Pantai Tanjung Bloam Pesona Keindahan Pantai Yang Terjaga Kebersihannya

Pantai Tanjung Bloam Pesona Keindahan Pantai Yang Terjaga Kebersihannya

Lombok dengan di jadikannya sebagai destinasi wisata halal, maka semakin banyak wisatawan baik dari lokal dan luar untuk mengunnjungi Lombok. Banyak sekali destinasi pantai yang tersebar di Lombok. Tidak sampai pantai Senggigi Lombok atau Pantai Batu Payung saja, namun Lombok juga mempunyai banyak pantai yang tidak kalah indahnya yaitu Pantai Tanjung Bloam. Pantai ini juga sering menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun luar. Bagian sisi kanan maupun kiri pantai ini terdapat tebing yang berwarna kekuningan dan batu cadas, sehingga menambah keindahan pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk

Untuk saat ini bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Tanjung Bloam tidak ada tiket khusus untuk masuk ke kawasan ini karena memang tidak dipungut biaya masuk. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir jika memang Anda menitipkan kendaraan saat hendak masuk ke pantai. Untuk motor dikenakan biaya Rp 5.000, sementara untuk mobil bisa mencapai Rp 10.000. Sehingga biaya untuk mengunjungi pantai ini cukup murah.

Tebing sisi pantai Tanjung Bloam. Sumber IG @shamroslee

Rute Menuju Pantai Tanjung Bloam

Pantai ini berada di di daerah Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Letak pantai ini juga tidak begitu jauh dengan pantai Batu Ringgit, sehingga bisa dikatakan keduanya masih dalam satu area dan bisa Anda kunjungi sekaligus dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Maka untuk sekali perjalanan berkunjung ke kawasan ini kita sudah dapat mengunjungi dua obyek wisata.

Untuk sampai pada ke lokasi wisata ini, Anda akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam jika berangkat dari kota Mataram. Jika Anda berangkat dari Pantai Tanjung Ringgit itu akan lebih cepat dan dekat, dimana arahnya adalah belok kanan setelah sampai di jalan yang cukup sempit, karena hanya muat satu mobil saja.

Kemudian sekitar 500 meter dari belokan, Anda akan menemukan pendopo kecil sebagai tanda bahwa Anda sudah masuk di kawasan Pantai Tanjung Bloam. Jalanan menuju pantai ini masih cukup sederhana dan sulit untuk dilewati menggunakan mobil, sehingga Anda harus melaluinya dengan cara naik motor atau jalan kaki hingga sampai di lokasi.

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau akan  sulit untuk menemukan pantai tersebut. Namun ada rute yang cukup membantu dan menuntun Anda untuk sampai di sana yaitu dari Bandara Lombok melewati Jl Raya Batunyala – Jl Raya Praya ke Mujur – Jl Raya Sengkareng – Jl Raya Keruakand – Jl Serumbung ke Ekas – Pemongkong – hutan Sekaroh dan sampai di hotel Jeeva Beloam.

Pesona pantai Tanjung Bloam Lombok Timur. Sumber IG @laxmiii_sbdr

Aktivitas Menarik

Di area wisata Pantai Tanjung Bloam anda bisa melakukan aktivitas menarik yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai lainnya.  

1. Melihat aktifitas penyu yang langka

Penyu merupakan hewan yang dilindungi dan dalam pengawasan karena tingginya perburuan penyu baik telurnya ataupun daging dan cangkangnya. Kawasan pantai ini menjadi daerah untuk budidaya atau penangkaran penyu agar populasi penyu tidak terancam punah. Jadi, Anda bisa melihat aktifitas penyu secara langasung di sekitar pantai tersebut. Tentunya pengunjung dilarang mengganggu pergerakan atau aktifitas penyu.

2. Spot foto yang eksotis

Anda bisa berfoto ria di pantai ini karena memang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Hamparan lautan yang biru dan jernih bisa menjadi latar belakang foto Anda baik bersama-sama maupun selfie. Selain itu juga terdapat batuan atau tebing di kanan kiri yang menambah pesona keindahan pantai dan bisa dijadikan spot foto Anda.

3. Menikmati keindahan alam yang tiada duanya

Kawasan pantai ini menyimpan banyak pemandangan alam yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan.  salah satunya adalah air lautan yang masih alami dan jernih serta tampak kebiruan dari bibir pantai. Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam pada sore hari dan terbit pada pagi hari yang tampak begitu mempesona.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda harus sudah sampai di sana pada siang atau sore hari jika memang ingin melihat pemandangan sunset. Sementara, jika ingin melihat pemandangan sunrise yang tampak indah dari balik lautan, ada baiknya Anda berangkat pagi sekali atau bisa menginap di hotel.

4. Bermain air dan pasir

Pasir di pantai ini masih sangat alami, bertekstur lembut serta terjaga kebersihannya itulah mengapa di pantai ini dibangun penangkaran penyu. Anda bersama anak-anak bisa bermain pasir sesuka hati atau sekedar bersantai di atas hamparan pasir yang lembut. Selain itu juga mempunyai gelombang air laut yang bersahabat, sehingga tetap aman jika Anda sekedar bermain-main di tepi lautan.

Penyu meupakan hewan yang dilindungi. Sumber pexels

Demikian ulasan mengenai keindahan pantai Tanjung Bloam yang berada di Kabupaten Lombok Timur. Karena letaknya cukup jauh dari pusat kota Mataram, kan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di jasa sewa mobil Lombok yang ada di kota Mataram. Anda bisa melakukan pemesanan secara melalui telepon sebelum memutuskan mengunjungi Pantai Tanjung Bloam.

Leave a Comment