Tips Liburan Ala Backpacker

By | April 19, 2017

Salah satu alasan yang membuat banyak orang, termasuk Anda, enggan melakukan perjalanan wisata adalah masalah bujet. Saat melancong, uang di dalam tabungan harus dikeruk untuk keperluan tiket, akomodasi, transportasi, dan makan. Belum lagi, Anda juga harus membeli oleh-oleh untuk teman atau kerabat.

Dari satu alasan di atas saja, banyak orang langsung pesimis akan liburan. Lantas, apakah kita tidak bisa liburan yang seru tapi tidak membebani bujet? Tentu saja bisa. Coba simak tips liburan ala backpacker yang murah meriah, tapi tetap memberikan banyak pengalaman seru.

Tips Liburan Ala Backpacker

7 Tips Liburan Ala Backpacker


Bawa Teman yang Berpengalaman

Kalau perjalanan ini baru Anda lakukan untuk pertama kali, jangan lupa untuk mencari teman yang berpengalaman. Mengapa? Karena Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman berharga dari mereka. Seseorang yang berpengalaman tahu apa yang harus dilakukan untuk mengemat anggaran, berhadapan dengan penduduk lokal, hingga mencari alternatif jika ada masalah muncul.

Sebelum melakukan perjalanan, coba cari seseorang yang pernah mengunjungi destinasi wisata yang Anda inginkan.

Jangan Membawa Banyak Barang

Jangan membawa banyak barang seperti pakaian atau perlengkapan lainnya. Untuk pakaian, usahakan membawa 2 celana jin, atasan warna gelap, dan dalaman. Dengan membawa celana jin, Anda tidak akan perlu sering berganti celana. Sementara itu, atasan dengan warna gelap atau hitam akan menyamarkan kotoran sehingga bisa dipakai lebih lama.

Dengan membawa barang yang ringan, Anda bisa membawa pulang banyak oleh-oleh dan tidak kelebihan muatan bagasi jika menggunakan pesawat.

Kirim Pindai Kartu Identitas ke Surel

Kalau Anda ingin melakukan perjalanan backpacker di luar negeri, jangan lupa untuk memindai kartu identitas terutama paspor. Dengan pemindaian ini, Anda tidak khawatir jika ada hal buruk terjadi seperti hilangnya paspor dan kartu identitas lainnya. Cukup buka surel dan mendapatkan gambar dari kartu identitas yang telah dipindai sebelumnya.

Memilih Akomodasi yang Murah dan Berdapur

Akomodasi murah tidak bisa ditawar lagi jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata ala backpacker. Sebelum melakukan perjalanan, pesan akomodasi murah yang kebanyakan dalam bentuk hostel. Selain pertimbangan harga, usahakan untuk memilih tempat menginap yang memiliki dapur agar saat pagi dan malam bisa membuat makanan di sana.

Membawa Perlengkapan Kamping

Kalau ingin lebih hemat tanpa harus memusingkan masalah akomodasi, bawa perlengkapan kamping. Dengan memiliki tenda, Anda bisa tidur di mana saja asal ada tempat untuk mendirikan tenda. Cara ini bisa diterapkan jika lokasi penjelajahannya berada di sekitar gunung atau perbukitan. Kalau di kawasan perkotaan tidak disarankan kecuali sudah izin dengan pemilik tanah atau pihak keamanan.

Banyak-Banyak Gunakan Kaki

Saat melakukan perjalanan ala backpacker, banyak-banyaklah jalan kaki. Jika lokasi objek wisata tidak jauh dari hostel, bangunlah lebih pagi lalu jalan ke sana. Kalau jarak tidak memungkinkan untuk jalan, gunakan alat transportasi paling murah seperti angkutan umum atau mungkin kereta.

Tips Liburan Ala Backpacker

Membuat Rencana Perjalanan dengan Baik

Sebelum melakukan perjalanan secara backpacker, ada baiknya Anda menyusun itinerary atau rencana perjalanan. Catat semua objek wisata yang ingin dikunjungi beserta jalur dan angkutan umumnya. Setelah itu, buat rute paling tetap dengan mempertimbangkan biaya transportasi, jarak, dan waktu.

Itinerary ini sifatnya tidak mutlak. Jika dalam perjalanan Anda memiliki rencana lain, bisa diubah sesuai dengan keinginan.

Inilah 7 tips liburan ala backpacker yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum melancong ke lokasi impian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *