Inilah Sumber Informasi Wisata untuk Para Traveler

Aplikasi Wisata Melalui Gadget, sumber Gamatechno

Salah satu tips wisata yang perlu dilakukan adalah mencari informasi wisata. Namun ternyata setiap orang memiliki cara masing-masing dalah mencari informasi wisata ini. Nah, untuk Anda yang belum berpengalaman, seperti apa cara-cara untuk mencari informasi wisata yang pernah dilakukan setiap wisatawan.

Pilihan untuk berwisata dengan pemandu wisata hanyalah satu diantara cara-cara berwisata. Bagi sebagian orang, wisata backpacker atau berwisata sendiri tanpa harus beramai-ramai bersama pemandu wisata lebih mengasyikkan. Bagaimana cara untuk mengetahui berbagai informasi tanpa harus melalui pemandu wisata?

Sumber Informasi Traveler

Ternyata, sumber informasi wisata yang paling banyak digunakan oleh para wisatawan atau traveler adalah media online. Fakta ini tidak dapat dipungkiri karena memang media online sedang berkembang pesat. Namun tetap ada keterbatasan untuk penggunaan media online ini.

Media Wisata Online, sumber Indonesia Institute
Media Wisata Online, sumber Indonesia Institute

Kalau kita melihat generasi-generasi sebelum gadget, untuk melakukan perjalanan mereka menggunakan media cetak dan map yang perlu mereka bawa ke mana-mana. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, media cetak dan map serta sumber informasi lainnya seputar wisata bisa diakses hanya menggunakan satu gadget saja. Tentu saja ini merupakan kemajuan yang sangat memudahkan.

Menurut Travel Smart yang dilakukan Agoda.com, traveller masa kini lebih memercayai situs daring semacam forum dan blog sebagai acuan dalam merencanakan perjalanan. Situs-situs ini menempati posisi pertama sebagai pilihan traveler ketika mereka ditanyakan tentang narasumber mana yang dijadikan panduan terpercaya saat hendak berwisata. Hasilnya, forum online adalah yang terpopuler dengan persentasi jawaban sebesar 34%.

Peringkat kedua terbanyak ditempati oleh blog dan situs perjalanan pribadi/independen dengan persentasi 28%. Bila digabungkan sumber panduan secara online yang didalam nya termasuk forum, blog dan aplikasi (mobile apps) menjadi total 71% dari seluruh hasil survey yang dijawab oleh responden. Dimana 9% sisanya merupakan informasi yang berasal dari travel apps.

Berikut sumber panduan wisata terbaik versi Travel Smart:

  • Forum online 34 persen
  • Blog dan situs perjalanan pribadi 28 persen
  • Masukan dari penduduk setempat 13 persen
  • Buku panduan wisata cetak 12 persen
  • Aplikasi Perjalanan (apps) 9 persen
  • Lain-lain 4 persen

Media online memang memiliki karakteristik tersendiri. Salah satunya adalah karena dipengaruhi oleh pengguna media online yang senang memposting atau endorsement berbagai aktivitas mereka termasuk traveling atau wisata melalui media sosial. Karena itu, media online untuk saat ini memang menjadi sumber informasi yang cukup terpercaya dan bisa lebih cepat dibandingkan media lainnya.

Tips Wisata di Lombok

Aplikasi Wisata Melalui Gadget, sumber Gamatechno
Aplikasi Wisata Melalui Gadget, sumber Gamatechno

Jika Anda memilih Lombok sebagai destinasi wisata Anda, banyak informasi wisata yang bisa Anda dapatkan melalui media online. Bahkan hingga ke destinasi wisata lombok yang jarang diketahui juga terkadang tersedia informasinya secara online. Nah, berikut tips wisata di Lombok yang bisa Anda lakukan.

1. Mengetahui Musim yang Tepat untuk Berkunjung

Lombok ramai dikunjungi oleh wisatawan saat Agustus dan September. Pada saat ini, ratusan ribu turis dari mancanegara akan datang. Jadi bisa dibayangkan seperti apa kekacauannya. Anda akan kesusahan menikmati suasana dan juga kerepotan menemukan akomodasi yang sesuai dengan keinginan.

Kalau Anda ingin ke Lombok, disarankan untuk menghindari musim ramai. Pilihan bulan yang tidak memiliki hari libur, bertepatan dengan liburan sekolah, atau musim panas di negara barat. Saat musim sepi, Lombok adalah surga yang sebenarnya. Apa-apa murah dan mudah didapatkan.

2. Memilih Akomodasi yang Tepat

Akomodasi adalah hal paling krusial yang harus dipikirkan jauh-jauh hari. Ada beberapa kriteria tempat menginap yang harus Anda perhatikan selain harganya yang murah dan tidak membebani bujet. Pertama adalah keamanan. Jangan asal pilih tempat meskipun penginapan dengan bantal dan guling yang nyaman kalau keamanannya tidak terjamin. Kedua jauh dan dekatnya dengan objek wisata.

3. Berangkat Pagi dan Pulang Tidak Terlalu Malam

Untuk memaksimalkan perjalanan wisata di Lombok, disarankan berangkat lebih pagi. Dengan berangkat lebih pagi, Anda bisa menjelajahi lebih banyak tempat di sana dan bisa pulang lebih awal. Jalanan di Lombok khususnya kawasan Mataram dan kota di bagian selatan sepi setelah pukul 20.00. Sebelum jam itu usahakan untuk kembali ke hotel untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

4. Menyewa Mobil atau Motor

Tips nomor tiga di atas akan lebih maksimal kalau Anda memilih untuk menyewa mobil atau motor. Daripada menggunakan angkutan umum yang banyak berhenti dan membuang waktu, Anda bisa mempertimbangkan pilihan ini.

Sewa Mobil Lombok Murah dan Terpercaya Toyota Avanza
Sewa Mobil Wisata, sumber InterGoogle

Dengan menyewa motor atau mobil, Anda bisa mengunjungi banyak tempat dengan cepat. Pergerakan bisa berjalan dengan lancar sehingga sebelum malam bisa kembali ke hotel atau penginapan yang telah disewa.

5. Membawa Uang Tunai yang Cukup

Perjalanan wisata di Lombok memang sangat tricky. Anda disarankan untuk segara ambil uang yang cukup saat berada di kota. Kawasan Lombok masih belum semaju Bali sehingga untuk mencari ATM saja Anda bisa mengalami kesusahan. Gunakan uang yang telah diambil dengan baik agar cukup dan tidak kebingungan jika dompet mendadak tidak ada isinya.

6. Keluar dari Zona Nyaman, Jelajahi Tempat Baru

Lombok memiliki cukup banyak destinasi wisata menarik yang menuntut Anda keluar dari zona nyaman. Saat berada di sana, jangan takut untuk berlayar ke berbagai gili yang eksotis, berenanglah dan rasakan air laut serta terik matahari. Lakukan banyak hal di Lombok dan jangan khawatir kalau saat pulang kulit jadi lebih gelap.

7. Belajar Kemampuan Baru

Sudah jauh-jauh ke Lombok, masa harus pulang dengan tanpa membawa apa-apa? Belajar untuk berenang atau mungkin surfing di atas ombak. Beberapa kawasan di Lombok memiliki cukup banyak tempat kursus yang bisa mengajari Anda dari tingkat dasar hingga tinggi.

Nah, itu dia ulasan seputar sumber informasi wisata yang sering digunakan menurut survey yang pernah dilakukan. Berbagai informasi wisata lombok dapat juga Anda temukan di situs rental mobil lepas kunci Pagi Trans. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply