Pantai Selong Belanak, Keindahan Tersembunyi di Lombok

Pantai Selong Belanak, Keindahan Tersembunyi di Lombok

Wisata di lombok memang tiada matinya. Terutama wisata bahari. Selain wisata Gili Trawangan Lombok utara ternyata destinasi wisata yang banyak mempunyai pemandangan menakjubkan adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya wisatawan lokal.  Akan tetapi di bulan liburan yaitu Juni, Juli dan Agustus banyak wisatawan asing yang berkunjung ke pantai ini. Wisata bahari yang satu ini lebih dikenal dengan dua jenis ombaknya yang menarik. Pertama, ombak laut di bagian barat berskala besar dan kedua di bagian timur tidak begitu besar.

Warung warung tradisional di pinggir pantai Selong Belanak. Sumber unsplash.com

Harga Tiket Masuk

Biaya masuk ke pantai ini sangat murah yaitu hanya dikenakan Rp 2.000 setiap orang. Jika Anda membawa kendaraan pribadi baik motor, mobil, maupun yang lainnya akan dikenakan biaya tambahan berupa parkir. Untuk parkir motor sebesar Rp 2.000, sementara mobil Rp 5.000.  Jadi, untuk bisa masuk ke pantai ini tidak sampai menghabiskan Rp 10.000.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Selong Belanak

Pantai ini juga terletak di wilayah Nusa Tenggara Barat, tepatnya Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Sebanarnya, untuk sampai ke pantai yang indah ini Anda harus siap secara fisik, karena memang jalanan yang dekat dengan lokasi tidak mudah dilewati. Jika anda sudah piawai dalam membawa kendaraan mobil, maka anda bisa menyewa mobil di jasa sewa mobil Lombok yang terpercaya.

Jika anda bermalam di daerah Mataram dan berangkat dari kota Mataram atau dari pantai Senggigi sebaiknya langsung saja menuju ke jalur bandara Lombok. Setelah sampai di Perempatan Batujai, ambil arah belok kanan , mengikuti tikungan hingga menemukan masjid Nurul Huda Batujai.

Di sana terdapat pertigaan dan ambil arah belok kiri menuju jalur Penunjak hingga kemudian sampai ke tikungan sebuah pasar. Sebelum sampai ke pasar sekitar 30 meter ambil arah belok kanan melewati Desa Mungkus. Kemudian lurus saja hingga menemukan Gapura Selong Beranak yang akan menghantarkan Anda menuju Pantai Selong Belanak. Durasi perjalanan kira-kira satu setengah jam perjalanan.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Setalah Anda sampai di sana akan dimanjakan dengan beragam pemandangan yang masih alami dan menakjubkan. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan berbagai hal untuk menyegarkan pikiran dan bersenang-senang, diantaranya adalah:

Kegiatan berselancar bisa dilakukan di Pantai Selong belanak. Sumber unsplash.com

Berlayar menggunakan perahu

Di kawasan pantai ini terdapat banyak sekali perahu nelayan yang juga disewakan bagi para pengunjung. Anda bisa menyewanya hanya dengan Rp 5.000 untuk setiap orang. Dengan perahu tersebut nelayan akan mengajak Anda berlayar dan melihat-lihat pemandangan hamparan lautan yang indah.

Bermain pasir

Pasir pantai ini dikenal masih sangat bersih, putih, dan lembut sehingga aman untuk sekedar dibuat bermain, khususnya bagi anak-anak. Kelembutan pasir pantau ini berbeda dengan yang ada di pantai lain di Lombok. Anda juga bisa sekedar duduk dan santai di atas pasir secara langsung untuk memandangan keindahan lautan hingga batu karang.

Kursus selancar

Pantai ini termasuk pantai yang memiliki laut dangkal. Maka sangat aman jika digunakan untuk belajar berselancar untuk segala usia. Bahkan penduduk lokal menyediakanpapan seluncur untuk disewa dan juga menyediakan jasa kursus berselancar.

Menyusuri Tepi Pantai Sambil Bermain Air

Selain itu, Anda juga bisa bermain air yang ada di tepi pantai atau lautan. Ombak di laut cukup bersahabat, sehingga akan sangat aman untuk Anda saat bermain dan menyusuri mulut pantai. Anda juga bisa berselancar di laut bagian barat karena memang mempunyai ombak yang besar dan menakjubkan.

Berfoto ria dengan beraman backround yang alami

Suguhan pemandangan alam yang begitu indah dan menakjubkan bisa menjadi backround atau spot foto yang tepat. Seperti halnya pemandangan hamparan laut yang biru dan bersih serta ditambah hiasan perahu nelayan yang berlayar silih berganti menandakan aktifitas kebudayaan masyarakat yang begitu khas.

Mencoba kuliner khas Lombok

Pada bagian belakang pantai terdapat cukup banyak warung maupun depot yang menyediakan beragam makanan khas Lombok. Anda bisa mempir sebentar di sana ketika perut terasa lapar, dimana Anda bisa memilih jenis kuliner sesuai dengan selera dan tentunya harganya cukup terjangkau. Selain itu disini anda bisa memilih oleh-oleh khas Lombok yang harus di beli. Bisa juga berupa cenderamata dan yang lainnya.

View pantai Selong Belanak dari kejauhan. Sumber flickr

Warung-warung di sini dibangun secara tidak permanen, sehingga kesan tradisional sangat kental terasa. Untuk menghindari terik matahari kita bisa berlindung di warung-warung yang dibangun dari bambu dan ilalang ini sembari menikmati kelapa segar. Atau anda bisa berteduh di bawah payung yang disediakan pemilik warung sambil rebahan di kursi malas. Maka tak heran jika banyak wisatawan mancanegara menyebut pantai ini mirip dengan suasana Hawaii.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp