Berburu Oleh-Oleh Khas Lombok di Pasar Cakranegara

Berburu Oleh-Oleh Khas Lombok di Pasar Cakranegara

Pasar Cakra Nagara Lombok
Pasar Cakra Nagara Lombok. Source: ioflife.com.jpg

Berburu Oleh-Oleh Khas Lombok di Pasar Cakranegara

Selain banyaknya objek wisata yang ada di Lombok. Tentu banyak wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara yang juga tertarik untuk mengunjunginya. Tapi berwisata tanpa oleh-oleh belumlah lengkap. Oleh karena itu kita akan membahas salah satu tempat oleh-oleh yang bisa anda kunjungi untuk memburu oleh-oleh khas lombok.

Cakranegara yaitu salah satu kota yang terbilang cukup ramai dan menjadi pusat perekonomian di Pulau Lombok. Salah satunya di Pasar Cakranegara Lombok menyediakan berbagai jenis hasil industri yang memiliki daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Pasar ini menyediakan berbagai macam kebutuhan khususnya buah tangan khas Lombok yang sering di cari oleh para wisatawan.

Pasar Cakranegara ini mulai beroperasi dari pagi hari, sedangkan untuk toko-toko yang menjual oleh-oleh biasa buka mulai dari jam 8 pagi. Pasar ini terdiri dari 2 lantai, untuk lantai pertama terdapat berbagai jenis kain khas Lombok seperti kain songket, tenun dan sebagainya. Sedangkan untuk lantai yang kedua terdapat berbagai jenis makanan oleh-oleh khas Lombok.

Lokasi dan Akses Menuju Pasar Cakranegara Lombok

Pasar Cakranegara Lombok berada di Jalan Selaparang,Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jika Anda datang dari Desa Sukarbela yang merupakan salah satu pusat mutiara air tawar khas Lombok, Anda tinggal lurus saja untuk menuju Pasar Cakranegara.

Untuk menuju Pasar Cakranegara dapat ditempuh dengan menggunakan alata transportasi pribadi atau transportasi umum. Karena semua akses jalanya semua sudah beraspal, sehingga memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang akan berburu oleh-oleh di Pasar Cakranegara.

Berbagai Oleh Oleh yang Ditawarkan di Pasar Cakranegara Lombok

Di pasar Cakranegara Lombok ini Anda dapat berburu berbagai oleh-oleh khas Lombok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga atau sahabat Anda di rumah. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Lombok yang dapat Anda temukan di Pasar Cakranegara:

Berbagai jenis kain khas lombok

Kain Khas Lombok
Kain Khas Lombok. Source: idetraveling.com

Ketika Anda berkunjung ke Lombok, maka akan kurang lengkap jika tidak mampir ke Pasar Cakranegara. Di pasar ini Anda dapat menemukan berbagai jenis kain yang dapat Anda jadikan oleh-oleh seperti, kain raring, kain songket, kain tenun, kaos khas Lombok dan berbagai jenis kain lainnya.

Anda dapat membeli kain tersebut dengan cara eceran atau grosir, tentunya dengan membeli secara grosir maka Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Pernak-pernik mutiara air khas lombok

Bros Mutiara Air Lombok
Bros Mutiara Air Lombok. Source: bukalapak.com

Lombok memang terkenal dengan mutiara airnya yang sangat cantik. Mutiara ini memiliki berbagai bentuk dan warna yang sangat indah, ada yang berwarna keemasan, putih, kekuningan, hitam, abu-abu dan sebagainya. Lombok memang memiliki mutiara air yang dibudidayakan di air tawar dan biasanya berbentuk lonjong berbeda dengan mutiara laut. Pernak perniknya ada yang berupa bros, kalung, gelang, bahkan ada dalam bentuk cincin.

Telur asin bakar

Telur Asin Lombok
Telur Asin Lombok. Source: tripcanvas.co

Bagi Anda yang suka mencicipi kuliner baru, telur asin bakar ini perlu Anda coba ketika berkunjung ke Lombok. Telur asin memang sudah sering Anda nikmati, namun bagaimana dengan telur asin bakar?

Telur asin bakar ini ternyata baru dikenal oleh penduduk Lombok pada tahun 2012 yang lau. Produk telur asin bakar ini merupakan produk inovasi masyarakat dari Dusun Gubuk Baru, Desa Terara, Kabupaten Lombok Timur.

Telur asin bakar ini bagian kuningnya lebih padat dan warnanya lebih cerah dibanding telur asin yang biasanya. Untuk masalah rasa, telur asin ini sama seperti telur asin pada umumnya, namun memiliki aroma asap yang menggugah selera.

Dodol rumput laut

Dodol Rumput Laut Lombok
Dodol Rumput Laut Lombok. Source: omiyago.com

Bagi setiap daerah di Indonesia memiliki versi masing-masing tentang makanan dodol. Penganan yang berbahan dasar tepung ketan, namun dodol khas Lombok ini berbeda dengan yang lain. Kalau dodol yang sering kita temui yaitu menggunakan santan atau buah-buahan sebagai peningkat cita rasa, tapi dodol di sini menggunakan rumput laut.

Warna dodol yang ditawarkan disini juga bening. Rasanya juga cukup unik, biasanya Anda menikmati rumput laut dalam bentuk agar-agar atau di dalam es campur, namun kali ini dalam bentuk dodol. Sekilas kelihatannya mirip dengan agar-agar karena keduanya menggunakan bahan yang sama yaitu rumput laut, namun teksturnya seperti dodol.

Sekian penjelasan kami tentang pasar cakranegara lombok. Pastikan anda tidak lupa untuk mengunjungi tempat ini. Bawakan keluarga anda oleh-oleh khas lombok yang tidak bisa dijumpai di daerah lain. Liburan tanpa oleh-oleh pasti kurang memuaskan.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai. Jangan lupa untuk membaca artikel PagiTrans kami lainnya yang tidak kalah menarik dengan artikel ini. Banyak informasi yang akan anda dapatkan. Sampai jumpa pada artikel lainnya.

Leave a Comment