Ilustrasi konsultan digital marketing, unsplash @campaign_creators

5 Tips Marketing Online Berbayar Untuk Wisata Lombok

Marketing adalah salah satu pilar bisnis yang tidak bisa kita tinggalkan. Saat owner bisnis memulai usaha, dia menjai sales, marketing, operator, finance sekaligus. Namun saat bisnis berkembang, tugas marketing bisa dialihkan ke team.

Saat ini berkembang digital marketing, dimana teknik marketing sudah berbasis online tidak lagi hanya offline seperti dahulu. Marketing online pun ada yang mengandalkan trafik berbayar maupun trafik organik. Pada kesempatan kali ini kami akan share beberapa tips marketing online untuk usaha travel wisata di Lombok.

Perhatikan Behaviour Target Market

Marketing online juga mengedepankan behaviour atau tingkah laku dari target market. Semisal Anda ingin iklan untuk target market ibu-ibu muda beranak satu, riset berdasarkan data kapan waktu dimana mereka bisa membuka channel dimana Anda iklan. Tidak mungkin kan Anda iklan saat pagi hari dimana para ibu-ibu muda sedang mengurus bayinya.

Pemandangan wisata pegunungan di Lombok, unsplash @atilla
Pemandangan wisata pegunungan di Lombok, unsplash @atilla

Pilih Channel Yang Cocok

Bisa jadi target market Anda berkumpul di salah satu channel utama. Cobalah untuk kalibrasi, semisal Anda mentarget kaum milenial, apakah tik tok merupakan tempat berkumpul mereka, jika iya bisa dilakukan test iklan di tik tok. Setiap target market memiliki tempat berkumpul sendiri yang beda jenis usaha bisa jadi beda.

Miliki Website Yang Kredibel

Ingat ya, bukan sekedar website namun website yang kredibel. Kredibilitas website bisa kita tingkatkan dengan memasukkan beberapa elemen, semisal adanya foto tim, testimoni, hingga alamat yang lengkap serta no rekening perusahaan.

Jika saat ini Anda belum memiliki website yang bagus. Tak ada salahnya mulai mencari jasa web desain yang bisa Anda percaya. Lakukan konsultasi dulu tentang konsep website yang Anda inginkan dengan jelas di awal baru mulai melakukan pembuatan website.

Website travel wisata karya Seo Anak Sholeh
Website travel wisata karya Seo Anak Sholeh

Meskipun channel utama Anda berasal dari sosial media seperti iklan instagram, dengan memiliki website yang bagus tetap akan menunjang proses marketing online berbayar yang Anda lakukan. Karena ada banyak orang yang masih menilai kevalidan sebuah usaha dari punya tidaknya website.

Cari Pareto Channel

Hukum pareto bisa jadi berjalan juga pada usaha travel wisata Lombok. Jika Anda saat ini sedang iklan di facebook, instagram, dan google ads secara bersamaan. Pastikan Anda tahu mana yang paling berdampak, mana yang biayanya paling murah dan seterusnya. Data tersebut bisa kita gunakan acuan saat akan melakukan scale up dan juga memutuskan titik mana yang akan kita kuatkan.

Gunakan Konsultan Digital Marketing

Meskipun Anda sendiri ahli dibidang digital marketing, jika kita bicara soal pengembangan bisnis maka saran kami adalah mencari digital marketer handal untuk menggarap usaha travel wisata Lombok Anda. Mengapa? agar Anda bisa fokus ke pengembangan bisnis yang lebih besar. Tidak disibukkan dengan aktivitas teknis.

Ilustrasi konsultan digital marketing, unsplash @campaign_creators
Ilustrasi konsultan digital marketing, unsplash @campaign_creators

Jika Anda orang yang buta dengan digital marketing. Cari dengan seksama orang yang bisa dipercaya untuk melakukan proses marketing online berbayar usaha Anda. Tidak semua konsultan digital marketing paham apa yang mereka lakukan. Coba tanyak kolega dari niche bisnis berbeda orang yang bisa di hire untuk usaha Anda.

Semoga 5 tips marketing online berbayar untuk usaha wisata Lombok diatas bisa bermanfaat ya. Kami sampaikan agar dunia wisata Lombok semakin maju. Kami percaya setiap orang membawa rizki masing-masing. Semoga bermanfaat, jangan lupa berbagi dengan sesama. šŸ™‚

Leave a Comment

Konsultasi Dulu whatsapp