10 Obyek Wisata Lombok Hits, Tersembunyi dan Jarang Dikunjungi

Goa Bangkang di Lombok, sumber ig @baliqbal

Obyek wisata Lombok termasuk salah satu yang paling menawan diantara berjuta obyek wisata yang pernah ada di Indonesia. Sebagaimana Bali yang mungkin paling dikenali di dunia sebagai destinasi wisata bahari yang menakjubkan, sebenarnya obyek wisata Lombok tidak kalah menakjubkannya.

Selain menakjubkan, obyek wisata Lombok ini juga berjumlah banyak bahkan terlalu banyak untuk dipilih oleh wisatawan yang mungkin hanya punya waktu terbatas untuk berwisata di Lombok. Lantas, obyek wisata seperti apa yang paling layak dipilih apabila hanya memiliki waktu berwisata yang terbatas di Lombok?

Obyek Wisata Lombok yang Hits, Tersembunyi dan Jarang Dikunjungi

Jika Anda hanya memiliki waktu yang terbatas untuk mengunjungi berbagai obyek wisata Lombok, jangan sia-siakan waktu Anda. Jangan sampai salah pilih dan jadikan spot wisata yang Anda kunjungi dapat memuaskan dahaga traveling Anda. Nah, berikut ini obyek wisata Lombok yang direkomendasikan rental mobil Lombok lepas kunci.

1. Goa Gale Gale

Goa Bangkang di Lombok, sumber ig @baliqbal
Goa Bangkang di Lombok, sumber ig @baliqbal

Jika pantai sudah terlalu lumrah dan ramai dikunjungi oleh wisatawan, cobalah obyek wisata Lombok yang satu ini. Obyek wisata ini jarang dikunjungi karena berbeda dengan tema pantai. Namanya adalah Goa Gale Gale atau Goa Bangkang.

Apa yang menarik dari spot wisata ini? Goa ini berada di tengah pegunungan yang subur dan memiliki pemandangan indah. Sedangkan di dalam Goa wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan sarang kelelawar yang sangat jarang dilihat di tempat yang ramai.

Meskipun merupakan Goa tempat kelelawar bersarang dan memiliki aroma yang tidak ramah, namun menariknya adalah bagian Goa yang ditembus oleh cahaya matahari. Bagian ini terlihat epic dan sangat instagramable jika beruntung saat berswafoto.

2. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti. Source: pandratour.blogspot.com

Air terjun di Lombok ini memiliki keunikan bukan hanya sekedar dari pemandangannya yang mungkin tidak akan ditemukan ditempat lainnya. Keunikan ini dapat dilihat dari bagaimana masyarakat setempat menamakan tempat ini. Yaitu, obyek wisata Lombok Air Terjun Mangku Sakti.

Bagi masyarakat sekitar termasuk para wisatawan yang sudah pernah berkunjung, air terjun ini memiliki kesaktian tersendiri yang menjadi daya tariknya. Dengan pemandangannya yang indah, obyek wisata Lombok ini cukup sakti untuk menghipnotis wisatawan dengan seolah-oleh menjadikan mereka berada di surga.

Air di sekitar lokasi karena berada dari Gunung yang merupakan Gunung Rinjani memiliki warna biru tosca yang sulit ditemukan di tempat lainnya. Kandungan belerang pada air terjun yang mengendap pada lumpur di sekitar air dimanfaatkan oleh wisatawan karena dipercaya berkhasiat yaitu sebagai masker wajah. Selain itu tentu saja wisatawan dapat berenang dan menikmati udara sejuk dan bersih.

3. Tebing Pantai Semeti

Pantai Semeti Lombok, sumber ig kimi_mawardi
Pantai Semeti Lombok, sumber ig kimi_mawardi

Salah satu obyek wisata Lombok yang jarang dikunjungi wisatawan adalah piramida yang merupakan tebing di tepi laut pantai Semeti. Sebagian besar orang belum mengetahui indahnya piramida di tepi pantai ini. Piramida ini terbentuk dari batu karang yang menyerupai kristal. Selain itu kamu juga bisa memanjat piramida ini untuk menikmati pemandangan pantai Semeti dari ketinggian. Jika berminat, kamu bisa memanjat batu dengan tinggi sekitar 20 meter untuk menemukan keindahan pantai Semeti yang tersembunyi di antara batu karang.

