogjakarta sangat lekat dengan sejarah Indonesia. Daerah ini terkenal dengan kebudayaannya karena masih terdapat kesultanan yang menjadi pewaris kebudayaannya. Selain daya tarik budaya, tentu saja Jogjakarta memiliki segudang daya tarik wisata lainnya seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata belanja dan wisata-wisata lainnya. Sebagai daerah yang terletak di wilayah sentral Indonesia dan pulau yang terpadat Indonesia, bisa dikatakan Jogjakarta memiliki fasilitas wisata yang paling lengkap dari sisi sarana transportasi dan penginapan atau hotel. Jasa-jasa sewa dan paket wisata di Jogjakarta juga menjadi salah satu yang memudahkan para turis untuk tinggal menikmati perjalanan wisatanya tanpa harus banyak mencari-cari informasi dan mempersiapkan sendiri segala hal yang terkait kebutuhan wisatanya.

5. Raja Ampat

Raja Ampat adalah kepulauan yang berada di bagian paling timur Indonesia tepatnya di Provinsi Papua Barat. Pulau ini sangat unik karena terdiri dari empat pulau kecil yang bersebelahan dan berdekatan dan menjadi satu kesatuan yaitu Raja Ampat. Tentu saja pulau-pulau ini juga dihiasi oleh keindahan alam dan pantai-pantai eksotis yang sering menjadi tujuan para turis untuk berwisata.

Demikianlah beberapa informasi terkait daerah-daerah destinasi wisata di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menghibur dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda semua. Simak juga informasi-informasi lainnya mengenai tips dan informasi wisata di halaman ini. Selamat menikmati wisata Anda!

Leave a Comment