Transportasi Menuju Pulau Lombok : Mengenal Terminal dan Pelabuhan di Lombok

Berlibur ke Pulau Lombok tidak harus mahal – mahal kok, Anda bisa menghemat budget di transportasi dengan menggunakan jalur darat atau laut untuk memilih moda transportasi menuju pulau Lombok. Berbagai narmada Bus dan Kapal membuka rute dari dan ke Pulau Lombok dengan harga tiket rata – rata dibawah 1 Juta. Ini tentu menjadi kesempatan bagi Anda khususnya yang masih lajang untuk menjelajahi wisata Pulau Lombok Bersama teman-teman.

Karena pada dasarnya, budget yang paling besar saat berwisata terdapat pada biaya yang dikeluarkan untuk transportasi dari dan ke kota wisata yang diinginkan.  Ketika akan berkunjung ke Pulau Lombok sangat penting bagi Anda untuk mengetahui informasi tentang Terminal Bus dan Pelabuhan Laut yang berada di pulau Lombok. Mengapa demikian? karena informasi tersebut akan membantu Anda sebagai tujuan akhir  saat mengunjungi Pulau Lombok.

Terminal Bus

Transportasi Menuju Pulau Lombok
Terminal di Lombok. Sumber IG @harya_ndf

1. Terminal Mandalika

Terminal Mandalika merupakan terminal Bus terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Nama terminal ini diambil dari sebuah nama Puteri yang berparas cantik dan bijaksana yaitu Putri Mandalika, menurut cerita rakyat dari Desa Pujut yang berada di Kabupaten Lombok Tengah. Bahwa dulu Sang Putri adalah anak dari Seorang Raja dan Ratu yang memiliki Kerajaan kecil di pesisir pantai Desa Pujut. Sang Ratu adalah seorang gadis yang parasnya cantik jelita dengan kelembutan hati yang luar biasa seperti Ibunya. Utuk mengenang putri Mandalika, masyarakat melaksanakan festival bau Nyale.

Terminal Mandalika Berlokasi di Jalan Sandubaya, Kelurahan Bertais, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terminal ini menerima Bus dengan rute dari Denpasar, Malang, Surabaya, Semarang, Jogja, Bandung, dan Jakarta untuk rute antar Provinsi. Sedangkan rute antar Kota di Nusa Tenggara Barat menerima jalur dari semua kota yang ada di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Harga tiket rute dari Denpasar sebesar Rp. 250.000, Malang sebesar Rp. 300.000, Surabaya sebesar Rp. 300.000, Jogja sebesar Rp. 500.000, Semarang, Bandung, Banten, dan Jakarta biasanya transit terlebih dahulu ke Kota Surabaya kemudian melanjutkan perjalanan ke Lombok. Sedangkan harga tiket Bus antar kota dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat dari Rp. 20.000 s/d Rp. 200.000 tergantung jarak tempuh. Karena tidk terlalu mahal, bus menjadi sarana transportasi menuju pulau Lombok favorit para backpacker.

2. Terminal Bertais

Terminal Bertais merupakan terminal Bus terbesar kedua di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terminal Bertais berlokasi di Jalan Bertais, Kelurahan Bertais, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tidak jauh dari Terminal Mandalika hanya dipisahkan oleh Jalan Ps Bertai. Rute ke dari Terminal Bertais menerima tujuan ke Kota antar Provinsi dan dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan rute sama seperti Terminal Mandalika.

Rute yang dari Terminal Bertais menuju kota tujuan sama dengan rute dari kota asal tujuan ke Terminal Mandalika. Bedanya, kalau Terminal Mandalika sebagai terminal akhir sedangkan Terminal Bertais sebagai terminal asal. Harga tiket dari terminal ini ke kota tujuan juga tidak jauh berbeda, tergantung waktu biasanya harga normal saat weekday dan lebih mahal saat weekend.

3. Terminal Damri

Terminal Damri tidak terlalu besar bahkan luasnya tidak masuk dalam daftar 10 terminal terbesar di Nusa Tenggara Barat. Walaupun demikian, terminal ini bisa menjadi alternatif bagi Anda saat menuju beberapa tempat wisata di Lombok dan Sumbawa. Rute yang dilayani oleh terminal Damri dari dan ke Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Bandara Internasional Lombok. Harga tiket juga bervariasi dari Rp. 20.000 s/d Rp. 120.000 tergantung jarak tempuh.

