Desa Banyumulek Lombok Tempat Penghasil Karya Seni Gerabah

Desa Banyumulek Lombok Tempat Penghasil Karya Seni Gerabah

Pulau Lombok memang memiliki berbagai macam budaya dan tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh siapapun dan kapanpun. Tentunya liburan di pulau satu ini sangat membantu anda dalam upaya menghilangkan kepenatan. Salah satu yang cukup ramai dan menjadi destinasi adalah Desa Banyumulek Lombok. Anda bisa mengerti berbagai hal menarik yang ada di dalamnya jika cukup waktu berada di desa ini.

Seperti desa wisata di Lombok lainnya misalnya Desa Rambitan Lombok, Desa Banyumulek menawarkan keindahan wisata, kehidupan pedesaan yang asri dan sederhana dan juga keramahan penduduk lokal. Dibawah ini akan kita uls mengenai Desa Banyumulek Lombok.

Desa Banyumulek Lombok
Proses pembuatan gerabah. Sumber IG @riangceriagirang

Lokasi dan Rute Desa Banyumulek Lombok

Banyumulek ini merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kediri Pulau Lombok yang dijadikan wisata. Bertepat di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, desa ini bisa ditempuh dari kota Mataram sekitar 14 kilometer. Anda bisa menggunakan kendaraan seperti mobil pribadi agar lebih cepat sampai di lokasi. Atau bisa juga menyewa mobil rentaldi jasa sewa mobil Lombok yang ada di Mataram.

Harga Tiket Masuk ke Desa

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, anda tidak perlu menggunakan tiket masuk apapun. Masuk ke tempat ini tentunya gratis dan terbuka untuk siapapun yang ingin berliburan. Berkunjung kesini tentunya membantu anda dan keluarga agar lebih mengerti mengenai apapun tentang desa yang unik ini. Persiapkan saja dana yang anda butuhkan untuk membeli sesuatu yang menarik di Desa Banyumulek terbaik.

Aktivitas Menarik di Desa Banyumulek Lombok

Bagi anda yang sudah memilih desa ini, maka anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga terutama dalam kesenian. Dengan jumlah penduduk sekitar 10 ribu orang, daerah ini cukup ramai penduduk dan juga luasnya sebesar 4.2 hektar. Orang asli dari desa Banyumulek lebih banyak yang tetap menetap di desanya dari pada harus merantau ke tempat orang yang jauh. 

Desa Banyumulek Lombok
Gerabah yang sudah jadi. Sumber IG @ukydachlan

Kerajinan gerabah adalah hal yang menjadi pokok kegiatan dari masyarakat sekitar dari wilayah tersebut. Dengan adanya kerajinan ini, maka anda sebagai wisatawan bisa mendapatkan aktivitas menarik yang bisa menambah wawasan anda. Hasil kerajinan yang paling banyak didapatkan adalah sejenis gentong, ceret, guci, dll. dengan corak motif yang khas dan menarik untuk bisa anda bawa pulang.

Berikut ini hal yang bisa anda lakukan di desa tersebut :

1. Belajar membuat kerajinan gerabah

Laon halnya dengan Desa Sukarara yang menghasilkan tenun khas Lombok, Desa Banyumulek merupakan desa wisata penghasil gerabah di Lombok. Tidak ada salahnya untuk anda mencoba belajar dengan masyarakat sekitar tentang bagaimana membuat kerajinan gerabah. Apalagi pengalaman ini akan anda dapatkan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Ketika belajar, anda tidak butuh kerajinan khusus, masyarakat sekitar akan mengajari anda dengan sabar agar anda cepat mengerti dalam pembuatannya.

Baik dari teknik pembuatan, pemilihan bahan, pembuatan desain akan dibantu seperti yang anda harapkan. Pembelajaran ini bisa dilakukan dengan individu atau berkelompok tergantung keinginan anda tentunya. Bahkan, hasil dari pembuatan anda tersebut bisa dibawa pulang sebagai kenangan anda pernah mencoba belajar di tempat tersebut.

2. Melukis gerabah

Jika tadi membuat gerabah, anda juga bisa melukis gerabah yang anda inginkan. Ini tentunya untuk bagian eksterior dari hasil bentukan gerabah yang anda buat agar terlihat lebih baik dan menarik. Melukis dan memberikan hiasan biasanya sudah disediakan oleh tempat pembuatan. Untuk biaya pun anda tidak perlu khawatir, seluruh kegiatan tersebut tidak akan dipungut biaya apapun. 

Hal terpenting yang anda butuhkan tentunya ijin dari pemilik tempat pembuatan gerabah agar bisa melukis dengan mudah. Pilihlah gerabah yang terbilang cocok untuk kebutuhan anda agar semakin semangat dalam menghiasnya.

3. Menikmati keindahan alam

Alam yang ada juga bisa memberikan anda sebuah kepuasan saat berada di Desa Banyumulek Lombok ini. Anda bisa menyewa kendaraan atau berjalan kaki untuk menikmati keadaan sekitar yang memiliki hawa sejuk dan segar. Jika sudah berada di desa tersebut, maka anda harus menikmati segala hal yang ada agar tidak ada rasa penyesalan.

4. Berfoto

Jangan lupa membawa alat dokumentasi seperti kamera atau smartphone yang memiliki kamera resolusi tinggi. Kenangan liburan di desa wisata yang indah ini pasti tidak akan terlupakan. Anda bisa mengambil gambar di tiap sudut desa yang menyajikan keindahan alam dan berbagai aktivitas penduduk lokal yang hidup dengan kesederhanaannya.

Desa Banyumulek Lombok
Gerabah yang dilukis. Sumber IG @reskirizswara

Itulah ulasan memnenai Desa Banyumulek Lombok yang bisa anda rekomendasikan menjadi tujuan wisata ketika mengunjungi pulau Lombok. Masih banyak destinasi menarik di Pulau Lombok yang perlu diketahui. Oleh karena itu jangan lewatkan artikel menarik lainnya dari PagiTrans salah satunya artikel yang membahas Bukit Pergasingan Lombok pada website ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.