Taman Mayura Spot Foto Terbaik Bagi Pecinta Fotografi

Taman Mayura Spot Foto Terbaik Bagi Pecinta Fotografi

Pulau Lombok memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sarat akan kebudayaan yang perlu dilestarikan. Wilayah ini memiliki sebuah taman yang sudah cukup lama popular akan keindahan yang tidak kalah dari lainnya. Selain Taman Narmanda, di Lombok terdapat Taman Mayura yang juga tak kalah populer. Taman Mayura adalah sebuah bangunan yang sudah dibangun sejak jaman kerajaan di Indonesia dahulu katanya dan masih sangat terawat hingga saat ini.

Ketika anda menginjakan kaki di taman tersebut, maka anda akan disuguhkan rasa terpana karena keindahan taman ini. Nama taman ini sendiri terinspirasi dari burung Merak yang memiliki keindahan luar biasa pada bulunya. Corak relief yang kuno dengan bentuk burung Merak adalah saksi dimana ada cerita tentang burung Merak yang memangsa ular pengganggu pada jaman dahulu.

unan di tengah danau di Taman Mayura. Sumber IG @ochu86

Dikisahkan bahwa pada jaman dahulu Pura Taman Mayura memiliki nama Taman Kelepug yang memiliki arti suara mata air yang jatuh ke kolam. Dan taman tersebut merupakan taman dengan keberadaan bangunan pura yang digunakan warga desa untuk sembahyang. Akan tetapi pada waktu itu banyak warga yang terganggu dengan keberadaan ular yang berkeliaran di sekitar pura. Atas nasehat dari penasehat kerajaan, maka di peliharalah banyak burung merak di pura tersebut untuk memangsa ular. Maka dari sinilah nama merak atau mayura muncul.

Harga Tiket Masuk Taman

Dengan segala keindahan yang akan anda rasakan ketika berada di taman ini, harga tiket masuknya untuk setiap orang sebesar 2.500. Lokasi ini buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore untuk siapapun yang ingin mengunjungi taman. Namun, jangan kunjungi taman ini ketika sedang ada hari besar nasional karena pasti akan tutup jadi anda harus mengerti betul-betul.

Pahamilah bahwa fasilitas yang ada disekitar taman sangat baik. Seperti lahan parkir luas, toko aksesoris, warung, dll. Ada juga bagi anda yang ingin berlama-lama di wilayah ini untuk menginap di hotel atau resort yang tersedia. Kenyamanan akan anda dapatkan tentunya jika berlama-lama di tempat daerah Taman Mayura.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi

Karena lokasinya cukup dekat dari pusat kota, maka anda hanya membutuhkan 15 menit perjalanan dari pusat kota Mataram. Tepatnya anda akan menuju jalan Purbasari di kota Mataram yang terdiri dari berbagai macam lokawisata di sekitarnya .Untuk mencapai lokasi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum atau dengan menyewa mobil di jasa sewa mobil Lombok yang ada di berbagai tempat.

Aktivitas Menarik di Taman Mayura

 Setelah anda masuk, tentunya anda bisa melakukan berbagai macam hal yang menarik agar anda bisa bersantai dan menikmatinya bersama keluarga. Apalagi untuk anda yang ingin menjelajah keunikan dari Taman Mayura ini.

Berikut hal menarik yang bisa anda lakukan di taman :

Berjalan-jalan di daerah pura yang luas

Bagi anda yang suka tentang bangunan kuno yang memiliki nilai bersejarah, maka di taman ini anda bisa melihat berbagai macam pura. Suasana yang ditawarkan ketika anda akan mengunjungi pura ini cenderung lebih sejuk. Mungkin ini dikarenakan bangunan tersebut dikelilingi oleh berbagai macam pepohonan terutama pohon manggis dan rerumputan berwarna hijau dimanapun mata memandang.

Pura yang terdapat di kawasan ini ada sebanyak 4 pura utama yang memiliki keunikannya masing-masing. Nama pura tersebut adalah Pura Gunung RInjani, Pura Ngelurah, Pura Padmasana, dan Pura Godong. Keempat pura tersebut sering digunakan sebagai destinasi ibadah oleh wisatawan yang ingin beribadah di pura tersebut oleh orang di seluruh dunia.

Titik foto yang baik

Tak hanya wisata Gili Trawangan saja yang mempunyai spot foto terbaik. Tetapi taman satu ini karena bangunan yang ada disana sangat menarik maka menjadi incaran para penggila foto. Mengabadikan segala momen menarik ketika sedang berada di taman sendiri merupakan rasa senang tersendiri dan anda bisa membagikannya kepada keluarga atau teman yang tidak bisa ikut. Baik berfoto untuk sendiri atau keluarga, rasanya akan sangat pas dan bagus dengan background yang menarik. Atau bagi anda pecinta seni fotografi tempat ini di berbagai sudutnya sangat layak dijadikan target jepretan kamera anda.

Melihat Rat Kerte

Rat Kerte merupakan bangunan yang terdapat di tengah kolam dari pura yang ada di kompleks Taman Mayura. Tempat ini merupakan tempat yang menarik untuk anda dan keluarga berfoto atau mengenal lebih dari wilayah ini. Asalnya bangunan tersebut digunakan pada jaman dahulu untuk rapat atau bertemu dengan menerima tamu kerajaan.

Pura di Taman Mayura. Sumber pexels.com

Itulah review dari Taman Mayura di Lombok. Jika ada kesempatan untuk berlibur di pulau Lombok jangan sampai ketinggalan kunjungannya ke taman ini. Anda bisa menikmati liburan di taman ini bersama keluarga anda. Dan untuk transportasi menuju ke destinasi wisata ini silahkan percayakan kepada jasa sewa mobil Lombok yang terpercaya.

Leave a Comment