Stik Rumput Laut, sumber ig ronnylokajaya

4 Jajanan Rumput Laut Khas Lombok Yang Nikmat

Mencicipi atau membawa pulang jajanan kuliner khas Lombok menjadi rutinitas wajib yang harus dilakukan oleh Wisatawan setiap berkunjung ke Pulau Lombok. Jajanan khas Lombok banyak tersedia di beberapa titik di Pulau Lombok terutama di Kota Mataram Ibu Kota Nusa Tenggara Barat. Jajanan yang sayang terlewatkan oleh Wisatawan untuk dicicipi dan dibawa pulang adalah jajanan yang berbahan dasar rumput laut.

Mungkin banyak jajanan atau olahan dari berbagai daerah di Indonesia tetapi tidak terlalu banyak yang berbahan dasar rumput laut. Dari tekstur dan rasa tentu memiliki keunikan yang berbeda jika jajanan atau olahan dari rumput laut dibandingkan dengan berbahan dasar tepung terigu, tepung ketan, tepung tapioka, dan tepung beras. Perbedaan ini lah yang membuat setiap Wisatawan yang mencicipi jajanan berbahan dasar rumput laut banyak membeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di kampung.

Informasi Seputar Rumput Laut

Disisi lain juga, tidak semua daerah pariwisata menyediakan jajanan khas daerah yang berbahan dasar rumput laut. Jadi cukup disayangkan jika melewatkan membeli jajanan berbahan dasar rumput laut ketika wisata di Pulau Lombok. Selain rasa dan tekstur yang unik, rumput laut termasuk rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, yodium, kalium, sodium, kalsium, folat, zat besi, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi.

Keripik Rumput Laut, sumber bukalapak.com
Keripik Rumput Laut, sumber bukalapak.com

Rumput laut juga mengandung vitamin A, C, E, K, fosfor, dan kolin meski dalam jumlah sedikit. Selain itu, rumput laut juga kaya akan antioksidan yang membuat rumput laut memiliki beragam manfaat kesehatan. Manfaat rumput laut yang bisa diperoleh ketika mengkonsumsinya:

  1. Meningkatkan Fungsi Tiroid.
  2. Meningkatkan Kesehatan Jantung.
  3. Menstabilkan Gula Darah.
  4. Membantu Menurunkan Berat Badan.
  5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh.
  6. Meningkatkan Kesehatan Usus.
  7. Menurunkan Risiko Kanker Tertentu

Berikut olahan rumput laut khas Lombok.

1. Keripik Rumput Laut

Mendengar kata keripik pasti identik dengan jajanan yang berbahan dasar tepung dengan tekstur yang kriuk saat digigit. Begitupun juga dengan keripik rumput laut, tetapi bedanya keripik yang satu ini terbuat dari rumput laut yang dikeringkan kemudian digoreng. Ditambah variasi rasa seperti rasa jagung manis, keju, original, barbeque, dan masih banyak lagi. Membuat rasa rumput lautnya semakin gurih dan enak sehingga wajar jika banyak wisatawan yang mencari keripik laut sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah.

Harga keripik rumput laut tidak terlalu mahal mulai Rp 30.000 per bungkus dengan berbagai varian rasa. Kekhasan rumput laut masih terasa, sekali makan pasti akan ketagihan terus menerus. Ada dua jenis keripik rumput laut yang dibuat yakni keripik rumput laut dari rumput laut yang langsung digoreng dan keripik rumput laut yang terbuat dari tepung rumput laut kemudian diolah menjadi keripik.

Dodol Rumput Laut, sumber tokomesin.com
Dodol Rumput Laut, sumber tokomesin.com

2. Dodol Rumput Laut

Dodol banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia seperti Garut, Betawi, Cirebon, dan beberapa kota lain di Indonesia. Bahan dalam membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Dodol khas Lombok berbahan dasar tepung rumput laut. Selain itu, memiliki tekstur yang kenyal, unik, manis, dan enak. Dodol rumput laut memiliki banyak varian rasa yakni rasa buah dan sayur, dengan berbagai warna sesuai dengan rasa dari dodol tersebut. Warna merah rasa strawberry, warna hijau rasa kacang hijau, warna kuning rasa nanas, dan masih banyak lagi rasa yang lain.

Sesuai dengan namanya, dodol rumput laut terbuat dari bahan dasar tepung rumput laut yang dicampur dengan sayuran dan buah yang segar sehingga mengandung rasa yang berbeda sesuai dengan rasa buah atau sayur yang digunakan. Rasa manisnya lebih alami, tidak mengandung gula terlalu banyak, bagi penderita diabetes aman untuk mengkonsumsinya. Dibungkus dengan toples mika, keranjang bambu, atau kotak kertas. Harganya cukup terjangkau mulai Rp 10.000 s/d Rp 15.000 per bungkus.

3. Manisan Rumput Laut Lombok

Manisan Rumput Laut, sumber cookpad.com
Manisan Rumput Laut, sumber cookpad.com

Biasanya manisan yang dijual di berbagai jalan adalah manisan dari buah mangga, jambu, nanas, salak, pepaya, stroberi, jeruk, kiwi, nangka, kedondong, dan lain-lain yang berasal dari tumbuhan darat. Soal rasa mungkin tidak usah ditanyakan lagi, tentu memiliki rasa yang berbeda dan sesuai lidah yang mencicipinya. Lantas bagaimana dengan manisan yang berasal dari tumbuhan laut, mengenai rasa dan tekstur seperti apa? Di Lombok terdapat manisan berbahan dasar rumput laut.

Manisan rumput laut memiliki warna kuning, merah, hijau, dan lain sebagainya tergantung rasa dari masing-masing manisan. Lebih enak dimakan saat dingin sehingga manisan yang satu ini lebih cocok disimpan di dalam tempat pendingin. Harga manisan rumput laut tidak terlalu mahal, bervasia mulai dari Rp. 27.000.

4. Stik Rumput Laut

Selain diolah menjadi keripik, rumput laut juga diolah menjadi stik. Stik rumput laut memiliki rasa yang berbeda dengan stik pada umumnya, dengan bahan dasar rumput laut sehingga memiliki rasa yang gurih dan enak saat dicicipi lidah. Jajanan yang satu ini terbuat dari rumput laut yang terlebih dahulu diolah menjadi tepung. Kemudian tepung rumput laut dicampur dengan telur dan dibuat bentuk seperti stik, lalu di goreng.

Stik Rumput Laut, sumber ig ronnylokajaya
Stik Rumput Laut, sumber ig ronnylokajaya

Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 15.000 per bungkus. Jajanan yang satu ini bisa dimakan langsung dan lebih enaknya lagi dijadikan sebagai lauk untuk makanan lain. sangat cocok dimakan dengan nasi putih, nasi kuning, nasi uduk, apalagi nasi goreng, rasanya sudah tidak ada duanya. 

Itulah bebagai macam jajanan khas Lombok yang berbahan dasar rumput laut. Bukan hanya nikmat tetapi juga kaya akan manfaat. Simak ulasan menarik seputar Lombok lainnya di halaman rental mobil Lombok.

Leave a Comment

WhatsApp chat