Mitos – Mitos seputar Lombok

By | May 1, 2017

Tempat wisata memang tidak selalu menyajikan pemandangan yang eksotis nan romantis. Terkadang, dibalik keindahannya tersimpan juga cerita-cerita mistis dibelakangnya. Lombok menjadi salah satu tempat yang memiliki lokasi wisata yang mengagumkan. Namun, ada beberapa tempat lokasi di Lombok yang diyakini memiliki kisah mitos. Berikut catatannya.

Mitos - Mitos seputar Lombok

Berikut Adalah Mitos – Mitos seputar Lombok

Air Terjun Mayung Putek

Air terjun ini istimewa karena kandungan belerangnya. Lokasinya di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Nama Mayung Putek, dalam bahasa Sasak berarti ‘rusa putih’. Ini dikarenakan ada mitos bahwa di waktu-waktu tertentu terdapat rusa putih yang minum bahkan mandi di air terjun ini. Belerang air terjun ini berasal dari Rinjani. Ini pula kenapa air terjunnya berwarna putih. Kandungan belerang juga diyakini bisa memyembuhkan beragam penyakit kulit.

Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun ini berlokasi di Desa Senaru, Kec. Bayan, Lombok Utara. Air terjun ini bertingkat-tingkat. Airnya deras tapi kolam yang berada di bawah tidak dalam. Dasar kolam juga lembut. Ini yang menarik wisatawan. Menurut bahasa Sasak, ‘kelep’ artinya ‘terbang’. Itu lantaran air atau buih dari air terjun yang beterbangan. Mitos tentang air terjun ini adalah airnya yang dipercaya bisa membuat awet muda.

Makam Selaparang

Makam ini berad di kecamatan Swela, Lombok Timur. Yakni sekitar 65 km dari Mataram. Tiket masuk makam sebesar Rp 5 ribu untuk tiap orang. Ada beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar seperti larangan memotret, pakai pakain sopan, lepas alas kaki dan bagi yang datang bulan dilarang masuk area makam. Peziarah masih sangat ramai hingga sekarang terutama musim menjelang haji atau waktu-waktu tertentu. Di lokasi makam juga ada air untuk cuci muka yang dipercaya bagi yang masih lajang agar segera diberi pasangan hidup.

Makam Loang Baloq

Ada beberapa makam di area pemakaman ini. Namun, yang jadi tujuan utama adalah makam dari Maulana Syech Gaus Abdurrazak dan makam Anak Yatim termasuk makam Datuk Laut. Sekitar 18 abad yang lalu, Syech Gaus Abdurrazak yang berasal dari Baghdad Irak berdakwah menyebarkan Islam di tanah Palembang kemudian ke Lombok. Peziarah juga melakukan beberapa ritual seperti potong rambut anak balita yang disebut ngurisang. Peziarah juga berdoa di makam ini untuk berbagai permintaan. Bagi mereka yang melakukan nazar tertentu, mereka akan mengikat sesuatu di salah satu akar ranting pohon beringin. Ketika nazar terkabul, mereka akan kembali ke makam, melepas ikatan dan membayar nazar. Ini disebut Saur Sesangi.

 Air Terjun Jeruk Manis

Air terjun ini disebut juga air terjun Jukut. Pemandangannya indah, airnya jernih dan segar. Air terjun ini tepat berada dibawah kaki Rinjani, dekat dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Berdasarkan mitos, air terjun ini bisa menyembuhkan beragam penyakit terutama untuk menyuburjan rambut. Sedangkan untuk pengobatan penyakit tertentu, ada ritual tradisional yang dilakukan oleh Pemangku.

Taman Narmada

Taman ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok Anak Agung Ngurah Karangasem poada tahun 1805. Taman ini dibangung untuk perayaan upacara Pakelem yang selalu diadakan pada setiap bulan purnama kelima menurut tahun Caka. Taman ini juga sebagai tempat istirahat para raja di musim kemarau. Taman ini memiliki air yang juga dipercaya bisa membuat awet muda. Wajar jika wisatawan mandi, berendam atau sekedar cuci muka di air taman ini.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah destinasi utama di Lombok. Semua wisatawan termasuk wisatawan asing juga tahu keindahan Rinjani. Pendakian yang menantang, serta pemandangan dari puncak Rinjani juga kawah atau danau Rinjani juga merupakan destinasi utama. Menurut kepercayaan orang Hindu, puncak Rinjani merupakan tempat dimana para dewa bersemayam. Memang, pemandangan dari atas Rinjani bisa dikatakan segalanya tentang Lombok. Keindahan ini yang menarik semua wisatawan. Bahkan, ada pemandangan sunrise dan sunset dari puncak Rinjani juga merupakan salah satu atraksi yang dinantikan.

Mitos - Mitos seputar Lombok

Bagaimana, apakah Anda akan mendatangi salah satu tempat wisata favorite ini hanya untuk bersenang-senang atau percaya juga dengan mitos-mitosnya? Terlepas dari mitos, tempat-tempat ini memang indah untuk dikunjungi ketika Anda berada di Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *