Gili Tangkong Lombok Gili Sunyi Nan Indah

Gili Tangkong Lombok Gili Sunyi Nan Indah

Di sekitar Pulau Lombok ini, ada banyak sekali Gili yang menarik untuk dikunjungi dan sebagai destinasi wisata yang sedang populer. Gili yang merupakan pulau kecil di tengah laut memang sedang menjadi destinasi wisata favorit di pulau Lombok.

Selain gili Nanggu Lombok, ada gili lain yang tak kalah eksotis dan identik dengan kesunyian dan kedamaian yaitu Gili Tangkong Lombok. Kalau dilihat sekilas mungkin Gili yang satu ini seperti pulau pengasingan, karena pulaunya memang cenderung sepi.

Hampir tidak ada fasilitas wisata yang terdapat di sana. Namun sesampainya anda di Gili Tangkong, justru anda akan dimanjakan dengan ketenangan dan kedamaian tempatnya. Yang bahkan sulit ditemukan di kota-kota besar. Ciri khas dari Gili Tangkong ini adalah tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Gili ini. Karena pulau ini masih terbilang baru.

Gili Tangkong Lombok
Keindahan alam Gili Tangkong. Sumber IG @rull_

Harga Tiket Masuk Gili Tangkong Lombok

Lalu berapa harga tiket masuk untuk sampai ke Gili Tangkong tersebut? jawabannya adalah gratis, anda tak perlu membayar biaya apapun untuk masuk ke Gili Tangkong. Namun ada beberapa waktu yang paling baik, bila anda ingin berlibur di Gili Tangkong. Yaitu sekitar Bulan Juli sampai Bulan Oktober. Transportasi yang tersedia untuk sampai ke Gili ini masih jarang.

Transportasi yang ada hanya di Pelabuhan Lembar saja, sehingga disarankan anda menggunakan mobil pribadi atau menyewa mobil saja jika anda menginap di Kota Mataram. Waktu tempuhnya juga hanya sekitar satu jam saja. Setelah itu anda bisa menyewa kapal, dari yang berkapasitas kecil sampai yang besar.

Kapal penyeberangan. Sumber IG @ulbadany97

Lokasi Dan Rute

Jarak dari Gili Trawangan menuju Gili Tangkong terbilang cukup jauh, jaraknya bisa mencapai 30 Km. atau sekitar 3 jam perjalanan jika menaiki kapal. Gili Tangkong ini berada di Sekotong Barat, Nusa Tenggara Barat jadi secara administratif tidak masuk ke wilayah Lombok. Lokasinya hampir berdekatan dengan Gili Nanggu dan Gili Kendis. Bila kebetulan anda dari arah Kota Mataram, maka anda hanya tinggal pergi ke Dermaga Ferri Lembar.

Setelah sampai dermaga kemudian menyebrang menuju Gili Tangkong tersebut. perjalanan selama menyebrang ke Gili Tangkong, anda akan disuguhi berbagai pemandangan indah seperti Gili Sundak dan Gua Landak. Bahkan anda bisa melihat Makam Keramat. Makam yang letaknya tepat di tengah lautan.

Aktivitas Menarik Di Gili Tangkong

Beberapa aktivitas menarik yang bisa anda lakukan selama berada di Gili Tangkong Lombok ini diantaranya yaitu :

1. Berjalan-jalan di sekitar pasir pantai yang putih

Kelebihan dari Gili Tangkong ini adalah jarangnya wisatawan yang datang kemari, sehingga anda juga tidak akan melihat sampah yang berserakan atau bahkan jejak kaki. Sehingga anda bisa berjalan santai di sekitar pantai, sambil menikmati keindahan pemandangan laut dan panorama alam yang mempesona.

Karena tempat yang sepi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga seolah-olah merupakan pulau pribadi dan bisa menenangkan diri tanpa gangguan.

2. Snorkling

Hampir di setiap Gili kita bisa melakukan snorkling dengan aman dan nyaman. Sama halnya di Gili Tangkong. Anda juga bisa menyewa peralatan snorkling yang sudah lengkap satu paket. Biasanya harganya sekitar 75 ribu rupiah, namun harga bisa berubah sewaktu-waktu. Atau anda menawarnya dengan harga yang lebih murah. Maka jika menyewa alat snorkling sebaiknya menawar dahulu, siapa tahu mendapatkan diskon dari persewaan tersebut.

3. Berenang

Main di pantai tapi tidak berenang? Rasanya menjadi hal yang aneh. Saat berlibur di Gili Tangkong, jangan sia-siakan waktu anda. Anda harus mencoba berenang di sana, sambil menikmati keindahan pantai dan laut yang indah dan menawan. Sebaiknya anda berenang di pagi hari saat matahari belum terik.

Jika sudah terlalu siang maka suasana akan terasa panas. Memang indonesia berada pada jalur khatulistiwa sehingga cuaca siang hari terasa panas apalagi di daerah pantai pasti lebih panas dari daratan atau dataran tinggi.

4. Menikmati sunrise dan sunset

Bagi anda yang senang dengan dunia fotografi, tentu anda tak boleh melewatkan dua momen istimewa di Gili Tangkong. Yaitu saat sunrise tiba dan saat sunset ketika senja tiba. Abadikan momen indah tersebut dengan memotret keindahan sunrise dan sunset yang sangat memukau.

Gili Tangkong Lombok
Perahu penyeberangan ke Gili Tangkong Lombok. Sumber IG @alinxe_66

Dengan berlibur di Gili Tangkong yang masih alami dan belum ada tanda-tanda kerusakan lingkungan maka tempat tersebut bisa menjadi spot fotografi yang sangat bagus. Dan tenus taja di tiap sudutnya merupakan spot yang instagrammable. Baik selfie maupun wefie tempat ini memang cocok untuk swafoto atau foto bersama.

Itulah sekelumit gambaran tentang Gili Tangkong Lombok. Dengan menggunakan mobil sewaan yang dapat di sewa pada penyedia jasa sewa mobil Lombok, anda bisa menuju ke dermaga Lembar terlebih dahulu sebelum menyeberang ke Gili Tangkong.

Leave a Comment