Ombak di Pantai Semeti memang tidak ramah sehingga dilarang untuk surfing apalagi berenang. Meskipun begitu, pemandangan yang indah serta berbagai spot di lokasi sekitar yang menarik dapat dinikmati termasuk diabadikan untuk berswafoto. Pasti foto Anda menjadi hits karena spot berpemandangan seperti ini sangat jarang.

4. Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun bertingkat Benang Kelambu. Sumber ig @johari.putrama
Air terjun bertingkat Benang Kelambu. Sumber ig @johari.putrama

Berkunjung ke air terjun Benang Kelambu merupakan pilihan tepat bagi Anda yang merindukan suasana asri dan sejuknya udara khas alam pegunungan. Ketika berada disini, sepanjang mata memandang Anda akan disuguhkan dengan panorama alam air terjun yang seperti benang kelambu yang tipis. Disamping air terjun sebagai view utama, disini Anda juga bisa menyaksikan perbukitan hijau dan hutan yang rimbun.

Dikarenakan keindahan alamnya yang begitu sempurna, maka tidak mengherankan apabila banyak turis menyempatkan diri untuk berkunjung kesini. Selain populer karena panorama alamnya, Benang Kelambu waterfall ini juga dikenal sebagai salah satu objek wisata murah Lombok Tengah. Ya, pihak pengelola memang hanya mewajibkan wisatawan membayar Rp 10.000,00 sebagai biaya retribusi.

5. Bukit Pergasingan

Wisata Lombok Paralayang Bukit Pergasingan
Paralayang Bukit Pergasingan. src: IG @vidyartin20

Bukit Pergasingan merupakan obyek wisata Lombok yang hits. Siapa saja yang berkunjung ke Lombok untuk berwisata alam pasti memilih spot ini sebagai salah satunya. Pemandangan yang terlihat merupakan bukit dengan kaki gunung yang merupakan persawahan dengan bentuk yang khas serta degradasi warna yang unik dilihat dari atas.

Terdapat beragam kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu liburan di bukit Pergasingan. Salah satunya adalah melakukan aktivitas olahraga paralayang dengan terjun bebas dari ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut. Selain itu Anda juga bisa bersepeda downhill, trekking dan camping.

6. Tanjung Poki

Pantai Tanjung Poki Lombok - Menikmati Ombak. Source: IG @panz_lombok_liah
Pantai Tanjung Poki Lombok – Menikmati Ombak. Source: IG @panz_lombok_liah

Beralih ke obyek wisata Lombok yang jarang dikunjungi, terdapat spot wisata yang mungkin belum diketahui banyak orang yaitu Tanjung Poki. Lokasi wisata ini masih bertemakan pantai namun berbeda karena bukan dataran di bibir air laut melainkan bukit. Meskipun begitu, bukit ini dikenal sebagai obyek wisata air mata malaikat.

Dengan nama alias yang unik tersebut, kita bisa mengetahui apa yang menjadi daya tarik lokasi wisata ini. Yaitu air ombaknya yang sangat tinggi dan deburannya yang keras sehingga mendapat julukan air mata malaikat. Ombaknya bisa menciptakan blowhole dan bisa setinggi 10 meter bagaikan tsunami meskipun hanya merupakan ombak yang sementara.

7. Jemabatan Gantung Kuno

Jembatan Gantung Kuno, sumber Kintamani
Jembatan Gantung Kuno, sumber Kintamani

Termasuk salah satu obyek wisata juga yang jarang terdengar adalah Jembatan Gantung Kuno. Jembatan gantung setinggi 100 meter di Lombok Barat ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik. Jembatan ini sudah berumur sangat tua namun tampilan serta pemandangan di sekitarnya sangat menarik untuk diperhatikan.

Wisatawan akan merasakan sensasi liburan yang berbeda di jembatan gantung yang berusia 84 tahun ini. Hingga sekarang jembatan gantung ini masih aman untuk digunakan. Jadi jangan lewatkan sensasi untuk melintasi jembatan ini.

Dibangun pada tahun 1932, jembatan gantung setinggi 100 m di Lombok Barat ini memiliki fakta menarik. Misalnya, besi padat yang digunakan untuk membangunnya berasal dari Australia, para ahli konstruksinya dibawa dari Jawa serta jembatan ini pernah rusak dua kali akibat diterjang oleh arus.

8. Gili Nanggu

Gili Nanggu, sumber Dolan Yok
Gili Nanggu, sumber Dolan Yok

Kali ini merupakan salah satu spot wisata yang hits. Gili merupakan sebutan untuk dataran di yang dikeliling pantai namun lebih kecil daripada pulau. Pemandangan pantai di Gili Nanggu terbilang masih alami. Pantainya memiliki pasir putih, yang dihiasi dengan air laut yang berwarna biru jernih. Pantai ini juga memberikan ketenangan pada setiap pengunjungnya.

Karena tidak ada penduduk atau pedagang yang berlalu lalang sehingga wisatawan bisa rileks. Bagi anda yang membutuhkan ketenangan bisa mengunjungi gili ini. Atau anda yang baru saja menikah dan menginginkan momen indah berdua bisa berbulan madu di Gili Nanggu.

9. Masjid Kuno Bilok Petung

Masjid Kuno Bilok Petung
Masjid Kuno Bilok Petung, sumber Kampung Media

Obyek wisata ini tentu jarang dikunjungi karena berbeda dengan spot wisata alam biasa apalagi pantai. Masjid Kuno Bilok Petung merupakan sebuah masjid paling tua yang terdapat di kawasan Lombok, khususnya di kecamatan Sambalun. Bahkan, sejarah telah menunjukkan bahwa masjid ini lebuh dulu dibangun dibandingkan dengan masjid kuno Bayan yang juga populer. Masjid tua ini berlokasi di kawasan Dusun Adat Bilok Petung, Kecamatan Sambalun, Nusa Tenggara Barat.

Masjid ini dibangun pada sekitar abad ke XV Masehi. Proses pembangunannya diiringi dengan sejarah yang cukup panjang berkaitan dengan interaksi yang terjadi pada masyarakat setempat. Bahkan, hingga saat ini tetap ada yang berkunjung atau berziarah ke masjid ini. Di antaranya adalah para peneliti dan wisatawan yang penasaran dengan peninggalan sejarah satu ini.

10. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak, sumber Alia Fathiyah
Danau Segara Anak, sumber Alia Fathiyah

Obyek wisata Lombok selanjutnya yang sangat direkomendasikan adalah Danau Segara Anak. Danau Segara Anak merupakan salah satu alasan utama kenapa Gunung Rinjani terlihat begitu cantik sehingga membuat banyak sekali Pendaki ingin mendakinya. Kalimat yang sering diucapkan oleh Pendaki “Mendaki Gunung Rinjani tanpa singgah di danau ini rasanya sia-sia”.

Selain pemandangan yang begitu indah, hal lain yang membuat Segara Anak menjadi spesial adalah lokasinya yang berada di ketinggian, yakni pada ketinggian sekitar 2.010 mdpl. Fakta tersebut membuat danau ini masuk ke dalam daftar salah satu danau tertinggi di Indonesia. Para Pendaki juga dapat menjelejahi 3 objek wisata lainnya, yang sayang untuk terlewatkan yakni Gua Susu, Gua Payung, dan Gua Manik.

Itu dia 10 Obyek wisata yang hits, tersembunyi serta jarang dikunjungi di Lombok. Anda bisa cari lebih banyak gambar lokasi diatas melalui instagram atau platform lainnya. Apakah Anda sudah pernah mengunjungi berbagai spot wisata di atas? Apa pengalaman menarik yang pernah Anda rasakan? Berikan komentar Anda!

Leave a Reply