Keindahan Gili Kedis, Pulau Kecil Yang Romantis

Lombok adalah pulau yang memiliki beragam destinasi wisatanya. Selain pemandangan indah di dalam pulaunya, ternyata pemandangan indah juga bisa di temui di perairan sekitar Lombok. Salah satunya adalah di Gili Kedis. Keindahan Gili Kedis sudah tidak diragukan lagi.

Nama Kedis berasal dari Bahasa Sasak yang berarti burung kecil atau burung pipit. Mungkin karena wilayahnya yang mungil seperti burung pipit maka gili ini diberi nama Gili Kedis. Sebagian orang menamai pulau ini dengan Romantic Island. Karena memang pemandangan di lokasi ini sangat mempesona dan romantis.

Pemandangan Gili Kedis

Keindahan Gili Kedis
Suasana Gili Kedis. Sumber firslomboktour.com

Pemandangan di Gili Kedis sungguh menakjubkan. Meskipun area wisata ini memiliki luas wilayah yang kecil namun pulau surga yang dikelilingi oleh pantai berpasir putih bersih akan terlihat berkilauan ketika memantulkan sinar matahari di siang hari. Di bagian tengah pulau ini terdapat beberapa pohon dengan ukuran sedang yang tumbuh dengan alami.

Karena lokasi destinasi wisata ini berada di tengah laut, anda bisa melihat pemandangan hamparan luas lautan. Selain itu mengelilingi pulau ini hanya memerlukan waktu lima menit saja dengan berjalan kaki. Selain pemandangan daratan dan pantai yang elok dan indah. Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan menggunakan perlatan snorkeling. Peralatan snorkeling bisa anda dapatkan di penyedia paket snorkeling 3 gili di Lombok.

Perjalanan Melihat Keindahan Gili Kedis

Ada tiga cara yang bisa ditempuh untuk melihat keindahan Gili Kedis. Anda bisa naik kapal melalui Pelabuhan Sekotong, Pelabuhan Tawun atau bisa melewati Pelabuhan Lembar yang merupakan pelabuhan utama transportasi menuju Lombok. Anda bisa memilih salah satu pelabuhan. Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam untuk menempuh jarak sekitar 40 km jika dari Pelabuhan Lembar atau Tawun. Nikmatilah perjalanan laut dengan aktivitas yang menyenangkan.

Jika melewati pelabuhan lokal Sekotong dari kota Mataram harus menempuh perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 41 km menuju pelabuhan lokal Sekotong. Perjalanan bisa menggunakan mobil yang disewa di penyedia jasa sewa mobil Lombok. Waktu yang dibutuhkan sekitar 50 – 60 menit menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan sepanjang perjalanan terhitung aman dan cukup bagus. Walaupun memang tidak sebagus jalan-jalan besar seperti di Kota Mataram sehingga tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan.

Setelah sampai di pelabuhan lokal di Sekotong, perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan laut. Anda bisa menggunakan transportasi perahu motor milik nelayan sekitar yang disediakan khusus. Perjalanan laut menuju lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit

Biasanya sebelum tiba di Gili Kedis, wisatawan akan diajak untuk berkunjung ke Gili Sudak. Gili Sudak terkenal karena memiliki berbagai jenis terumbu karang. Karena airnya yang cukup jernih pemandangan ini bisa terlihat jelas hingga jarak 15 meter. Dari Gili Sudak, perjalanan menuju Gili Kedis hanya sekitar 10 menit.

Aktivitas di Gili Kedis

1. Berkemah

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi di gili Kedis memungkinkan untuk berkemah. Tetapi yang harus disiaokan haruslah lengkap mulai dari perlengkapan tidur, tenda yang sesuai standar dan juga makanan dan minuman. Anda bisa bermalam di Gili Kedis dengan suasana yang sunyi karena berada di tengah laut.

Meskipun berada di tengah laut tetapi ada pulau terdekat yang melindungi Gili Kedis dari ombak lautan luas. Karena itulah di Gili kedis perairannya tidak terlalu membahayakan sehingga untuk bermalam menggunakan tenda di Gili Kedis cdipastikan aman.

2. Bermain Pasir

Hamparan pasir putih yang bersih di tengah operairan yang tenang merupakan kondisi sempurna untuk bersantai. Anda bisa menikmati hamparan pasir putih yang halus dengan sekedar duduk duduk saja. Atau bisa dengan bermain pasir yang terbebas dari segala sampah. Meskipun jika disiang hari terasa terik tetapi pasir putih tersebut akan terlihatindah dan berkilauan.

3. Berenang

Setelah puas bermain di darat, maka sisakan waktu untuk menikmati [ermukaan air dan juga panorama di dalam air. Berenang di perairan Gili Air sangat mengasyikkan. Selain periarannya yang bersih, ombaknya yang tenang, air laut di sekitar Gili Kedis juga jernih. Puaskanlah dalam berenang sebelum hari menjadi gelap.

4. Snorkeling

Pemandangan bawah air di Gili Kedis jiga luar biasa. Dengan beragam terumbu karang dan juga ornamen bawah laut, anda bisa menemui beragam satwa ikan laut dalam berbagai jenis. Tidak ada satwa laut yang berbahaya di perairan Gili Kedis asalkan anda melakukan snorkeling tidak terlampau jauh.

Keindahan Gili Kedis
Gili Kedis yang mungil namun indah. Sumber pesona.travel

Fasilitas

Karena Gili Kedis memiliki ukuran yang terlampau kecil maka tidak bisa dibangun beragam fasilitas disana. Fasilitas terdekat berada di Gili Nanggu dan Gili Sudak. Sebaiknya jika mengunjungi Gili Kedis sekalian mengunjungi Gili lainnya. Karena di gili lain yang telah ada penginapan berupa resort dan cottage. Di Gili Nanggu juga telah ada fasilitas umum lainnya seperti lahan perkemahan, tempat ibadah, cafe, rumah makan,dan toilet.

Itulah ulasan mengenai keindahan Gili Kedis di Lombok yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bisa menjadi rujukan bagi anda yang akan mengunjungi destinasi wisata Gili Kedis. Jangan lupa membaca artikel kami lainya tentang jajanan rumput laut khas Lombok. Terima kasih.

Leave a Comment

Konsultasi Dulu whatsapp