Gunung Tunak : Pulau Kapur Dikelilingi Lautan Lombok Yang Mempesona

Gunung Tunak : Pulau Kapur Dikelilingi Lautan Lombok Yang Mempesona

Gunung Tunak adalah salah satu pulau yang tampak tebingnya berupa batuan kapur yang terdapat di Indonesia tepatnya di Lombok. Ternyata di dunia lokasi lainnya yang mirip dengan Gunung Tunak adalah 12 Apostles. 12 Apostles adalah pulau batuan kapur yang jumlahnya 12 yang berada di Victoria, Australia.

Destinasi wisata yang berlokasi di kabupaten Lombok Tengah ini memang menarik untuk dikunjungi. Aspek yang membuat TWA Gunung Tunak ini wajib Anda kunjungi adalah karena kelengkapan bentang alamnya. Bagaimana tidak? Disini, Anda bisa menyaksikan eksotisme perbukitan hijau, padang rumput yang luas serta pantai dan birunya laut.

Harga tiket masuk ke objek wisata

Meski mempunyai keindahan alam yang sangat lengkap, biaya tiket masuk ke objek wisata ini cukup terjangkau bagi wisatawan. Setiap wisatawan yang berkunjung kesini hanya dikenakan tarif sebesar Rp 10.000,00. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menjelajahi setiap sudut TWA Gunung Tunak. Mulai dari perbukitan dan hutannya yang hijau hingga kecantikan pantai serta lautnya.

Gunung Tunak, sumber ig skyeagle05
Gunung Tunak, sumber ig @skyeagle05

Lokasi dan rute menuju TWA Gunung Tunak

Objek wisata yang menawarkan keindahan alam beragam ini terletak di desa Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Akses menuju lokasi ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan moda transportasi berupa mobil maupun motor. Jika titik awal keberangkatan Anda dimulai dari Bandara Internasional Lombok, waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesini kurang lebih 1,5 jam.

Meskipun waktu tempuh perjalanan ke TWA relatif normal, Anda tetap harus berkendara dengan hati-hati. Sebab di rute menuju lokasi masih terdapat beberapa titik yang kondisi jalannya belum benar-benar bagus. Namun, setelah sampai di lokasi semua perjuangan Anda tersebut pasti akan terbayar lunas dengan panorama alam yang memanjakan mata.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Disarankan untuk mengunjungi Gunung Tunak pada waktu-waktu berliburan selain weekend. Karena suasananya bisa lebih private dan memberikan sensasi unik. Sensasi berpetualang di tengah lama yang sepi dan mempesona.

Gunung Tunak memiliki sejumlah daya tarik yang jarang bisa ditemukan di lokasi wisata sejenis lainnya. Meski di Lombok terdapat kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tetapi spot wisata yang satu ini tidak kalah menarik. Apa saja keunikan yang terdapat di sini? Simak beberapa keunikannya berikut ini.

Gunung Tunak, sumber ig joelbague
Gunung Tunak, sumber ig @joelbague

1. Melihat dari dekat satwa langka

Sebagian besar wilayah TWA Gunung Tunak yang luasnya mencapai 1.200 hektare ini ialah berupa perbukitan dengan hutan alami. Saking alaminya, hutan yang berada di objek wisata ini merupakan habitat beberapa satwa langka. Jenis spesies satwa langka yang bisa Anda temukan disini adalah gosong kaki merah, rusa, musang, elang, bondol dan srigunting.

Tidak hanya itu, ayam hutan merah dan hijau, punglor merah, tekukur dan juga walet. Beragamnya fauna yang hidup di wilayah TWA Gunung Tunak memang merupakan keanekaragaman hayati yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu, ketika mengunjungi satwa-satwa ini Anda sebaiknya selalu menjaga kebersihan habitatnya dengan tidak membuang sampah dan melakukan vandalisme.

2. Mengeksplor bukit-bukitnya yang asri

Bagi Anda pecinta aktivitas trekking berkunjung ke TWA Gunung Tunak merupakan tindakan yang tepat untuk menyalurkan hobi. Sebab disini, Anda bisa melakukan aktivitas trekking sepuasnya di beberapa bukit yang menjulang. Diantaranya adalah bukit Bungkulan, Kelor, Takar Akar, Pejanggik dan Batujanggak.

Sesampainya di puncak bukit, rasa lelah Anda akan tergantikan dengan keindahan alam sepanjang mata memandang. Disini, Anda bisa menyaksikan pemandangan berupa area perbukitan lain, hutan serta pantai dan lautan. Bahkan di ujung barat dan utara Anda bisa menyaksikan keindahan teluk Bumbang. Sementara itu, di bagian timur eksotisme teluk Awang juga tak kalah indahnya.

3. Menyusuri deretan pantainya yang cantik

Pemandangan Gunung Tunak, sumber ig whb______
Pemandangan Gunung Tunak, sumber ig @whb______

Pesona keindahan Taman Wisata Alam Gunung Tunak memang sangat lengkap. Selain perbukitan dan hamparan hutannya yang hijau, Anda juga bisa menyusuri beberapa pantainya. Diantaranya adalah pantai Teluk Ujung, Terasak, Bilasayak, Batu Jangak dan Goang Sari. Kondisi pantainya sendiri masih relatif alami dan sepi sehingga Anda akan merasakan sensasi berada di private beach.

4. Snorkeling atau menyelam

Jika Anda adalah pegiat aktivitas menyelam, maka beberapa spot snorkeling yang terdapat di sekitar pantai TWA Gunung Tunak patut dicoba. Sebab Anda akan menyaksikan panorama alam dasar laut yang tidak kalah menakjubkan dengan keindahan alam di daratannya. Disini, beragam spesies terumbu karang dan biota laut dapat Anda temukan termasuk udang merah maupun biru.

Itu dia berbagai daya tarik, informasi lokasi dan rute, harga tiket masuk untuk mengunjungi Gunung Tunak. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan menjadi referensi berwisata Anda. Nantikan artikel review wisata Lombok lainnya di pagitrans.com. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp