Menikmati Kesejukan Udara di Hutan Pusuk

Menikmati Kesejukan Udara di Hutan Pusuk

Pulau Lombok sedang menjadi salah satu lokasi yang mencuat dengan beragam keindahan alam di sana. Ada banyak pilihan menarik dari setiap objek wisata yang ada di sana mualai dari air terjun seperti air terjun tiu kelep, gili dan juga pantai. Bila anda ingin merasakan kesejukan alam anda bisa datang ke Hutan Monyet Pusuk. Lombok selalu menghipnotis para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Di Lombok anda bisa dimanjakan dengan berbagai macam keindahan pantai di beberapa Gili yang ada di sana. Namun bagi anda yang senang dengan suasana yang alami dan menyenangkan, maka anda harus mencoba berkunjung ke Hutan Pusuk. Anda akan menemukan ratusan monyet yang menggemaskan, yang berkeliaran di sekitar hutan.

Monyet di Hutan Monyet pusuk Lombok. Sumber IG @ ericogautama

Harga Tiket Masuk Hutan Pusuk

Bukan hanya memanjakan anda dengan kesejukan dan kondisi alamnya yang masih alamiah, tetapi harga tiket masuk untuk sampai ke Hutan Pusuk ini juga sangat terjangkau. Yaitu sekitar Rp.2000,- saja. Retribusi tersebut akan digunakan untuk biaya pengelolaan dan pengembangan, di daerah wisata yang banyak ditempati para monyet itu.

Misalnya pengelolaan dalam hal menjaga kebersihan hutan pusuk, agar para wisatawan merasa nyaman ketika berjalan-jalan di sekitar hutan. Selain itu diharapkan ada tambahan akomodasi di tempat ini yang akan memudahkan para wisatawan juga.

Lokasi Dan Rute

Lokasi tepatnya Hutan Pusuk dekat dengan Rinjani Lodge Lombok yaitu di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bila anda berangkat dari arah Kota Selong maka waktu tempuhnya sekitar dua jam. Anda akan menemukan jalan yang berkelok-kelok dan kontur tanah yang naik dan turun. Jika anda dari arah Kota Mataram, maka anda bisa melewati Jalur Senggigi.

Atau melewati Gunung Sari dengan waktu tempuh perjalanan yang tidak lama, yaitu hanya sekitar 30 menit saja. Untuk sampai di lokasi tersebut, anda akan disuguhi berbagai pemandangan yang indah. Yaitu pemandangan hutan dengan banyaknya pepohonan yang rimbun dan indah. Atau ada juga pemandangan gunung dan bukit, persawahan penduduk, dan pertanian kebun strawberry. Untuk menuju kesana secara rombongan bisa menyewa kendaraan elf di Lombok sebagai kendaraan wisata.

Aktivitas Menarik Di Hutan Pusuk

Dengan suasana sejuk karena banyaknya pepohonan ditambah lagi pemandangan alamnya yang sangat menarik hati, apa saja yang bisa anda lakukan di Hutan Pusuk tersebut? tentu ada banyak hal. Diantaranya sebagai berikut :

Hutan Monyet Pusuk
Memberi makan monyet di Hutan Monyet Pusuk. Sumber IG @nanda7prakoso

Berselfie di beberapa tempat menarik.

Mengambil foto adalah hal yang wajib dilakukan setiap kali anda datang ke suatu tempat wisata yang indah. Dengan pemandangannya yang indah, anda bisa melakukan selfie di spot terbaik yaitu di tempat ketinggian yang dilengkapi dengan udaha nan sejuk. Anda bisa juga brfoto sambil memberi makan monyet. Atau sekedar mengabadikan tingkah polah monyet yang kadang membuat kita tersenyum-senyum.

Berjalan-jalan di sekitar hutan

Rugi sekali rasanya jika anda hanya duduk-duduk saja di mobil, sebaiknya anda mencoba berjalan-jalan di sekitar hutan. Apalagi akan banyak manfaatnya. Seperti misalnya tubuh menjadi lebih sehat, dan anda mendapat oksigen yang bersih dan sehat. Sambil berjalan-jalan, anda bisa memberi makan monyet-monyet yang berkeliaran di sana.

Singgah di beberapa warung yang ada di sana

Setelah lelah berjalan-jalan di sekitar hutan, anda bisa singgah di warung-warung yang ada di sana. Anda bisa menikmati Tuak Manis khas Lombok yang enak dan sangat menyegarkan. Serta menikmati berbagai makanan ringan, sambil melihat tingkau lucu para monyet. Monyet-monyet yang ada di sana, tidak akan mengganggu para pedang atau para wisatawan yang berkunjung.

Menikmati pemandangan alam hutan yang memukau

Anda akan dimanjakan oleh keindahan Gunung Rinjani yang terlihat dari kejauhan. Dengan perbukitan yang hijau, pepohonan yang rindang, dan kabut yang tipis menyelimuti pemandangan alam tersebut. bila langit sedang cerah, anda bisa mengambil foto dengan hasil yang sempurna.

Hutan Monyet Pusuk
Suasana hijau hutan pusuk. Sumber @adegwbgt

Demikian review salah satu tempat wisata di Lombok yang sayang untuk dilewatkan yaitu Hutan Pusuk. Jika anda berkenan untuk berwisata kesana bisa menyewa avanza di lombok jika hanya beberapa orang.

1 thought on “Menikmati Kesejukan Udara di Hutan Pusuk”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.