Masjid Kuno Bilok Petung

Masjid Kuno Bilok Petung

Berkeliling di Pulau Lombok adalah hal yang menyenangkan tentunya, apalagi kalau bisa menjelajah seluruh wilayah yang ada. Jika anda sedang berada di Desa Bayan yang berada di Pulau Lombok, maka anda jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Kuno Bilok Petung yang masih ada hingga saat ini. Tempat itu merupakan saksi sejarah dimana agama Islam masuk dan berkembang di Pulau Lombok.

Keberadaan masjid ini, terdapat disebuah bukit yang dikelilingi dengan cungkup makam oleh penyebar agama Islam tersebut sekitar ratusan tahun yang lalu. Karena keberadaan masjid ini sudah cukup lama, sehingga membuat bangunan ini menjadi simbol pariwisata yang cukup terkenal. Jadi jangan sampai anda tidak mengunjungi tempat ini apalagi untuk wisata religi.

Tentang Masjid Kuno Bilok Petung

Masjid Kuno Bilok Petung
Masjid Bayan, masjid tertua kedua. Sumber IG @hhengkii

Masjid Kuno Bilok Petung merupakan sebuah masjid paling tua yang terdapat di kawasan Lombok, khususnya di kecamatan Sambalun. Bahkan, sejarah telah menunjukkan bahwa masjid ini lebuh dulu dibangun dibandingkan dengan masjid kuno Bayan yang juga populer. Masjid tua ini berlokasi di kawasan Dusun Adat Bilok Petung, Kecamatan Sambalun, Nusa Tenggara Barat. 

Masjid ini dibangun pada sekitar abad ke XV Masehi. Proses pembangunannya diiringi dengan sejarah yang cukup panjang berkaitan dengan interaksi yang terjadi pada masyarakat setempat. Bahkan, hingga saat ini tetap ada yang berkunjung atau berziarah ke masjid ini. Di antaranya adalah para peneliti dan wisatawan yang penasaran dengan peninggalan sejarah satu ini. 

Lokasi dan Rute ke Masjid Kuno Bilok Petung

Jalan menuju ke masjid ini juga terbilang mudah, ini dikarenakan jalan yang ada sudah beraspal dan mudah untuk ditelusuri. Untuk sampai dari kota Mataram, jarak yang perlu ditempuh sekitar 80 km dengan menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan jika dimulai dari kota Mataram hingga menuju tepat di Masjid tersebut berada yaitu Desa Bilok Petung.

Rutenya adalah Mataram – Kota Tua Ampenan – Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gangga –  Anyar – Bayan. Walau cukup lama dan banyak yang perlu dilewati, diperjalanan anda akan mendapati beberapa objek wisata yang bisa menghibur anda tentunya. Oleh karena itu disarankan menggunakan mobil pribadi atau menyewa di jasa sewa mobil Lombok untuk menuju ke Bilok Petung dari Kota Mataram.

Daya Tarik Masjid Kuno Bilok Petung

Masjid Kuno Bilok Petung menawarkan sisi menarik tersendiri bagi para wisatawan yang ada. Sehingga, tidak heran jika masjid kuno ini banyak dikenal dan diingat masyarakat. Berikut adalah beberapa daya tarik masjid ini yang wajib diketahui. 

1. Menjadi Bukti Masuknya Islam Pertama di Lombok

Daya tarik Masjid Bilok Petung yang pertama adalah ia menjadi bukti masuknya Islam pertama kali di Lombok. Hal ini disebabkan karena masjid kuno ini menjadi saksi sejarah bahwa Islam pada masa tersebut masuk ke Lombok.  

2. Dijadikan sebagai Tempat Pelaksanaan Ritual Keagamaan

Selain merupakan sebuah bukti bahwa Islam masuk ke Lombok, masjid kuno ini juga kerap dijadikan sebagai tempat pelaksanaan aneka ritual. Misalnya untuk ritual lebaran adat yang meliputi lebaran pendek dan tinggi, selamet dan lain sebagainya.

3. Memiliki Bentuk Arsitektur yang Kuno dan Bersejarah 

Di samping itu, daya tarik lain dari masjid kuno ini adalah bentuk arsitekturnya yang terkesan kuno. Sehingga, nuansa sejarahnya menjadi sangat kental dan menarik. 

4. Terus Dipelihara dan Dilestarikan Hingga Hari Ini 

Daya tarik berikutnya adalah masjid tua satu ini tetap saja dipelihara dan dilestarikan sampai hari ini. Bahkan, masyarakat adat setempat senantiasa melakukan renovasi dan perbaikan agar tetap terjaga dan bangunannya tidak rusak. Masjid Kuno Bilok Petung menjadi salah satu saksi sejarah kekayaan khazanah Islam di masa lalu. Dengan demikian, Anda harus mulai ikut melestarikannya.

Masjid Kuno Bilok Petung
Masjid pertama kali dibangun. Sumber kampung-media.com

Itulah ulasan mengenai masjid bilok Petung di kaki gunung Rinjani yang merupakan masjid bersejarah bagi kaum muslim disana. Jangan lupa menyimak artikel kami lainnya tentang wisata Tetebatu di website PagiTrans ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat WhatsApp whatsapp