Potensi Wisata Di Desa Selong Belanak Loteng

Selong Belanak adalah salah satu kawasan pariwisata yang terdapat di Loteng bagian selatan tepatnya di Desa Selong Belanak. Selong Belanak adalah salah satu desa yang berada di kawasan pantai yang memiliki daya tarik wisata desa selong yang sangat potensial terutama untuk pengembangan wisata bahari. Daya tarik wisata Selong Belanak terdiri dari daya tarik wisata alam, sosial dan budaya, namun yang paling mendominasi adalah potensi alamnya.

Terkait dengan hal tersebut di atas, mengingat Lombok saat ini merupakan daerah prioritas pembangunan pariwisata sebagaimana rencana pemerintah Indonesia tentang poros maritim, maka pengembangan kepariwisataan di Lombok sangat perlu untuk dilakukan sebagai salah satu upaya dalam mendukung perkembangan perekonomian daerah dan juga pengembangan pariwisata nasional.

Potensi dan Daya Tarik Wisata

Potensi wisata adalah berbagai sumber daya yang dimiliki oleh suatu tempat dan dapat dikembangkan menjadi suatu atraksi wisata (tourism attraction) yang dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi dengan tetap memperhatikan aspek-aspek lainnya.

Potensi Budaya, potensi budaya merupakan potensi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat seperti adat istiadat, mata pencaharian dan kesenian. Daya Tarik Wisata Budaya, yang meliputi sejarah, foklor, agama, seni, teater, hiburan, dan museum.

Potensi budaya dan destinasi wisata alam desa selong loteng di berdayakan untuk pembangunan ekonomi daearah.
Ilustrasi pesisir pantai selong, sumber: pasirpantai.com

Potensi Alam, potensi alamiah merupakan potensi yang ada di masyarakat yang berupa potensi pisik dan geografis alam. Daya Tarik Wisata Alam, yang meliputi pemandangan alam, laut, pantai, dan pemandangan alam lainya.

Daya Tarik Wisata Dalam Bentuk Bangunan, yang meliputi arsitektur bersejarah dan modern, peninggalan arkeologi, lapangan golf, dan tempat-tempat perbelanjaan lainya.

Potensi Wisata Desa Selong Belanak

Potensi wisata merupakan seluruh sumber daya alam dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Desa Selong Belanak sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan kepariwisataan.

Dalam pengembangan pariwisata di Desa Selong Selong Belanak ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti keempat komponen penting dalam industri pariwisata yang lebih dikenal dengan istilah 4 A, yaitu; attraction, accessibility, amenitiydan ancillary

1. Keindahan Sunset di Pantai Selong

Menikmati keindahan panorama matahari terbenam (sunset) di pantai Selong menjadi momen yang sangat menarik bagi para wisatawan yang sedang berkunjung di pantai Selong, keindahan panorama matahari terbenam merupakan salah satu potensi yang dapat menunjang pengembanan selong.

Anda bisa menikmati keindahan sunset di pantai selong belanak.
Panorama sunset di pantai selong, sumber: travelingyuk.com

Pengembangan Selong Belanak sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan dimana panorama matahari terbenam (sunset) sangat indah dan berbeda dengan yang lain karena keindahan kilauan cahaya yang memantul dari pasirnya yang halus.

2. Keindahan Pantai Selong Belanak

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen indahnya di pantai selong, terutama para wisatawan yang mau menikah atau yang lagi berbulan madu (honeymoon), serta wisatawan yang suka fotografer.

3. Surfing Spot Area di Pantai Selong

Di pantai Selong terdapat juga area untuk wisatawan yang memiliki hobi olah raga selancar (Surfing) khususnya bagi para pemula. Pantai Selong Belanak memiliki dua jenis ombak yaitu di bagian ujung utara memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok buat main selancar bagi wisatawan yang sudah ahli (expert).

Baca juga: Sewa avanza lombok harga terjangkau

Sementara pada bagian selatan tepatnya pintu masuk area pantai ombaknya tidak terlalu besar sehingga banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mandi serta belajar bermain selancar (surfing).

4. Surfing Spot Area di Pantai Mawi

Pantai Mawi terkenal karena ombak yang besar sehingga banyak wisatawan berkunjung ke pantai Mawi untuk bermain selancar (surfing) terutama wisatawan yang sudah expert.

Selain daya tarik panorama bibir pantai dan sunset di sore hari di pantai selong belanak kita juga bisa berselancar dimatas ombaknya.
Surfing area pantai selong belanak, sumber: sampleposts.com

Para wisatawan juga bisa bermain selancar termasuk menikmati ombaknya yang besar untuk bermain selancar. Wisatawan yang berkunjung ke pantai Mawi didominasi oleh wisatawan mancanegara terutama wisatawan yang suka main selancar.

5. Keindahan Pantai Semeti

Keindahan alam yang hijau dan perbukitan serta deretan bebatuan yang membentuk viramid yang ada di sekitar pantai juga merupakan salah satu yang menjadi keunikan tersendiri bagi pantai Semeti yang diharapkan nantinya dapat menunjang pengembangan pariwisata di Desa Selong Belanak.

6. Tradisi Bau Nyale

Potensi wisata budaya disimbolkan dengan acara “Bau Nyale”dengan cerita kerajaan suku sasak yaitu Putri Mandalika yang disemarakkan dengan berbagai atraksi kebudayaan seperti pawai budaya yang meliputi adat istiadat, kerajinan dan kesenian tradisional, serta hiburan rakyat seperti adu ketangkasan (Peresean).

Tradisi peresean merupakan seni adu ketangkasan tradisional Sasak adalah tradisi yang hingga kini masih terus dilakukan oleh masyarakat suku Sasak pada umumnya dan masyarakat Selong Belanak khusunya terutama setiap menyambut tradisi atau “Bau Nyale”. Dalam rangka menyambut acara puncak dari “Bau Nyale”diadakan juga parade budaya Sasak Lombok.

Dalam rangka menyambut acara puncak dari “Bau Nyale”diadakan juga parade budaya Sasak Lombok.
Prosesi bau nyale, sumber: kompasiana.com

Parade budaya yang dilakukan setiap tahun ini juga diikuti oleh berbagai kesenian serta tarian tradisional yang ada dan diantaranya adalah Tarian “Gendang Beleq”.

Tarian ini merupakan tari yang biasa digunakan dalam penyambut tamu agung (tamu besar dan penting) seperti tamu kenegaraan maupun penjabat dan tarian ini juga merupakan hal yang menjadi potensi dan daya tarik wisata yang dimiliki Selong Belanak.

Berdasarkan uraian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa keindahan alam yang dimiliki oleh Selong Belanak merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata yang mampu menunjang pengembangannya sebagai destinasi pariwisata.

Keunikan tradisi dan budaya masyarakat lokal yang unik dan sikap ramah-tamah masyarakat Selong Belanak juga merupakan sangat potensial dikembangkan sebagai daya tarik wisata dalam pengembangan pariwisata Selong Belanak.

Leave a Reply