Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Berwisata ke Lombok

Lombok memiliki beragam destinasi wisata yang indah. Dengan lokasinya yang bermacam macam mulai dari pegunungan hingga pantai, Lombok memiliki segudang destinasi wisata yang dapat anda kunjungi sesuai selera anda. Jika anda menginginkan wisata pegunungan, anda bisa ke bukit Sembalun atau pergasingan di Lombok.

Wisata perbukitan atau pegunungan tentunya memiliki akses jalan yang naik turun dan berkelok-kelok. Perjalanan dengan kondisi jalan seperti ini menyebabkan mabuk kendaraan. Untuk mengatasi terjadinya mabuk kendaraan ada beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan saat berwisata ke Lombok. Ini dia tipsnya !

1. Perhatikan Menu Sarapan

Sebelum melakukn perjalanan ke destinasi wisata di Pulau Lombok tentu saja harus sarapan terlebih dahulu. Yang perlu di perhatikan adalah menu sarapan yang anda makan pagi harinya. Hindarilah sarapan dengan lauk atau makanan yang banyak lemaknya seperti daging dan telur. Makan sarapan dengan menu sederhana namun nyaman di perut.

Selain itu jangan makan makanan atau sarapan terlalu banyak saat sebelum melakukan perjalanan. Meskipun ayam rarang khas Lombok terasa lezat namun mengkonsumsinya saat sarapan dengan porsi banyak akan membuat perut tidak nyaman jika melakukan perjalanan. Kondisi perut yang tidak nyaman itulah yang memicu terjadinya mabuk kendaraan.

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
Bus menjadi kendaraan yang sering terjadi mabuk perjalanan pada penumoangnya. Sumber Unsplash

2. Jaga Kondisi Badan

Sebelum melakukan perjalanan wisata ke Lombok, terutama bagi anda yang datang dari luar kota yang jauh maka persiapkanlah kondisi fisik anda. Perjalanan yang jauh sungguh melelahkan. Jika kondisi badan tidak terlalu fit dan melakukan perjalanan jauh yang melelahkan maka akan rentan terkena sakit saat di perjalanan. Apalagi transportasi menuju ke Lombok yang digunakan adalah transportasi umum.

Pastikan istirahat yang cukup di malam hari sebelum melakukan perjalanan di pagi harinya. Sehingga ketika bangun di pagi harinya, badan akan terasa bugar dan bersemangat memulai perjalanan wisata. Dengan demikian resiko mabuk atau terjadi masalah kesehatan saat melakukan perjalanan wisata ke Lombok menjadi kecil.

3. Membawa Aromaterapi

Aromatherapy sangat penting di bawa. Seperti balsem dan produk sejenisnya. Dengan membawa satu botol kecil saja minyak angin aromatherapy maka akan sangat berguna di perjalanan anda. Transportasi umum misalnya bus, biasanya akan memuat berbagai macam orang. Mulai dari buruh, pedagang yang membawa dagangan dan lain sebagainya.

Karena itulah ada bau bermacam-macam yang ada di dalam bus. Hal ini tentu sangat mengganggu bagi anda yang tidak terbiasa dengan kondisi ini. Jika anda tidak kuat dengan berbagai bebauan di dalam bus ini maka anda akan muntah. Untuk mengatasinya maka perlu aromatherapy. Karena itu jangan sampai lupa membawa barang ini meskipun hanya sebotol kecil.

4. Membawa Camilan

Ada cara lain yang sering dilakukan traveler dalam mengantisipasi agar tida mabuk dalam perjalanan. Salah satunya yang sering dilakukan adalah memakan camilan seperti kacang dan berbagai camilan ringan lainnya. Camilan ini akan mengusir rasa eneg yang timbul selama perjalanan, terutama perjalanan dengan transporrai umum seperti bus.

Bisa pula menggunakan camilan berupa permen. Tapi jangan langsung dikunyah. Permen dengan rasa mint sangat membantu mengusir perasaan ingin muntah pada diri anda yang melakukan perjalanan. Selain itu permen ini juga berfungsi sebagai aromatherapy. Pilihan lain adalah permen jahe yang bisa di dapatkan dengan harga murah di toko oleh-oleh.

5. Posisi Tempat Duduk

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
Posisi tempat duduk terkadang mempengaruhi kondisi kita saat perjalanan. Sumber Unsplash

Adakalanya posisi duduk di tempat duduk yang salah saat perjalanan bisa menyebabkan mabuk kendaraan. Ada yang ketika duduk di bagian belakang akan mudah terkena mabuk kendaraan, atau sebaliknya. Sebenarnya hal ini bisa kita atasi dengan mensugesti diri kita sendiri namun cara ini sering tidak berhasil.

Langkah yang tepat adalah pilihlah posisi duduk di kendaraan sesuai dengan kenyamanan anda. Jika anda terasa nyaman dengan duduk di dekat jendela maka pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela. Yang sering dilakukan oleh traveler adalah memilih tempat yang bisa melihat suasana luar kendaraan, baik berada di dekat jendela pinggir atau di depan dekat dengan posisi duduk sopir.

6. Alihkan Perhatian

Banyak yang menyebut bahwa mabuk di perjalanan itu terjadi karena adanya orang lain yang mbuk terlebih dahulu sehingga yang lain akan ‘terbawa suasana’. Karena itulah untuk menghilangkannya alihkan perhatian kepada hal lainnya seperti membaca buku, mendengarkan musik dan aktifitas lainnya. Berbincang-bincang dengan penumpang lain akan membantu anda dalam mengalihkan perhatian.

Jika anda bersama keluarga dengan beberapa anak kecil maka untuk mengalihkan perhatiannnya bisa dengan membuat permainan seperti tebak-tebakan sehingga anak-anak perhatiannya teralihkan dari penumpang lain yang sedang mabuk perjalanan.

7. Istirahat

Jika perjalanan yang anda lakukan menggunakan mobil pribadi atau kendaraan sewaan, anda bisa menghentikan kendaraan anda di suatu tempat agar penumpang yang ada di kendaraan tersebut turun dan menghiruo udara luar. Hentikan kendaraan di daerah yang sejuk seperti pinggir persawahan. Dengan demikian penumpang yang ada di dalam kendaraan bisa keluar dan menghilangkan rasa penat. Cara ini ampuh mengurangi rasa ingin muntah dari penumpang kendaraan.

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
Mengalihkan perhatian menjadi salah satu cara menghindari mabuk perjalanan. Sumber Unsplash

Itulah beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan saat berwisata ke Pulau Lombok. Mabuk kendaraan biasanya terjadi pada kendaraan umum seperti bus. Bagi anda yang menginginkan kenyamaan saat melakukan perjalanan wisata di pulau Lombok bisa mempercayakan transportasinya pada penyedia jasa sewa mobil Lombok yang menyediakan kendaraannya dengan kondisi yang baik dan bersih.

Leave a Comment