Desa Bilok Petung, Desa Nan Asri di Kaki Rinjani

Desa Bilok Petung, Desa Nan Asri di Kaki Rinjani

Apakah anda berencana untuk berlibur ke Pulau Lombok? Maka anda harus mengunjungi Desa Bilok Petung, yang berlokasi di daerah Sembalun Lombok Timur yang terkenal dengan bukit Sembalun. Desa yang satu ini sungguh memiliki panorama yang cantik. Yang membuat banyak wisatawan betah berada di sana dan tak mau kembali pulang. Kawasannya juga tidak terlalu jauh dari Gunung Rinjani yang sangat memukau.

Desa yang satu ini mempunyai pesona yang sangat indah, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bahkan kini sudah banyak yang mengabadikan keindahan Desa Bilok Petung Lombok di media sosial, sehingga banyak juga orang-orang yang ingin datang ke desa tersebut. sekadar untuk menikmati keindahan alamnya yang masih alami.

Desa Bilok Petung
Air terjun di desa Bilok Petung. Sumber IG @eko_echofitri

Harga Tiket Masuk Desa Bilok Petung

Tak ada harga tiket masuk yang diberlakukan di sini, anda bebas datang kapan saja dan tidak usah membayar biaya apapun. Desa ini lokasinya cukup dekat dengan Gunung Rinjani, sehingga para pendaki gunung biasanya akan singgah terlebih dahulu di Desa tersebut. di desa ini juga terdapat beberapa kawasan wisata air terjun.

Sehingga bila anda ingin berkunjung atau berwisata ke Desa Bilok Petung maka anda bisa sekalian berwisata alam ke tempat air terjun. Memasuki kawasan Sembalun yang terdiri dari beberapa desa di sana, para wisatawan akan dikejutkan oleh pesona dan pemandangannya yang sangat indah. Keindahannya sampai sulit diucapkan dengan kata-kata.

Desa Bilok Petung
Rute di Desa Bilok Petung sudah halus beraspal. Sumber IG @firdauslaili

Lokasi Dan Rute

Desa Bilok Petung ini tepatnya berada di kaki Gunung Rinjani, dan secara administratif masuk ke Kabupaten Lombok Timur. Untuk sampai ke desa ini rasanya tidak dapat menggunakan angkutan umum, karena jarang ada angkutan umum yang lewat. Ada baiknya anda menggunakan kendaraan pribadi saja. Jarak antara desa ini dengan Kota Mataram hanya sekitar 100 Km saja.

Bila anda ingin bermain-main atau berwisata di wisata alam air terjun yang jaraknya tidak jauh dari sana, maka anda bisa menndatangi air terjun yang tak kalah indah dari Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Pesona dan pemandangan di sana juga tak kalah indahnya. Kawasan Sembalun ini dikelilingi oleh lima bukit yang memesona. yang berhawa sejuk dan memiliki ketinggian rata-rata 1200 dpl.

Aktivitas Menarik

Jika anda mengunjungi Desa Bilok Petung ini maka akan didapati aktivitas yang menarik disana. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di desa ini, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Berjalan-jalan menikmati pemandangan alam

Karena keindahannya yang sampai sulit dilukiskan dengan kata-kata, berjalan-jalan saja sudah membuat anda kenyang. Karena ada banyak hal indah yang bisa anda lihat di sepanjang jalan. Bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan warna keemasan seakan menghipnotis penglihatan anda.

Daerah di Lombok memang berbukit-bukit dan dengan hamparan alam yang memukau ini menjadikan Lombok memiliki beragam destinasi wisata baik berupa pantai, dataran atau perbukitan dan gunung..

Berfoto

Aktivitas penting dalam berwisata adalah mendokumentasikan momen-momen indah saat berwisata. Maka jangan lupa untuk mengabadikan liburan anda dengan berfoto di sepanjang Desa Bilok Petung tersebut. kawasan desa yang sejuk dan asri sudah menjadi spot favorit yang cocok dijadikan tempat berfoto.

Selain di lingkungan pedesaan yang asri dan rumah adat dengan interior desain yang khas, anda bisa juga berfoto dengan latar belakang Gunung Rinjani yang menjulang tinggi.

Menginap

Mungkin anda pernah bermalam di daerah Sembalun yaitu di Rinjani Lodge Lombok. Dengan fasilitas yang lengkap dan juga eksklusif akan menjadi hal yang menyenangkan. Akan tetapi cobalah sekali-kali menginap di daerah pedesaan sembalun. Ada sensasi sepi yang membuat damai.

Anda bisa menginap di beberapa rumah warga Desa Bilok Petung yang disewakan, agar lebih lama menikmati keindahan alamnya. Suasana desa yang sunyi dan tenang akan membuat anda terasa damai berada di sana. Kemudian anda bisa berkeliling menggunakan motor di sekitar desa, untuk menghampiri bukit-bukit yang ada di sekitarnya.

Membuat acara api unggun

Bila malam tiba khususnya di bulan Juni-September saat musim kemarau tiba, hawa dan suasana desa akan terasa lebih dingin. Bila anda memutuskan untuk menginap di sana, anda bisa mengadakan acara api unggun bersama teman atau keluarga. Sambil menikmati kopi panas dan pisang goreng yang hangat, masa-masa liburan anda akan terasa lebih menyenangkan.

Desa Bilok Petung
Keindahan alam Desa Bilok Petung. Sumber IG @surdini

Itulah review yang bisa di tampilkan pada pembahasan salah satu desa wisata di Sembalun, Lombok timur yaitu Desa bilok Petung. Untuk berwisata ke sana bisa dilakukan dengan membawa alat transportasi pribadi. Tetapi jika menginginkan kegiatan wisata yang praktis dan tidak ribet bisa mempercayakan ke penyedia jasa sewa mobil Lombok yaitu PagiTrans.

Leave a Comment