Tempat Wisata Gili Air Lombok yang Sangat Mempesona

Tempat Wisata Gili Air Lombok yang Sangat Mempesona

Pantai Gili Air
Pantai Gili Air

Tempat Wisata Gili Air Lombok yang Sangat Mempesona

Berwisata ke Pulau Lombok, rasanya akan kurang lengkap jika Anda tidak menyeberangi pulau-pulau kecil yang sangat indah di sekitar pulau Lombok, Gili Air bisa anda jadikan sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi. Gili Air Lombok merupakan salah satu dari tiga gili yang terkenal di Lombok. Tiga gili tersebut adalah Gili Terawangan, Gili Air dan Gili Meno yang berada pada posisi berjejer dan ketiga gili tersebut berada di kawasan pantai utara Lombok.

Masyarakat setempat menyebut Gili ini dengan nama “Tengaq Aiq”, yang artinya “di tengah-tengah laut”. Penduduk asli Gili Air mayoritas berasal dari Suku Sasak dan Suku Bugis. Dibandingkan dengan Gili Terawangan dan Gili Meno, maka Gili Air ini adalah gili yang lokasinya paling dekat dengan Pulau Lombok. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda berlibur bersama keluarga untuk menikmati keindahan Gili Air Lombok. Selain Anda berkunjung ke Gili Air, Anda juga dapat mengunjungi Gili Terawangan dan Gili Meno.

Lokasi dan Akses Menuju Gili Air Lombok
Lokasi Gili Air tepatnya di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Jika Anda ingin berkunjung ke Gili Air, maka harus menyebrang melalui Pelabuhan Bangsal yang ditempuh sekitar 25 menit menggunakan boat (kapal motor). Sedangkan jarak Pelabuhan Bangsal dari Ibu Kota Provinsi sekitar 25,1 km atau sekitar 50 menit apabila ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.

Akses menuju ke Pantai Gili Air tidak terlalu sulit untuk ditempuh yang penting Anda sudah berada di Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Kota Mataram. Jika Anda masih bingung karena tidak ada yang jemput pada saat berada di terminal, Bandar udara atau pelabuhan maka Anda dapat menggunakan jasa travel, taksi atau menggunakan angkutan umum.

Baca Juga : Keindahan Sunset Pantai Senggigi Lombok

Beberapa Keindahan yang Dapat Dinikmati di Gili Air Lombok
Ada beberapa keindahan alam yang tersimpan di Gili Air Lombok, hal itu yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Gili Air. Adapun keindahan Gili Air tidak kalah indahnya dengan Gili Terawangan dan Gili Meno. Berikut ini beberapa keindahan alam yang dapat dinikmati di Gili Air:

Alam Bawah Laut
Gili Air ini memiliki alam bawah laut yang cukup indah sehingga banyak diincar oleh para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Lombok. Keindahan bawah laut Gili Air ini tidak kalah dengan keindahan di gili-gili lain di Pulau Lombok. Kindahan alam bawah laut yang dapat Anda jumpai di Gili Air diantaranya adalah terumbu karang, kura-kura, kuda laut, ikan yang berwarna-warni dan penghuni laut lainnya.

Scuba Diving di Gili Air
Scuba Diving di Gili Air

Tempat Diving (Snorkeling)
Gili Air merupakan salah satu tempat yang sangat cocok untuk melakukan diving atau snorkeling, karena Gili Air ini memiliki keinidahan bawah laut yang sangat indah dan wajib dijelajahi. Bagi Anda yang suka melakukan diving atau snorkeling, maka Anda bisa memilih kelima spot antara lain, Air Slope, Air Wall, Flogfish Point, Malang Reef dan Segaluh. Tempat-tempat tersebut merupakan surga bagi pecinta olahraga bawah laut. Kegemaran Anda akan dipuaskan pula dengan keunikan tersendiri yang dimiliki oleh masing-masing tempat. Sebagai contoh Air Wall, di tempat ini gugusan terumbu karang terbentang seperti dinding.

Air laut yang biru dan jernih
Saat berkunjung ke Gili Air, bagi Anda yang suka berenang maka tempat ini sangat cocok untuk memenuhi hobi Anda. Karena Gili Air ini memiliki air laut yang sangat jernih dan cocok digunakan untuk berenang atau aktivitas air yang lainnya. Warna biru dari air laut di Gili Air membuat para wisatawan menjadi tidak bosan untuk bermain air laut yang satu ini.

Baca Juga : Oleh-oleh Khas Daerah Lombok yang Harus Dibeli

Keindahan pasir putih
Keindahan pasir putih di pantai Gili Air Lombok ini akan membuat para wisatawan menjadi betah dan tidak ingin meninggalkan pantai tersebut. Karena sepanjang garis Pantai Gili Air ini akan membuat Anda takjub dan keindahan pasir putihnya yang bersih, alami dan ditambah air lautnya yang berwarna biru jernih akan menambah keindahan di Pantai Gili Air.

Indahnya Pesona Gili Air
Indahnya Pesona Gili Air

Begitulah ulasan kami mengenai Gili Air yang sangat mempesona. Tidak bisa dipungkiri bahwa Gili Air Lombok merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Lombok. Cocok sekali untuk anda yang cinta akan pesona objek wisata Indonesia namun memili pemandangan pantai indah sekelas dunia tentu menjadikan sebuah kebanggan tersendiri. Tunggu apa lagi ajak keluarga atau teman-teman anda untuk mengunjungi tempat ini, pastinya akan lebih seru dibandingkan hanya dengan sendirian. Dan jangan lupa kunjungi Gili Trawangan dan Gili Meno, karena selain lokasinya dekat dengan Gili Air, Gili-gili tersebut juga memiliki keindahan dan pesonanya sendiri yang tiidak kalah dengan Gili Air.

Leave a Comment