Masjid Bayan Beleq, Masjid Tertua di Lombok

Masjid Bayan Beleq, Masjid Tertua di Lombok

Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq. Source: ganaislamika.com

Lagi dan lagi lombok mempunyai sesuatu yang menjadi nilai wisata tersendiri. Sudah banyak sekali objek wisata lombok yang sudah dibahas pada website ini. Mulai dari Gunung Lombok hingga Pantai Lombok. Masing-masing mempunyai sebuah keunikan sendiri-sendiri yang mungkin bisa membuat jiwa traveling anda untuk menjelajahinya sendiri.

Berkunjung ke sebuah tempat wisata, tentu bukan hanya tempat-tempat yang senang-senang saja. Anda juga bisa berwisata yang membuat anda bisa mengembangkan nilai religius agar mendapatkan sebuah pengalaman lain. Lombok terkenal akan pulau seribu masjid, tentu anda pasti penasaran mengapa Lombok terkenal dengan masjidnya bukan dengan objek wisatanya.

Maka dari itu mari kita ulas salah satu masjid yang berada di Lombok. Masjid Bayan Beleq yang berada di Pulau Lombok adalah salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi. Tentunya hal ini akan memberikan sensasi tersendiri untuk anda dalam melakukan ibadah.

Tentang Masjid Bayan Beleq

Masjid yang konon katanya Masjid tertua di Lombok ini merupakan peninggalan bersejarah yang penting dan bisa digunakan sebagai bukti perkembangan ajaran agama Islam. Terutama bagaimana secara luas perkembangan ajaran agama Islam berkembang dengan baik di Pulau Lombok.

Bentuk dari bangunan masjid juga memiliki ukuran dan gaya arsitektur yang mirip dengan masjid lainnya di Pulau Lombok. Bentuk dari masjid ini adalah persegi dan bagian dindingnya terbuat dari bahan bambu dengan tinggi sekitar 1,25 Meter.

Adapun bentuk atap dari bangunan ini seperti limas yang terbuat dari anyaman berbahan daun kelapa. Di sisi depan pintu masjid, ada gentong yang diletakkan pada bagian bawah pohon Semboja. Dimana orang biasa menggunakan gentong tersebut untuk kebutuhan berwudhu.

Menariknya lagi, pada bagian atap dari masjid ini, ada hiasan yang nampak seperti mahkota. Bentuk atap ini merupakan akibat dari pengaruh Hindu Jawa. Tepatnya sebelum Islam masuk ke kawasan Lombok. Masjid Beleq ini memiliki bentuk yang agak pendek.

Bedug di Masjid Bayan Beleq
Bedug di Masjid Bayan Beleq. Source: indonesia.tripcanvas.co

Lokasi dan Rute Masjid Bayan Beleq

Masjid ini berlokasi di kawasan Desa Bayan. Desa ini terletak di kawasan Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari pusat kota, masjid ini terletak cukup jauh.

Jika anda ingin mengunjungi masjid ini, maka untuk mencapai tempat tersebut anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa mobil. Jalur yang ditempuh nantinya Mataram – Semanggi – Pemenang – Tanjung – Gangga – Anyar – Bayan. Perjalanan ini nantinya akan ditempuh dari Mataram sekitar 2 jam.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan menuju masjid ini juga bisa dilakukan dengan pesawat terbang jika Anda kebetulan berasal dari Jakarta, Bali, Surabaya dan kota-kota besar yang lain. Bandara yang harus dituju adalah bandara Mataram. Baru dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan yang lain. Dari kota Mataram, jaraknya sekitar 80 kilometer.
Selama berada di perjalanan ke masjid ini, ada beragam jenis wisata yang bisa disinggahi. Di antaranya adalah Malimbu Hill, Pantai Krandangan, Pantai Senggigi, Pantai Sejuk, Pantai Nipah dan masih banyak yang wisata yang lain di sekitarnya. Perjalanan menuju ke lokasi masjid bersejarah ini akan semakin mudah jika menggunakan jasa paket wisata.

Sholat di Masjid Bayan Beleq
Sholat di Masjid Bayan Beleq. Source: beautifulmosque.com

Daya Tarik Masjid Bayan Balek

Masjid Bayan Beleq terbilang lain dari pada yang lain. Salah satu faktornya adalah karena masjid ini memiliki sisi unik dan menarik tersendiri. Berikut ini adalah beberapa daya tarik dari masjid ini yang akan membuat Anda terpesona saat berkunjung ke masjid ini.

1. Simbol Kebanggaan Islam

Daya tarik dari masjid Bayan Beleq yang pertama adalah ia menjadi sebuah simbol kebanggaan Islam. Menjadi saksi sejarah yang masih ada hingga saat ini tentang bagaimana Islam masuk ke Lombok. Selain itu, masjid ini juga mencerminkan adanya suatu integritas suatu peradaban masyarakat sekitar. Dimana peradaban tersebut berdasar kepada kosmos, spiritual dan juga kesadaran dari adat.

2. Merupakan Situs Sejarah yang Unik

Selain menjadi simbol dari kebanggaan agama Islam, masjid ini juga menjadi sebuah situs sejarah tersendiri. Menariknya, bangunannya sangat unik dan indah. Aspek sejarahnya sangat kental karena kebetulan bangunan masjid ini telah tercatat sejak abad ke 17. Sehingga, perkiraan usianya adalah 300 tahun.

3. Bentuk Arsitektur yang Indah

Adapun daya tarik berikutnya dari masjid ini adalah memiliki bentuk arsitektur yang sangat indah. Di antaranya dari segi bentuk masjid yang berbeda atau lain dari pada yang lain. Selain itu, adanya mahkota pada bagian puncak masjidnya.

4. Dapat Digunakan sebagai Agenda KeIslaman

Tidak hanya itu, nuansa rohani dari masjid ini juga sangat terlihat. Hal ini disebabkan karena masyarakat menjadikan tempat ini sebagai ritual atau perayaan keagamaan tertentu. Masjidnya juga selalu dirawat dengan baik dari tahun ke tahun sehingga tetap ada.

Masjid Bayan Beleq merupakan salah satu bukti sejarah Islam yang masih ada hingga saat ini. Masjid ini menggambarkan betapa Islam di kawasan Lombok memiliki sejarah yang cukup panjang. Sehingga, keberadaannya sangat layak untuk dilestarikan dan dijaga agar sejarahnya tidak hilang.

Demikian ulasan terkait Masjid Bayan Beleq yang menjadi jejak sejarah di Lombok. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi Anda. Simak artikel wisata Lombok lainnya terkait Pantai Senggigi di halaman kami. Terimakasih!

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp