Destinasi Wisata Indonesia Ini Mendunia

Negara kita tercinta, Indonesia, memang memiliki alam yang sangat indah. Dari sabang sampai merauke, kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat indah dan memukau sebagai tempat destinasi wisata indonesia yang bisa Anda dengan keluarga kunjungi ketika tiba musim liburan.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan ribuan destinasi wisata yang menakjubkan, baik wisara alam maupun wisata budayanya. Negara Indonesia ini seolah tak ada habisnya jika Anda ingin menjelajahi satu persatu. Kekayaan tempat wisata yang selama ini banyak dieksplorasai masih banyak terpusat di wilayah-wilayah tertentu saja. Masih banyak destinasi wisata yang bisa diekspos ke dunia.

Sebelum Anda berkeliling dunia untuk menelusuri lokasi wisata, Ada baiknya menjelajahi satu persatu destinasi wisata indonesia, sebagai bentuk kecintaan Kita pada kearifan lokal dan tentunya pengalaman yang akan Anda dapatkan tidak kalah dengan tempat wisata yang ada di luar negeri.

Sebagai penduduk asli Indonesia, Kita sudah sepatutnya berbangga hati dilahirkan di tanah air ini, sehingga bisa merasakan tinggal di negeri yang di kelilingi beribu-ribu pulau dengan keindahan yang tiada duanya. Tidak heran kalau banyak turis wisarawan mancanegara maupun domestik yang rela berdatangan dari berbagai negara untuk menikmati obyek wisata Indonesia yang populer di tanah air.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan ribuan destinasi wisata yang menakjubkan, baik wisara alam maupun wisata budayanya.
Ilustrasi pulau indonesia, sumber: nasional.kompas.com

Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Dari sekian banyak obyek wisata di Indonesia terpopuler yang sering dikunjungi, beberapa diantaranya bahkan sudah terkenal hingga ke seluruh dunia atau sudah mendunia. Pada segmentasi kali ini Anda akan kami ajak untuk menyelami dan mengenali satu-persatu dimana saja destinasi wisata lokal yang mendunia. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Danau Toba

Mungkin Anda pernah berkunjung ke Danau Toba? Ya, Danau dengan keindahan yang tidak tertandingi ini merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan berada di urutan kedua dunia setelah Danau Victoria. Danau Toba sudah lama terkanal sebagai salah satu obyek wisata Indonesia favorit yang sering dikunjungi sejak tahun 1980 an.

Obyek wisata indonesia yang terkenal di dunia ini memiliki luas seribu seratus empat puluh lima kilometer persegi. Di tengah danau terdanau pulau samosir yang luasnya hampir sebanding dengan negara singapura. Kita bisa bayangkan betapa megahnya danau danau toba itu.

Selain terluas, danau ini juga termasuk salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman kurang lebih 450 meter. Buat Anda yang sedang atau ingin berkunjung ke Sumatera Utara, sempatkan waktu Anda sejenak untuk menikmati keindahan destinasi yang satu ini.

Danau Toba sudah lama terkanal sebagai salah satu obyek wisata Indonesia favorit yang sering dikunjungi sejak tahun 1980 an.
Panorama sunset danau toba, sumber: klook.com

Pulau Bali

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa pulau bali memang menjadi master peace destinasi wisata yang merajalela di seantero dunia karena pemandangannya yang indah, budayanya yang masih terjaga serta pantainya yang eksotis dipandang mata.

Ketika Anda berkunjung ke pulau Bali jangan heran kalau banyak sekali turis yang berlalu lalang dan memadati di pantai-pantai yang ada di sana, bahkan ada beberapa yang sampai menetap dan berkeluarga di bali mungkin karena terpesonanya dengan keindahan panorama yang ditawarkan oleh pulau bali.

Baca juga: Destinasi wisata alam lombok tengah

Salah satu destinasi wisara di Bali yang populer di mata dunia saar ini adalah Nusa Penida. Sebuah destinasi wisata indonesia yang menjadia favorit ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang suka melakukan island hoping, dan menikmati keindahan bawah lautnya dengan bersnorkeling.

Dengan panorama pantai yang indah Nusa Penida dan pulau-pulau kecil sekitarnya menawarkan pengalaman berbeda dan tentunya akan memanjakan Anda dan keluarga di sepajang hari akhir pekan. Terlebih lagi jika Anda adalah orang yang hobi fotografi, ada banyak sekali spot yang bisa Anda jadikan latar di hasil jepretan Anda.

Gili Trawangan

Untuk pecinta pantai, Gili Trawangan merupakan tujuan wisatawan dari seluruh dunia. Dengan kombinasi langit biru dengan semburat awan putih, jernihnya air laut dibingkai pasir putih menjadikan Gili Trawangan sebagai tujuan wisata populer baik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Selain pantai dan alam bawah laut, tempat wisata Nusantara yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga memiliki berbagai lansekap menakjubkan dan juga spot-spot foto yang instagramable bagi Anda. Jadi, selamat mencoba.

Gili Trawangan merupakan tujuan wisatawan dari seluruh dunia. Dengan kombinasi langit biru dengan semburat awan putih, jernihnya air laut dibingkai pasir putih menjadikan Gili Trawangan sebagai tujuan wisata populer baik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.
Keindahan gili trawangan, sumber: almarik-lombok.com

Raja Ampat

Surga dunia di indonesia selanjutnya adalah kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat dengan kekayaan laut terlengkap di bumi. Jadi jangan khawatir kekurangan sumber daya jika Anda sedang berada di Raja Ampat. Semua kebutuhan standar daerah setempat menjanjikan kenyaman yang berbeda untuk pengalaman liburan Anda.

Raja Ampat atau empat raja meruapakan 4 kepulauan indah yang meruapakan penghasil lukisan batu kuno. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool. Nama-nama tersebut berasal dari mitos lokal dari warga di sekitar pulau Raja Ampat.

Keindahan dan kemegahan dari destinasi wisata populer asal indonesia ini mampu mengundang para wisatawan dari seluruh dunia untuk datang ke sini dan merasakan pengalaman sekaligus panorama dan pemandangan yang tidak akan pernah terlupakan.

Gunung Bromo

Kalau Anda pernah berkunjung ke jawa timur tidak lengkap rasanya jika belum sempat menginjakkan kaki diatas gunung bromo ini. Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini mempunyai pesona yang menarik dan unik berupa gurun pasir yang sangat luas.

Meskipun bukan salah satu gunung tertinggi di indonesia, namun kenidahan gunung yang satu ini tidak ada duanya dan membuat para pendaki yang berkunjung merasakan pemandangan yang fantastis dan spektakuler. Wisatawan juga dapat berkuda dan mendaki gunung bromo untuk menikmati keindahan yang menawan saar matahari terbit dan terbenam.

Bisa jadi pengalaman secara langsyng yang takkan terlupakan Anda. Dengan keindahan yang membelalakkan mata itu tidak heran kiranya jika destinasi wisata di indonesia satu ini menjadikan para wisatawan mancanegara maupun domestik dalam negeri yang berkunjung ke gunung bromo menjadi ketagihan untuk berkunjung kembali.

Pulau Komodo

Destinasi wisata Indonesia yang tersohor di mata dunia selanjutnya adalah Pulau Komodo. Pulau yang berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini merupakan rumah bagi ratusan Komodo, hewan endemik yang hanya ada di Indonesia. Selain bisa mengamati perilaku dan mengeksplorasi habitat dari hewan purba yang satu ini.

Pulau yang berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini merupakan rumah bagi ratusan Komodo, hewan endemik yang hanya ada di Indonesia.
Nampak depan komodo, sumber: liburankomodo.com

Pulau Komodo juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah pantai dengan pasir berwarna merah muda yang dikenal dengan nama “Pink Beach“. Pantai seperti ini hanya terdapat tujuh di seluruh dunia sehingga menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia yang mendunia.

Candi Borobudur

Salah satu ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia lainnya adalah Candi Borobudur. Sebagai candi Budha terbesar di dunia dengan luas tak kurang dari 2 kali seratus dua tiga meter, candi yang dibangun pada masa kerajaan Mataram kuno ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitektur yang memukau.

Setiap tahunnya, tak cuma wisatawan domestik tetapi banyak juga wisatawan asing yang tertarik untuk mengamati keindahan dari Candi Borobudur. Berbagai relief yang menceritakan mengenai berbagai ajaran dalam agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga mencapai pencerahan sempurna bisa Anda temukan di tempat wisata favorit asal Indonesia.

Dan masih banyak lagi destinasi wisata di Indonesia yang masih bisa di kunjungi dan tentunya daftar tempat wisata yang masih belum terekspos juga masih banyak di tanar air. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi pembca sekalian dalam menentukan pilihan destinasi wisata mana yang ini di prioritaskan pada liburan tahun ini.

Leave a Reply