Desa Rambitan Lombok, Desa Tradisional Suku Sasak

Desa Rambitan Lombok, Desa Tradisional Suku Sasak

Ada banyak desa di Pulau Lombok yang menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Diantaranya adalah Desa Sukarara, Desa Bilok Petung dan salah satu yang akan kita ulas adalah Desa Rambitan Lombok, yang masih kental dengan nuansa dan adat yang masih tradisional. Seperti halnya desa wisata di Indonesia biasanya yang menarik dari desa wisata adalah adanya budaya setempat yang masih dipegang teguh oleh warga desa.

Di Desa Rambitan Lombok ini anda bisa menemukan populasi umat islam tradisional dari Suku Sasak asli Lombok. Bangunan rumah para penduduk desanya pun cukup unik, karena atapnya dibuat dari alang-alang yang sudah kering. Dengan bentuk yang tinggi dan terbuat dari kayu menambah keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan.

Desa Rambitan Lombok
Bagian dalam rumah tradisional Suku Sasak. Sumber IG @yusviarwidya

Desa Rambitan ini letaknya yaitu di Kecamatan Pujut Lombok Tengah, dan jaraknya pun tidak jauh dari Kota Mataram. Kira-kira hanya sekitar 30 Km saja. Selain itu tidak akan sulit menemukan desa yang satu ini, karena terdapat papan yang besar sebagai penunjuk jalan. Desa Rambitan terletak di tepi Jalan Raya Praya Kuta.

Harga Tiket Masuk Desa Rambitan Lombok

Tidak ada biaya untuk harga tiket masuk apapun untuk masuk ke dalam desa yang dipenuhi dengan keindahan budayanya ini. Sehingga anda bisa langsung menikmati perjalanan di desa tersebut. keunikan pertama yang dimiliki oleh Desa Rambitan ini adalah konstruksi rumahnya yang sangat unik. Rumah-rumah di sana dibuat dari bambu yang terkadang dikombinasikan dengan bahan kayu.

Bahkan interior rumahnya pun terbilang unik, karena terdiri dari dua ruangan saja, yaitu ruangan di bagian depan dan ruangan di bagian belakang. Ruangan belakang ini memiliki tinggi yang lebih tinggi dari 2 anak tangga. Pintunya terbuat dari kayu dan bentuknya oval. Bila dilihat sekilas bentuknya mirip bentuk rumah milik orang-orang eskimo.

Lokasi Dan Rute

Letak Desa Rambitan terletak di tepi jalan raya Praya, tepatnya di tepi jalan yang menuju ke Pantai Kuta salah satu pantai populer di Lombok selain Pantai Senggigi dan Pantai Tangsi. Jalan itu merupakan jalan yang menghubungkan rute Mataram, Praya dan juga Kuta. Letak desa ini terbilang tidak terlalu terpencil, seperti desa lainnya.

Desa Rambitan merupakan salah satu tempat wisata di Lombok, yang jalannya sudah beraspal tetapi adat istiadat masyarakatnya masih sangat kuat. Untuk mengunjungi desa ini bisa menyewa mobil di jasa sewa mobil Lombok yang ada di Kota Mataram. Karena letaknya tidak cukup jauh anda bisa sekalian mengunjungi tempat wisata lainnya seperti pantai berpasir merah jambu yakni Pantai Tangsi.

Walaupun cara hidup mereka masih sangat tradisional, tetapi penduduk Desa Rambitan Lombok tidak menutup diri pada setiap pendatang atau wisatawan. Sehingga desa ini dijadikan tempat wisata, bagi para wisatawan yang ingin mempelajari kebudayaan yang dimiliki oleh Suku Sasak yaitu suku asli Pulau Lombok.

Aktivitas Menarik di Desa Rambitan

Ketika anda berlibur ke Desa Rambitan, anda bisa melakukan aktifitas berikut untuk mengisi kegiatan liburan anda di Desa Rambitan Lombok.

Desa Rambitan Lombok
Pedesaan tradisional di Desa Rambitan. Sumber IG @kapanlibur

1. Menikmati kebudayaan Desa Rambitan

Kebudayaan yang terdapat di Desa Rambitan ini masih sangat kental, sehingga tak jarang dilakukan sebuah pertunjukkan kesenian dan tarian di desa tersebut. tarian Oncer dan kesenian Gendang Beleq adalah salah satu kebudayaan, yang dimiliki oleh Desa Rambitan. Anda juga bisa menikmati acara paresehan, sebuah tradisi perkelahian yang menggunakan tongkat dan perisai.

2. Memburu cinderamata khas Desa Rambitan

Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan di desa ini adalah, memburu berbagai jenis oleh-oleh khas Lombok yang terdapat di sana. Yaitu yang berupa kain tenun ikat khas Lombok, dengan corak yang sangat menarik.

Menikmati bangunan tradisional yang unik

Seperti yang kita tahu bahwa rumah atau bangunan yang terdapat di Desa Rambitan, terbilang sangat unik. Anda bisa memasuki rumah tinggal penduduk setempat. Ciri khas yang dimiliki rumah para warga Desa Rambitan ini adalah terdapat lumbung padi. Sebagai tempat penyimpanan hasil pertanian. Karena mayoritas penduduk di sana adalah petani.

Desa Rambitan Lombok
Bangunan unik di Desa Rambitan Lombok. Sumber IG @_vrede

Berfoto di sepanjang Desa

Berlibur tanpa mendokumentasikan kegiatan dan tempat liburan sepertinya ada yang kurang. Oleh karena itu jangan lupa untuk mendokumentasikan liburan anda di Desa Rambitan. Mengambil foto di beberapa tempat atau spot yang dianggap menarik, juga bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Di sepanjang jalan Desa Rambitan ini ada banyak hal menarik yang bisa anda abadikan dengan mengambil foto. Berfoto di depan rumah tradisional, atau berfoto dengan para wanita yang sedang menenun menjadi pilihan yang menarik.

Itulah ulasan mengenai Desa Rambitan Lombok yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan mengetahui khasanah keragaman budaya Indonesia kita akan semakin bangga menjadi warga negara Indonesia. Kami sarankan untuk mengambil paket tour Lombok 4 hari 3 malam untuk kunjungan anda ke Desa Rambitan dan beberapa destinasi wisata lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.