Destinasi Wisata Alam Lombok Tengah

Kabupaten lombok tengah adalah sebuah pulau yang berada di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terletak di bagian timur Indonesia. Lombok terkenal dengan sebuah pulau yang menawarkan beberapa destinasi wisata alam unggulan, eksotis dan indah.

Tidak heran sekitar setengah juta orang berdatangan setiap tahunnya. Bukan hanya keindahan pantai yang ditawarkan, keindahan lain dapat dinikmati di Pulau Lombok berupa gili-gili atau pulau-pulau kecil sekitar Pulau Lombok yang sangat natural dan indah.

Kabupaten lombok tengah menyimpan banyak sekali keunikan yang masih bisa di eksplorasi.
Keindahan wisata alam loteng, sumber: wikiwand.com

Kabupaten Lombok tengah memiliki berbagai macam daya tarik wisata mulai dari sejuknya air terjun Benang Kelambu, pantai yang indah seperti Kuta dan Tanjung ‘Aan, sampai desa adat tradisional suku Sasak yang masih terjaga bernama desa Sade.

Begitu potensialnya pariwisata di wilayah Lombok Tengah telah disadari pemerintah, sehingga wilayah administratif Lombok Tengah bagian pesisir selatan yakni tempat Pantai Kuta, Tanjung ‘Aan, dan sekitarnya telah ditetapkan masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Wisata Pantai Tanjung ‘Aan

Setiap pantai selayaknya memiliki perbedaan atau keunikan dengan pantai lainnya. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari panorama alam sekitar, warna dan tekstur dari pasirnya, ketinggian ombak yang dimiliki, dan sebagainya. Perbedaan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata alam lombok tengah.

Keunikan yang ada di pantai Tanjung ‘Aan yakni terdapat dua jenis pasir yang berbeda, adanya bukit yang menambah indahnya panorama pantai, air laut yang tenang, dan sebagainya. Paling unik yakni dua jenis pasir yang menghiasi Tanjung ‘Aan.

D pantai tanjung 'aan ini ada dua jenis pasir yang berbeda yang hanya bisa di bedakan dengan jalan pengamatan langsung atau menginjaknya.
Panorama indah tanjung ‘Aan, sumber: piknikasik.com

Cara paling pas untuk membedakannya selain melihat langsung yakni dengan menginjaknya, yakni pasir yang pertama berwarna putih terasa lembut di kaki, sedangkan yang putih kekuningan terasa lebihtebal dan menggelicir di telapak kaki. Ternyata pasir yang kekuningan tersebut memiliki ukuran seperti biji merica, oleh karena itu pantai Tanjung ‘Aan juga kerap dijuluki sebagai pantai pasir merica.

Jika Anda pernah membaca atau melihat keunikan selat Gibraltar yang terdapat dua lautan bertemu namun tidak bisa menyatu, yakni laut Mediterania dan Samudera Atlantik, secara ilmiah dijelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan pada kadar garam, suhu,dan kepekatan dari air laut tersebut, sehingga seolah ada batas di antara keduanya.

Baca juga: Tiga cara menuju lombok

Begitu juga dengan pasir di Tanjung ‘Aan ada pembatas juga di antara kedua jenis pasir tersebut, bukan karena perbedaan suhu atau yang sebagainya melainkan pembatas tersebut adalah sebuah bukit atau tanjung yang cukup tinggi namun juga menjadi daya tarik dan dapat didaki oleh wisatawan.

Keunikan tersebutlah salah satu yang membuat wisatawan betah di sana, ketika bosan melihat atau bermain di pasir tepung maka mereka berpindah ke pasir merica. Selain itu suasana pantai tidak terlalu ramai juga akan memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan yang mengharapkan objek yang memiliki keindahan alam sekaligus memberikan ketenangan.

Keunikan pantai tanjung membawa value tersendiri bagi para wisatawan.
Ilustrasi pasir pantai, sumber: bobo.grid.id

Di atas bukit telah menanti pemandangan indah yang akan memanjakan wisatawan, luasnya biru laut Hindia berpadu dengan keunikan pasir pantai serta hijaunya bukit menambah daya tarik tanjung ‘Aan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar Tanjung ‘Aan, antara lain: Berenang, Snorkeling, Sightseeing dari atas bukit, Berkeliling naik perahu, dan lain sebagainya. Pantai ini terletak sekitar 4 km dari pantai Kuta, atau sekitar 24 km dari bandara internasional Lombok.