Pelabuhan Laut

1. Pelabuhan Lembar

Pelabuhan Lembar merupakan pelabuhan yang dialih fungsi dari Pelabuhan Ampenan yang terletak di Pantai Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan KM. 77/LL305/PHB-77 tanggal 13 Oktober 1977. Selain itu, berdasarkan KM. 13/LL305/PHB-79 tanggal 11 Januari 1979, ditetapkan pengalihan kegiatan kepelabuhanan dari Pelabuhan Ampenan di Kota Mataram ke Pelabuhan Lembar di Lombok Barat.

Perpindahan pelabuhan bukan tanpa sebab, tetapi melihat Pelabuhan Ampenan yang tidak memungkinkan untuk dilakukan perluasan disebabkan kepadatan penduduk Kota Mataram. Di sisi lain penggunaan pelabuhan laut dari dan ke Pulau Lombok antar Provinsi Nusa Tenggara Barat yang meningkat setiap tahunnya. Sehingga Pemerintah memindahkan fungsi Pelabuhan Ampenan ke Pelabuhan Lembar.

Pelabuhan Lembar terletak di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Di pelabuhan Lembar sendiri terdapat 2 pintu pelabuhan, yaitu pelabuhan muat penumpang dan kendaraan (pelabuhan timur) dan pelabuhan muat barang (pelabuhan barat). Di pelabuhan barat atau pelabuhan barang banyak dijumpai kapal-kapal yang selalu membongkar muatan seperti pupuk, kayu, barang-barang kargo, dan sebagainya. Di pelabuhan timur atau pelabuhan penumpang untuk menurunkan dan menaikkan penumpang dan kendaraan penumpang.

Pelabuhan ini menjadi pelabuhan yang sering digunakan untuk melakukan penyeberangan dari dan ke Padang Bai Bali, Benoa Bali, Tanjung Priuk Surabaya, Bima, Labuan Bajo, Larantuka, dan Bitung Sulawesi Utara. Harga tiket bervariasi dari Rp. 50.000 s/d Rp. 1.000.000 tergantung jarak tempuh. Selain sebagai tujuan akhir transportasi menuju pulau Lombok melewati jalur laut, pelabuhan ini sering digunakan oleh wisatawan sebagai alternatif untuk berkunjung ke Bali dan Labuan Bajo.

Transportasi Menuju Pulau Lombok
Pelabihan Lembar disinggahi kapal pesiar. Sumber IG @dendi_1408

2. Pelabuhan Kayangan

Pelabuhan Kayangan melayani penyeberangan antar pulau Lombok dengan pulau Sumbawa yang masih dalam satu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan ini adalah pelabuhan laut Lombok yang berada di sisi timur, berbeda dengan Pelabuhan Lembar yang berada di sisi barat Pulau Lombok. Melalui pelabuhan ini pulau – pulau sebelah timur Lombok seperti Pulau Sumbawa, Flores, dan Sumba digunakan untuk penyeberangan transportasi darat antara Pulau.

Pelabuhan ini menjadi alternatif bagi Wisatawan untuk mengunjungi Pulau Sumbawa dan Labuan Bajo untuk menjelajahi wisata alamnya. Pelabuhan Kayangan terletak di desa Kayangan, Labuhan Lombok, Pringgabaya, kabupaten Lombok Timur. Rute yang dilayani hanya dari dan ke Pulau Sumbawa dengan harga tiket kurang Rp. 35.000 per penumpang sedangkan dengan kendaraan menyesuaikan.

Sesampainya Anda di Pulau Lombok tetapi tidak ada kendaraan pribadi, Anda jangan risau karena Pagitrans.com penyedia jasa sewa mobil Lombok yang siap menemani Anda selama di Pulau Lombok. Anda tinggal konfirmasi penjemputan di Terminal atau Pelabuhan mana Anda berada di Pulau Lombok, Kami akan menjemput Anda dan mengantarkan ke tempat penginapan yang Anda inginkan. Selanjutnya menemani Anda berwisata untuk menjelajahi keindahan wisata Pulau Lombok.

Leave a Comment

Konsultasi Dulu whatsapp