Nomor Telepon Penting di Lombok

Nomor Telepon Penting di Lombok

Bagi Anda yang menyukai dunia travelling, khususnya dengan tujuan Lombok harus mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi. Seperti halnya longsor di air terjun Tiu kelep beberapa tahun lalu. Karena itu, ada baiknya Anda mencatat beberapa nomor telepon penting di Lombok, dimana dengan nomor tersebut Anda bisa meminta bantuan saat membutuhkan.

Ada banyak nomor telepon penting di Lombok yang bisa Anda hubungi, tergantung pada kebutuhan dan situasi dan tempat. Sehingga Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu dengan layanan yang maksimal serta oleh orang yang profesional.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir meski berkunjung ke tempat wisata di Lombok selama beberapa hari dengan menginap di hotel maupun tidak, sebab keamanan dan antisipasi segala kemungkinan sudah tersedia dengan maksimal di sana.

Nomor telepon penting di Lombok
Mendaki gunung merupakan kegiatan wisata beresiko. {enye;amat harus siaga. Sumber Unsplash

Daftar Nomor Telepon Penting di Lombok

Sebenarnya Anda tidak harus hafal semua nomor telepon yang penting saat berada di Lombok. Anda hanya perlu mengetahui siapa dan pihak mana saja yang sekiranya bisa membantu Anda saat berada di Lombok, terlebih jika terjadi sesuatu yang mendadak.

Ada beberapa pihak yang bisa Anda hubungi ketika dalam situasi dan kondisi tertentu, diantaranya adalah:

1. Polisi

Merupakan lembaga yang sangat penting, sehingga masuk urutan pertama dalam daftar nomor telepon penting di Lombok dan bisa membantu banyak hal, seperti jika terjadi tindakan kriminal, kecelakaan, dan sebagainya. Tentunya Anda bisa menghubungi polisi daerah Nusa Tenggara Barat, dimana nomor telponnya dan alamatnya ada di bawah ini ;

  • Polda NTB, Jl. Langko No.77, Taman Sari, Kec. Ampenan, Kota Mataram. Nomor telepon 0370 64344.
  • Polres Mataram, Jl. Lengko No.17, Kota Mataram. Nomor telepon 0370 621124.
  • Polres Lombok Tengah, Jl. Basuki Rahmat, Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Nomor telepon 0370 654030.
  • Polres Lombok Barat, Jl. Yos Sudarso Lembar Lombok Barat. Nomor telepon 0370 681530.
  • Polres Lombol Timur, Jl. Sayid Saleh, Pancor, Selong, Kabupaten Lombok Timur. Nomor telepon 0370 21005.
  • Polres Tanjung Lombok Utara, Jl Raya Pamenang No 51, Kabupaten Lombok Utara. Nomor telepon 0370 21005.

2. Rumah sakit

Dalam kodisi darurat baik karena kecelakaan maupun sakit biasa, Anda bisa memanggil ambulans atau pihak rumah sakit. Di sana ada cukup banyak rumah sakit mulai dari yang cukup besar hingga yang besar seperti rumah sakit umum daerah. Adapun nomor darurat yang bisa dihubungi dalam hal ini adalah emergency ambulance 118.

Sedangkan untuk rumah sakit bisa menghubungi nomor rumah sakit yang ingin dituju atau rumah sakit terdekat dari posisi kedaruratan. Dibawah ini beberapa nomor rumah sakit.

  • Rumah Sakit Umum Daerah ada di Jl Pejanggik 6, Mataram merupakan rumahsakit milik negara yang terbesar di Pulau Lombok. Nomor telpon 0370 638464.
  • Rumah Sakit Harapan Keluarga Jl. Ahmad Yani, Selagalas. Merupakan rumah sakit swasta tercanggih di Lombok. Nomor telepon 0370 673666.
  • Rumah Sakit Centra Medika (Rumah Sakit Risa) Jl. Pejanggik 115 Cakranegara, Sebelah Mall Mataram. Nomor telepon 0370 625560.
  • Rumah Sakit Islam Siti Hajar Jl. Panca Warga, Mataram. Salah satu rumah sakit swasta milik yayasan Islam di Lombok. Nomor Telepon 0370 623498
Nomor telepon penting di Lombok
Panggilan darurat bisa dilakukan ketika terjadi kedaruratan. Sumber Unsplash

3. Layanan transportasi

Sebagai seorang traveller tentunya Anda membutuhkan layanan transportasi baik laut, darat, bahkan udara. Namun, yang paling penting dan sering dibutuhkan adalah transportasi umum darat seperti bus, taksi, rental mobil dan sebagainya.

Di sana ada banyak bus umum yang melayani beberapa rute, khususnya menuju tempat wisata seperti bus kota atau bus damri yang melayani perjalanan dalam kota dan rute bandara. Selain itu juga ada bus langsung indah yang melayani antar kota yang ada di Lombok. Namun, kendaraan yang sangat membantu untuk menuju ke lokasi wisata adalah taksi, dimana nomor yang bisa dihubungi dari blue bird adalah 0370 627000 dan express adalah 0370 635968.

4. Pelabuhan dan Bandara

Tidak ada salahnya Anda mengetahui dan mempunyai nomor telepon resmi dari pelabuhan maupun bandara, terlebih jika Anda datang dari luar daerah atau pulau. Manfaatnya adalah untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu masalah seperti terkait dengan adiministrasi dan semacamnya saat sedanh berkunjung. Adapun nomor yang bisa dihubungi untuk bandara internasional Lombok adalah 0370 6157000.

5. Dinas tertentu yaitu SAR dan Pemadam Kebakaran

SAR maupun Dinas Pemadam Kebakaran setempat tidak kalah penting dan berperan dalam upaya tertentu, khususnya jika dalam kondisi darurat seperti terjebak di hutan saat mendaki gunung Rinjani, terjadi kebakaran hutan saat berwisata atau mendaki gunung maupun bencana kecil lainnya. Adapun nomor telepon yang bisa dihubungi untuk SAR adalah 0370 533253 dan Dinas Damkar adalah 0370 6662113.

Nomor telepon penting di Lombok
Pemadam kebakaran dan SAR sangat dibutuhkan saat kedaruratan. Sumber Unsplash

Itulah beberapa nomor telepon penting di Lombok yang dapat kami infokan. Semoga dengan mengetahui nomor telepon penting di Lombok kegiatan wisata anda menjadi lebih nyaman. Dan pastikan transportasi wisata yang aman dan nyaman hanya di jasa sewa mobil Lombok yang terpercaya yaitu PagiTrans.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.