Apabila pengunjung datang dari Mataram waktu tempuh untuksampai ke pantai ini yakni kurang lebih 90 menit menggunakan kendaraan bermotor.Sedangkan untuk harga tiket yakni 5 ribu rupiah per motor dan 10 ribu rupiah per mobil. Akomodasi terdekat yang terdapat di kawasan ini seperti: Novotel Coralia Lombok, hotelKuta Indah, dan lain-lain.

Selain akomodasi terdapat juga beberapa restoran maupun bar kecilmilik warga setempat yang berjejer di sepanjang jalan di pantai yang masuk dalam kawasanMandalika ini.

Wisata Air Terjun Benang Kelambu

Destinasi wisata alam berikutnya, ada air terjun benang kelambu. Konon menurut cerita yang diyakini oleh masyarakat setempat bahwa jika anda mandi di Air Terjun Benang Kelambu ini akan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, bisa membuat anda awet muda dikarenakan air terjun ini bersumber langsung dari Danau Segara Anak.

Wisata alam satu ini memiliki legenda tersendiri yang masih di yakini oleh penduduk setempat.
Wisata alam air terjun benang kelambu, sumber: pegipegi.com

Pada air terjun ini, air seolah-olah keluar dari rimbunan tumbuhan. Sebenarnya air terjun ini berasal dari banyak mata air, yang keluar langsung melalui celah-celah di sepanjang tebing. Namun karena tebingnya tertutup dengan tumbuhan yang tumbuh subur, terlihat seakan air keluar dari rimbunan tumbuhan tersebut.

Di kawasan Air Terjun Benang Kelambu ini terdapat dua kelompok air terjun, keduanya bersumber dari mata air.  Kelompok pertama berada di sebelah kiri jika kita turun dari undakan jalan tangga dan terdiri atas dua terjunan air.  Sedangkan kelompok kedua, yang menjadi air terjun utama, berada tepat di depan jika kita turun dari undakan jalan tangga.  Kelompok kedua ini terdiri atas empat terjunan air.

Kedua kelompok air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 m dan memiliki 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air, dan memiliki ketinggian sekitar 30 Meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter. Tingkat yang ketiga memiliki ketinggian hanya 5 Meter.

Wisata Budaya Rumah Adat Sasak

Sade dalam bahasa suku Sasak di Lombok, berarti obat atau kesadaran. Merupakan sebuah dusun yang masih merawat tradisi Lombok hingga menjadi lokasi wisata budaya populer di bagian selatan pulau Lombok. Desa Wisata Budaya ini telah dipertahankan dan dirawat selama 15 generasi. Terdapat sekitar 150 rumah adat yang menjadi ciri khas utama Desa Sade.

Destinasi wisata budaya rumah adat suku sasak masuk rekomendasi berikutnya yang bisa Anda coba.
Wisata budaya lombok tengah, sumber: bobo.grid.id

Rumah-rumah ini memiliki atap yang unik berbentuk gunung menggunakan rumput alang-alang. Tembok dan lantainya terbuat dari tanah liat yang dicampur dedak padi, kemudian dilapisi anyaman bambu pada tembok bagian luarnya. Bangunan rumah-rumah ini memiliki sebutan Bale Tani Gunung Ratu, artinya berbentuk gunung merata ke bawah.

Semua rumah yang ada di kawasan Desa Sade adalah rumah tempat tinggal bukan bangunan pameran atau museum budaya. Penduduk yang tinggal di sini berjumlah sekitar 750 jiwa yang masih merupakan satu garis keturunan atau satu rumpun yang sama.

Penduduk desa yang tetap menjaga dan merawat budaya ini juga kental dengan nuansa keislamiannya. Semua urusan sosial kemasyarakatan seperti urusan pernikahan diselesaikan di Masjid atau Baruga Sekenam yang terletak di sebelah kiri pintu masuk kawasan rumah adat.

Bagi Anda yang berminat untuk berliburan di kota lombok, khususnya di kabupaten lombok tengah Anda bisa mencoba beberapa list destinasi wisata alam kabupaten lombok tengah yang telah kami ulas di atas, semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Salam Pagi Trans!

Leave a Reply