Wisata Seru Gili Trawangan Lombok Utara

Wisata Seru Gili Trawangan Lombok Utara

Di pualu Lombok terdapat destinasi wisata unik yaitu wisata ke pulau-pulau kecil di sekitar pulau Lombok. Pulau-pulau tersebut dinamakan gili. Gili Trawangan Lombok merupakan salah satu pulau kecil yang sangat unik bagi para wisatawan selain tempat wisata Gili Air yang mempesona, karena tidak ada aktivitas kendaraan bermotor yang hingar bingar di pulau tersebut. Satu-satunya alat transportasi yang boleh beroperasi di pulau tersebut yaitu kereta kuda/andong, jika dalam bahasa sasak disebut sebagai Cidomo sehingga Anda dapat menikmati saat berwisata di Gili Trawangan.

Senja di Gili Trawangan. Sumber unsplash.com

Selain transportasi Cidomo, jika untuk sekedar untuk berkeliling dan menikmati keindahan alam di pesisir pantai di sekitar Gili Trawangan, maka Anda dapat menyewa sepeda dengan tarif Rp.50.000 per hari dan dapat Anda gunakan sepuasnya. Jika Anda menggunakan sepeda, untuk berkeliling pulau hanya membutuhkan waktu 1,5 jam. Sebelum kesana alangkah baiknya mencari informasi dan tips liburan ke Gili Trawangan.

Lokasi Gili Trawangan

Lokasi Gili Trawangan ini berada di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.Gili Trawangan ini merupakan salah satu objek wisata favorit dunia yang mampu menyuguhkan wisata bahari yang luar biasa keindahannya. Destinasi yang satu ini jauh dari keramaian kota, sehingga dapat memberikan ketenangan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut.

Jika dilihat secara administratif, Gili Trawangan ini terletak di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan berada di arah bagian barat Pulau Lombok. Gili Trawangan ini sebenarnya merupakan pulau kecil, sehingga Anda hanya membutuhkan waktu berapa jam saja untuk berkeliling menikmati keindahan Gili Trawangan.

Yang bisa di lakukan di Gili Trawangan

Gili Trawangan dijadikan destinasi wisata dengan biaya terjangkau namun memberikan kepuasan bagi setiap pengunjungnya. Di tempat wisata ini biaya untuk penginapan, makanan, layanan pijat dan lain-lain tergolong sangat terjangkau.

Karena memiliki pantai dengan ombak kecil, maka pantai di Gili Trawangan kurang cocok dijadikan tempat untuk berselancar. Berikut ini beberapa keindahan alam yang dapat dinikmati ketika berkunjung di Gili Trawangan:

Menikmati panorama pantai yang menajubkan

Pulau ini memiliki keindahan pantai yang sangat cantik dan indah, pengunjung tidak akan bosan berda di pantai tersebut. Selain panorama pantai dengan keindahan air lautnya yang biru, jernih dan berkilau. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang sangat lembut sehingga di pantai ini para wisatawan dapat menyaksikan sunrise dan sunset dalam satu hari.

Para wisatawan dapat melakukan kegiatan lain di pantai ini seperti tiduran di hamparan pasir putih, bermain pasir, berenang atau sekedar sambil bersantai dan menikmati suara ombak dan semilir angin laut.

Melakukan diving

Pantai Gili Trawangan ini memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat eksotik. Selain panorama pantai yang indah, Gili Trawangan juga memiliki keindahan bawah laut yang sangat memukau. Anda dapat melakukan diving untuk melihat keindahan di dalam laut yang begitu mempesona dengan melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang.

Melakukan snorkeling

Aktivitas snorkeling juga menjadi salah satu pilihan ketika berkunjung ke Gili Trawangan. Air laut di Gili Trawangan sangat jernih dan bebas polutan, sehingga biota laut dapat hidup dengan nyaman tanpa adanya gangguan.

Wisatawan dapat menyaksikan kumpulan binatang laut yang cantik seperti clown fish atau sering disebut dengan ikan nemo. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat menikmati berbagai jenis ikan lainnya dan terumbu karang dengan aneka warna yang cantik.

Menjelajah isi pulau yang bebas dari asap kendaraan

Tempat wisata ini sangat berbeda dengan tempat wisata yang berada di kota. Di Gili Trawangan Lombok ini Anda dapat menikmati keindahan alam selama perjalanan tanpa adanya kemacetan kendaraan.  Karena memang di tempat ini dilarang menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Transportasi yang digunakan hanya sepeda dan kereta kuda atau sering di sebut Cidomo.

Jika di kota Mataram Anda bisa menyewa mobil di jasa rental mobil terpercaya di Lombok, tetapi di pulau ini Anda hanya bisa menyewa kendaraan tanpa mesin karena dari pengelola memang membatasi demikian. Oleh karena itu disana hanya ada kereta kuda dan sepeda. Kereta kuda ini dapat memuat hingga 6 orang untuk setiap perjalanan. Anda bisa menemukan alat transportasi ini di area pusat pulau, tepatnya di sekitar pasar seberang dermaga.

Susur pantai dengan sepeda di Gili Trawangan. Sumber unsplash.com

Demikian informasi mengenai destinasi wisata Gili Trawangan. Karena telah di jadikan destinasi wisata halal dunia, Lombok senantiasa berbenah dan membangun. Dan pembangunan sektor wisata ini juga disambut dengan antusiasme masyarakat yang tinggi. Dan jika anda berlibur ke pulau Lombok maka akan lebih nyaman dan bebas jika perjalanan wisata di berbagai destinasi wisata pulau Lombok dilakukan dengan mobil sewaan. Maka anda bisa mempercayakan armada dari jasa sewa mobil Lombok terpercata untuk menemani perjalanan wisata anda.

Leave a Comment