Air Terjun Burung Walet di Tetebatu Lombok, sumber ig braiansievert

Pesona Wisata Tetebatu Lombok Timur

Lombok merupakan salah satu tempat yang diunggulkan di Indonesia karena keindahan alamnya. Banyak tempat wisata yang tersebar di pulau ini, salah satunya yaitu wisata Tetebatu Lombok Timur yang merupakan salah satu wisata pedesaan yang memiliki keindahan panorama pemandagan Gunung Rinjani yang membuat desa ini memiliki daya tarik tersendiri dibanding dengan desa-desa lainnya.

Pemandangan sawah yang berwarna hijau membentang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai view pedesaan. Letak wisata Tetebatu ini berada di bagian selatan Gunung Rinjani dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut dan membuat desa ini memiliki cuaca yang sangat sejuk dan segar.

Lokasi dan Rute Menuju Tetebatu Lombok Timur

Lokasi Tetebatu ini jauh dari pusat Kota Mataram dan Bandara Internasional Lombok, karena lokasinya di bawah kaki Gunung Rinjani. Jika Anda ingin berwisata ke Tetebatu, maka membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram, sedangkan dari Bandara Internasional Lombok membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Desa Tetebatu Lombok, sumber ig entconcept
Desa Tetebatu Lombok, sumber ig @entconcept

Untuk menuju ke wisata Tetebatu ada dua pilihan alternatif yaitu menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan khusus. Tentunya dengan transportasi umum lebih hemat, namun tidak ada yang langsung menuju Tetebatu. Anda harus melakukan transit dari transportasi yang satu ke transportasi lainnya.

Anda naik transportasi dari terminal Mandalika dengan tujuan Lombok Timur dengan ongkos sekitar Rp.20.000,-. Ketika tiba di Pemotong maka Anda harus melanjutkan dengan ojek menuju Tetebatu, ongkosnya sekitar Rp.30.000,-. Namun jika Anda tidak mau repot dan waktunya habis diperjalanan, maka sebaiknya menggunakan jasa sewa mobil atau sewa motor Lombok.

Aktivitas Wisata Tetebatu Lombok Timur

Ada beberapa wisata indah yang dapat dinikmati di Tetebatu tersebut, Anda dapat menghabiskan waktu di Tetebatu dengan menikmati keindahan alamnya yang cukup mempesona.

1. Lembah Ulem Ulem

Wisata ini sering disebut juga Air Terjun Ulem Ulem yang memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter dengan debit air yang cukup berlimpah dan jernih. Di bagian bawah air terjun terdapat kolam renang yang ukurannya sangat luas dan airnya sangat bening, membuat setiap pengunjung pasti ingin berenang.

2. Kebun holtikultura

Wisata Tetebatu ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung setelah Lembah Ulem Ulem. Di wilayah ini terdapat perkebunan holtikultura, seperti perkebunan pala yang menjadi ciri has petani di sekitar Tetebatu. Tidak heran jika pengunjung dapat membeli produk hasil olahan di desa tersebut. Salah satu hasil olahan yang cukup terkenal yaitu manisan buah pala yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Penginapan Tetebatu Lombok, sumber ig yuliya.rahmah
Penginapan Tetebatu Lombok, sumber ig @yuliya.rahmah

3. Kawasan hutan kera

Wisata Tetebatu Lombok yang menarik lainnya yaitu hutan kera atau sering disebut dengan Monkey Forest. Kawasan ini sering dijadikan media tour oleh para wisatawan. Selain binatang kera, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis burung. Sehingga ketika memasuki kawasan ini, tidak heran jika Anda akan terdengar ratusan suara burung yang sedang berkicau.

4. Perkebunan tembakau

Destinasi terkenal lainnya yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Wisata Tetebatu Lombok Timur yaitu melihat perkebunan tembakau secara langsung. Bahkan tembakau di Tetebatu memiliki kualitas internasional dan merupakan komoditas yang diandalkan di Lombok.

Selain itu, perkebunan tembakau ini juga dapat digunakan sebagai tempat wisata edukasi dalam pendidikan sekolah. Misalanya untuk pembelajaran mengenai berkebun, mengetahui pohon tembakau yang berkualitas dan bagaimana mengelola bisnis tembakau bisa sukses ke dunia internasional.

5. Air Terjun

Di area Tetebatu Lombok terdapat beberapa air terjun Lombok yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya yaitu : Air terjun Ulem-ulem, Air terjung Burung Walet, Air terjun Kokok Duren, Air terjun Seme Deye dan Air terjun Jeruk Manis. Untuk menempuh perjalanan menuju lokasi air terjun akan memakan waktu 1,5 jam.

Air Terjun Burung Walet di Tetebatu Lombok, sumber ig braiansievert
Air Terjun Burung Walet di Tetebatu Lombok, sumber ig @braiansievert

Fasilitas

Pada area wisata Tetebatu Lombok, terdapat fasilitas berupa homestay dan rumah makan. Untuk menyewa penginapan, para wisatawan perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 650.000 tergantung kondisinya.

Demikian berbagai informasi terkait lokasi dan rute, aktivitas dan fasilitas di wisata Tetebatu Lombok Timur. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda. Simak berbagai informasi wisata Lombok lainnya di web sewa mobil Lombok. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp WhatsApp